Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Potret Dunia Influencer di Drama Korea Celebrity

Menutup bulan Juni kemarin, drakor Celebrity yang tayang di Netflix ternyata menarik perhatian banyak penonton. Di Twitter, drakor ini sempat masuk dalam jajaran trending topic. Meski tidak mengherankan, tetapi fakta tersebut membuat orang seperti saya yang kadang bingung mau nonton drakor yang mana, akhirnya jadi punya pilihan.

Sinopsis Drama Korea Celebrity

drama korea Celebrity

Drama Korea Celebrity yang tayang langsung 12 episode, mengisahkan tentang dunia influencer. Bukan cuma tentang sisi glamournya, tetapi juga sisi gelap bahkan bisa dibilang sisi menyeramkannya.

Adalah Seo A-ri (Park Gyu Young), seorang sales kosmetik yang kemudian bertansformasi menjadi seorang influencer atau lebih kita kenal dengan sebutan selebgram. Awalnya, Seo A-ri tidak pernah terpikirkan sama sekali untuk menjalani profesi sebagai seorang selebgram. Terlebih, ia sebenarnya berasal dari keluarga kaya.

Seo A-ri mengalami perubahan roda kehidupan setelah usaha keluarganya bangkrut. Seo A-ri yang tadinya bergelimang harta, berubah menjadi sales kosmetik yang menawarkan dagangannya dari pintu ke pintu.

Hingga pada suatu ketika, ia bertemu dengan Oh Min Hye (Jun Hyeo Seong), teman SMA-nya yang sudah tenar menjadi seorang selebgram. Berawal dari pertemuan taksengaja tersebut, Seo A-ri pun akhirnya mulai mengenal media sosial sebagai salah satu wadah untuk mendulang penghasilan. Melihat Min Hye yang kehidupannya sudah sangat berbeda dibanding saat masih sekolah dulu, membuat Seo A-ri jadi tertarik untuk mengikuti jejak Min Hye.

Menjalin keakraban dengan Min Hye, membuat Seo A-ri ikut kecipratan keuntungan. Perlahan, followernya makin meningkat. Seo A-ri pun dibuat makin bersemangat dengan dunia yang baru ia masuki tersebut. Hingga akhirnya, Seo A-ri membuahkan hasil. Seo A-ri menjadi influencer terkenal hingga memiliki brand fashion sendiri. Wow!

Akan tetapi, dunia ini memang berjalan dengan dua sisi. Seiring dengan kesuksekan yang ia raih, ternyata ada juga yang tidak senang melihat kesuksesan Seo A-ri. Tidak tanggung-tanggung, rasa ketidaksukaan tersebut ditambah dengan fakta bahwa Seo A-ri tahu rahasia “musuhnya” bahkan membuat nyawa Seo A-ri jadi terancam.

Lantas, mampukan Seo A-ri bertahan di dunia yang memberinya kekayaan, popularitas, sekaligus ancaman?

Review Drakor Celebrity

Influencer atau pemengaruh adalah satu hal yang ikut berkembang pesat bersaman dengan masifnya penggunaan media sosial. Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak “orang biasa” yang kehidupannya menjadi sorotan publik, setelah menjadi influencer. Titik awal sederet nama yang saat ini kita kenal sebagai influencer pun beragam. Ada yang karena drama kisah percintaan, perseteruan, pansos ke influencer yang sudah lebih dulu terkenal, lewat karya atau prestasi, dan lain-lain.

Sebagaimana titik awal yang berbeda-beda, perjalanan karir para influencer pun tidak semuanya sama. Ada yang bisa bertahan dengan terus menghasilkan karya dan prestasi, ada yang tetap pada kebiasaannya dengan aksi viral yang berbau drama/gimmick, ada juga yang akhirnya tenggelam.

pemain drama Celebrity
source: beautynesia

Satu hal yang menurut saya menjadi bahan hiburan tersendiri dari drakor Celebrity ini adalah melihat bagaimana tingkah para influencer dalam mempertontonkan gaya hidup mereka. Persis seperti apa yang biasa dipertontonkan oleh para influencer tanah air. Sebagai sobat misqueen, melihat fenomena tersebut, sisi kemiskinan saya jadi tergelitik, wqwqwq.

Melihat potongan video atau foto yang diunggah para influencer tanah air, kerap kali kita dibuat terkecoh. Di media sosial, para influencer bisa saja memperlihatkan segala macam kebaikan atau hal baik dalam hidup mereka, tetapi faktanya? Tidak selalu demikian. Itulah mengapa, warganet pun kerap kali dibuat terkejut dengan berita buruk atau skandal sederet oknum influencer.

Di sisi lain, persaingan sesama influencer pun bisa saja membuat seseorang jadi seperti memakai topeng. Di depan haha-hihi bersama, di belakang berusaha menjatuhkan dengan segala cara. Sulit untuk mengenali, mana kawan mana lawan.

Tidak jarang, drama huru-hara kehidupan para influencer pun diperburuk oleh kelincahan jari para warganet saat berkomentar. Komentar sesuka hati, tidak peduli dampak yang nantinya akan muncul, adalah fenomena yang juga mewarnai sisi gelap dunia influencer.

Ketika semua itu dihadirkan dalam alur cerita drakor Celebrity, hal itulah yang membuat saya merasa tidak menyesal marathon nonton meski sebenarnya drakor ini tidak masuk dalam daftar drakor yang saya tunggu-tunggu sebelumnya.

Melihat perjalanan kehidupan A-ri yang memang berputar selayaknya roda, membuat saya menyadari bahwa hidup ini memang adalah tentang upaya untuk bertahan, berjuang, dan melepaskan. Serta tentang dunia yang isinya bukan hanya cinta dan dukungan, tetapi juga tentang kebencian yang bisa datang kapan saja tanpa perlu alasan yang jelas.

Baca juga review Drama Korea lainnya di sini.


Author: UtamyyNingsih



Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Potret Dunia Influencer di Drama Korea Celebrity"