Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fakta Tentang Si Unyil, Hiburan Ramadhan Untuk Anak

Ramadhan tiba~ Ramadhan tiba~

Tiba-tibaaa Ramadhan, tiba-tiba Ramadhan..

Hehehe.. siapa yang ikutan nyanyi setelah baca lirik di atas? Wkwkwkw..

Ramadhan tahun ini saya prediksi bakal lebih ramai dibandingkan tahun-tahun lalu. Selain karena euphoria yang sempat hilang karena pandemi selama dua tahun kemarin, juga antusiasme masyarakat Muslim terhadap Ramadhan yang “tidak lagi di rumah saja” pastinya dua kali lipat lebih besar karena rindu dengan masa-masa Ramadhan yang semarak.

Bagaimana dengan anak-anak? Biasanya nih, latihan puasa selama Ramadhan memang akan dihabiskan anak di rumah. Selain karena mungkin sekolahnya sudah libur, bisa jadi juga karena waktu belajar di sekolah yang dipersingkat, sehingga waktu di rumah pun semakin banyak.

Namun, keberadaan anak-anak di rumah harus selalu diawasi ya Bu Ibu, apalagi jika di rumah telah tersedia internet provider yang mumpuni. Sehingga mereka bisa kapan saja mengakses informasi dari internet.

Salah satu hal yang dapat mengalihkan mereka dari layer handphone menuju layer televisi yang lebih mudah diawasi adalah dengan melihat hiburan Ramadhan untuk anak di televisi maupun di layanan OTT Bersama IndiHome dari Telkom Indonesia.

Namun kali ini saya akan membahas tentang salah satu hiburan Ramadhan untuk anak yang mungkin tidak terdengar asing lagi di telinga teman-teman. Yes, sesuai judulnya, Si Unyil adalah salah satu hiburan untuk anak di bulan Ramadhan yang akan menambah pengetahuan bagi mereka.

5 Fakta Tentang si Unyil

hiburan ramadhan untuk anak

1. Diproduksi oleh bangsa sendiri

Sebelum teman-teman mengenal tontonan yang berjudul sama dan ditayangkan di Trans 7 itu, ternyata Si Unyil ini adalah salah satu film seri televisi anak-anak Indonesia yang diproduksi oleh PPFN.

Apa itu PPFN? Yakni Perusahaan Umum Produksi Film Negara. Biasanya disingkat menjadi PFN (Produksi Film Negara) dimana film si Unyil memang benar adalah produksi bangsa sendiri yang harus kita dukung.

2. Usia Si Unyil Sekarang Sudah 40 Tahun Lebih lho!

Untuk generasi yang lahir di tahun 90-an tentu tahu ya bahwa Si Unyil memang pertama kali muncul setiap hari Minggu pagi di TVRI sejak 1981 hingga 1993. Kemudian dibangkitkan kembali oleh RCTI di bulan April 2002.

Jadi bisa dibayangkan bukan berapa usia Si Unyil kalau tokoh ini adalah manusia? Hehehe.. tentu sudah melampaui umur saya dan mungkin pembaca sekalian.

3. Fakta Hom Pim Pah alaiyum Gambreng dari Si Unyil

Si Unyil yang punya arti mungil atau kecil telah menjadi bagian dari budaya yang popular di Indonesia. Tayangannya selalu mengedukasi penonton dan memberikan pengetahuan baru bagi saya saat itu. Mulai dari lagu temanya yang dimulai dengan kata-kata “hom pim pah alaiyum gambreng” yang saat itu akhirnya jadi booming dan popular di Indonesia.

4. Jadi Koleksi Museum Wayang di Jakarta

Tampilan si Unyil yang berupa wayang boneka tersebut kini telah menjadi penghuni museum wayang di Jakarta lho! Meskipun begitu, si Unyil tetap dapat menghibur anak-anak di seluruh Indonesia dengan gaya khasnya dan juga edukasinya yang sangat bermanfaat berkat adanya internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia.

Sehingga meskipun mungkin teman-teman yang tidak punya televisi digital, tetap bisa mengaksesnya melalui internet.

5. Tampil dengan Gaya Lebih Modern Sesuai Zaman Menjadi Laptop Si Unyil

Jadi film yang sempat mati suri ini sempat diangkat lagi oleh PFN dengan bantuan Bapak Helmy Yahya yang terkenal itu di tahun 2002 dengan menggunakan atribut baru agar sesuai dengan zamannya. Namun ternyata usaha tersebut gagal.

Hingga pada 2007 lalu acara Si Unyil dihidupkan lagi dengan nama Laptop Si Unyil. Masih mempertahankan karakter, lagu pembuka, dan cerita. Kecuali ada beberapa saja yang diperbarui seiring dengan perkembangan zaman.

Seperti ucapan Pak Ogah yang khas, “Cepek dulu doong!” diganti dengan “Gopek dulu doong!”

Ceritanya juga disesuaikan dengan anak-anak zaman sekarang, jadilah ada karakter teman Si Unyil yang membawa laptop. Sungguh menggambarkan modernitas.

Bahwa setiap laptop yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia biasanya telah dilengkapi oleh internet provider terpercaya, sehingga untuk tontonan pun sudah pasti tak akan ketinggalan. Bahkan bisa memilih mana tontonan yang dapat disaksikan untuk anak-anak kita kala Ramadhan. Siapa lagi kalau bukan IndiHome dari Telkom Indonesia.

Menikmati Hiburan Ramadhan Untuk Anak Bersama IndiHome


hiburan ramadhan untuk anak

Menikmati hiburan Ramadhan tidak hanya nonton acara jadul si Unyil tentunya. Namun saat ini sudah tersedia berbagai fitur edukasi dalam layanan IndiHome dari Telkom Indonesia. Beberapa fitur edukasi yang juga bisa menjadi hiburan Ramadhan untuk anak antara lain:

IndiHome Edukasi

Merupakan layanan yang menawarkan akses online ke konten pendidikan dari SD hingga SMA, termasuk video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online. Dengan adanya layanan ini, anak-anak dapat memahami dan menguasai materi pelajaran dengan lebih mudah.

IndiHome Study

Dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar anak. Dalam layanan ini, terdapat fitur seperti Online Class, Virtual Library, dan Online Exam yang dapat membantu anak-anak dalam belajar di rumah dengan lebih efektif.

IndiHome Kids

Menyediakan konten edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak. Layanan ini menyediakan video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

Gimana? Hiburan Ramadhan untuk anak tak akan membosankan Bersama IndiHome bukan? Ada edukasi dan study yang menantang, dan ada pula IndiHome Kids yang menyenangkan. Kini, Ramadhan akan terisi dengan hal-hal positif serta sebagai sarana untuk meningkatkan bonding dengan orang tua bukan?

Bagaimana dengan teman-teman? Sudah siapkan kegiatan dan hiburan Ramadhan untuk anak? Apakah kita akan menyaksikan Si Unyil yang sama di tahun ini? Boleh dong bagikan pengalamanmu di kolom komentar tentang tayangan atau hiburan Ramadhan untuk anak yuk!

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

42 comments for " 5 Fakta Tentang Si Unyil, Hiburan Ramadhan Untuk Anak"

  1. tontonan favoritku nih dulu Si Unyil. cukup menghibur bocil2 era 90-an dan acaranya santai tapi sangat mengedukasi

    ReplyDelete
  2. Tahun ini belum nonton si Unyil., Kalau tahun-tahun sebelumnya nonton Laptop si Unyil. Nonton si Unyil bisa diapakai bicara dna kasih tahu anak-anak tentang si unyil siapa dan bagaimana.

    ReplyDelete
  3. Si Unyil ini sudah menemani saya di masa kanak-kanak. Sayangnya, anak-anak saya sudah tidak kenal Si Unyil. Zaman mereka yang rame Bernard Bear 🤣

    ReplyDelete
  4. aku sukaakkk bgt si unyil.
    ceritanya slice of life.
    enakkk bgt disimak

    ReplyDelete
  5. Si Unyil, kartun khas Indonesia yang punya ciri khas "Cepek dulu dooonggg" ala pak Ogah :-D. Walau sebenarnya kalau dilihat-lihat agak serem juga ya bentuk wajah boneka si Unyil nih wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  6. Aku suka liat si unyil dulu jaman masih ada di TVRI (wah ketahuan juga umurnya dah banyak hehe). Dan nama karakternya masih selalu ingat tuh Pak Raden, dan Pak Ogah

    ReplyDelete
  7. Wah, ini bagus banget..
    Bring back our memories banget deh..
    Dulu suka juga nonton Si Unyil. Dan merasakan sangat berbeda ketika di remake ya.. menyesuaikan zaman sih ya..

    Unyiill..
    kangen banget nonton konten Ramadan menggunakan jaringan internet cepat IndiHome yang bisa menampilkan acara edukatif untuk anak.

    ReplyDelete
  8. Nonton Si Unyil dari aku TK hihi..tua-an aku dari dia..inget bener nanti anak tetangga ngumpul di rumah ikutan nonton TV karena belum semua punya TV, Hiburaan banget deh pokoknya
    Senangnya kini hiburan anak Indonesia makin mudah didapatkan di antaranya didukung internet cepat IndiHome

    ReplyDelete
  9. Suka banget dengan cerita ini. Ceritanya real kehidupan banget dah mudah dipahami oleh anak kecil

    ReplyDelete
  10. Suka banget nonton si unyil ini. Lucu dan menggemaskan. Jadul banget ya. Sekarang si unyil bawa laptop segala. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Si Unyil dulu saya tonton waktu SD. Sekarang masih adalah Stasiun TV yang nyiarin Unyil ini? Kayanya bisa nonton via IndiHome Kids ya. Biar tontonan anak makin berfaedah.

    ReplyDelete
  12. Tontonan favorit sih mba si unyil terutama adanya ikon Pak Raden yang menambah seru Cerita

    ReplyDelete
  13. Wah unyil makin seri ceritanya
    Tontonan edukatif untuk anak ya mbak
    Pas untuk hiburan Ramadan

    ReplyDelete
  14. Tontonan favoritku zaman SD ni. Tiap hari Minggu jam tujuh atau 8 kayaknya ya. Jadi dulu bangung cepat di hari Minggu itu karena mau nonton si Unyil dan Pak Raden.

    ReplyDelete
  15. Iya yah, si unyil terbilang udah lama banget, tapi semoga saja tetp lestari soal.y mengedukasi banget

    ReplyDelete
  16. Dulu jamannya di TVRI si unyil itu, nonton ramean bareng tetangga karena dulu masih dikit yg punya TV. jadi kangeen

    ReplyDelete
  17. wohoooo, Si Unyil lebih tua dari saya ini mah, tapi ceritanya tetap aja ya selalu segar disesuaikan dengan zamannya.
    meski sih emang Si Unyil era 90-an jelas lebih punya arti sendiri ya buat generasi 90-an :D

    ReplyDelete
  18. Waahhh tontonan kesayanganku tuh dulu. Kalau udah hari Minggu, udah standby aja nunggu si Unyil main. Gemes sama Pak Raden dan Pak Ogah hehee...

    ReplyDelete
  19. Kangen banget ama si Unyil. Makanya kalo siang2 itu kadang masih menyempatkan nonton Laptop si Unyil buat nostalgia. Jadi kangen masa kecil nih.

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah ya, Si Unyil tayang lagi sekarang. Aku jadi teringat waktu kecil, nontonnya tiap Minggu jam 7 pagi.

    ReplyDelete
  21. Inget banget dulu versi si Unyil di TVRI waktu masih kecil, TV-nya pun masih hitam putih. Legend banget dah pokoknya si Unyil, Pak Ogah, dan Pak Raden

    ReplyDelete
  22. Wah, makin keren IndiHome banyak fitur yang dapat diakses, salah satunya hiburan untuk anak dengan tontonan favorit orangtuanya dulu Si Unyil ini.

    ReplyDelete
  23. Edukasi si Unyil tuh masih sesuai zaman sekarang, karena mengajarkan etika sehari-hari kita ya. Cuma main petak-umpetnya masih ada ga yaa sekarang? "Unyil kuciiing..."... :)

    ReplyDelete
  24. wah waktu kecil saya suka nontonin si unyil ini memang seru hiburan zaman dahulu banyak sekali pesan moralnya, saat ini saya tidak pernah menontonnya lagi

    ReplyDelete
  25. Ah jadi bernostalgia wkt msih kecil, sering bgt ntn laptop si unyil banyak edukasi & ilmu yg bermanfaat.

    ReplyDelete
  26. tetiba ingatanku melayang jaman SD yang tiap minggu nonton tayangan si unyil di TVRI, hihihi. sekarang udah gak ada lagi dan diganti laptop si unyil, tapi masih tayang gak sih? udah lama gak nonton TV. biasa nonton streaming pake internet tapi malah nonton film bukan TV, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  27. "Cepek dulu dong" jadi "gopek dulu dong", harusnya malah lebih dari gopek kali ya :))
    Tahun 1980an awal cepek itu udah bikin anak SD dianggap duit jajannya banyak, karena masih banyak jajanan yang harganya Rp 10 rupiah.

    ReplyDelete
  28. Lho Unyil ada lagi ya? Baru tahu aku. Ini mah kartun kesayanganku zaman dulu. Jadi penasaran mau nonton lagi

    ReplyDelete
  29. Waktu kecil aku nggak sempat berkenalan dengan si Unyil namun senang dapat ceritanya dari om tante. Eeehh setelah besar baru tahu lewat Laptop Si Unyil. Sekarang pun ada serialnya di televisi yang Si Unyil aja. Serusih. Slice of life dan Indonesia banget.

    ReplyDelete
  30. Suka banget dengan si Unyil ini, muatan edukasinya bagus dan cerita ringan tentang keseharian. Sayangnya, bocils zaman now kayaknya jarang banget yang mengidolakan si Unyil, hehe.

    ReplyDelete
  31. Unyil ini tak lekang oleh waktu, ya. Sudah 40 tahun tetap eksis, dan masuk museum wayang.

    Meskipun Pak Raden sudah wafat, tapi karyanya melekat di hati dan terus afa. Semoga.. semoga anak-anak kita tahu tentang Si Unyil.

    ReplyDelete
  32. Yaampun, masih ada kah si uniyl? Aku udah lama nggak pasang TV dan nonton TV. Dulu favorit banget yaa jaman masih pitik-pitik.

    ReplyDelete
  33. Dari dulu suka banget tontonan si Unyil ini meski sekarang tampilan Laptop Si Unyil. apalagi kalau ketemu pak Raden, makin asyik jalan ceritanya :D

    ReplyDelete
  34. Tontonan edukatif yang asyik dari dulu sampai jaman anakku ini.

    ReplyDelete
  35. Aku sampe sekarang masih terngiang-ngiang lagunya si Unyil.
    Laptop si Unyil juga lagunya lucu.. Gemec banget ya.. Zaman dulu tuh dikasih contoh karakter melalui boneka tangan begini sungguh menghibur dan ditunggu-tunggu tiap minggunya.

    ReplyDelete
  36. Si unyil ini teman masa kecilku dulu. Sekarang masih kecil aja ya dan lebih modern. Legend nih

    ReplyDelete
  37. Selain di museum wayang, juga ada di Museum Penerangan kak. Stannya bersebelahan dengan studio mini TVRI ☺️

    ReplyDelete
  38. Wah si unyil ini sih tontonan favorit banget nih. Suka banget sama acaranya yang mengedukasi namun dikemas secara apik gak bikin bosan gitu.

    ReplyDelete
  39. Saya juga sering nonton Si Unyil sejak kecil dan selalu tertarik dengan jalan ceritanya apalagi tokoh-tokohnya. Sekaligus nambah insight dari pesan-pesan yang disampaikan.

    ReplyDelete
  40. aku merasakan banget nih nonton unyil jaman SD. kayak tiba-tiba membayangkan jaman anak-anak dulu. kangen :')

    ReplyDelete
  41. udah bertahun2 nggak nonton ini di tv lagi hahaha dulu pulang sekolah nonton si unyil sambil makan siang

    ReplyDelete
  42. Fakta yg baru banget aku tahu adalah usia si Unyil udah 40 tahun lama banget ya

    ReplyDelete