Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menata Lemari Arsip Untuk Mengoptimalkan Ruang dan Aksesibilitas

Ayah dan Ibu saya adalah seorang guru yang memiliki banyak sekali buku hingga arsip dan dokumen penting untuk disimpan. Bahkan selama bertahun-tahun arsip dan dokumen tersebut harus ada sampai masa pensiun tiba.

Tidak heran jika di rumah banyak banget lemari arsip yang kami punya. Meskipun penataannya ngasal dan akhirnya beberapa ruangan di dalam rumah agak mirip seperti gudang hehehe, padahal bukan gudang. Hanya saja memang tempatnya terbatas dan kami belum memaksimalkan penataan.

Nah, tahun ini resolusinya untuk ruang keluarga di lantai dua akan kami pergunakan untuk tempat penyimpanan arsip dengan memaksimalkan apa yang kami miliki. Seperti rak besi dan racking warehouse serta beberapa rak untuk kantor yang kami dapat dari hasil lelang di salah satu universitas swasta tempat Ayah saya mengabdi sebagai Badan Pengurus Harian.

Yuk simak tips menata lemari arsip agar ruang dan aksesibilitasnya optimal ala saya.

Tips Menata Lemari Arsip Agar Aksesibilitas Ruang Optimal

menata lemari arsip

1. Tempatkan Benda di Sudut yang Tepat

Dilansir dari kerjoo.com, penataan benda yang ngasal justru akan menghasilkan ruang yang semrawut dan tidak enak dipandang. Kalau untuk ruangan kerja yang sempit dan tidak banyak karyawan di dalamnya, otomatis kan aktivitasnya juga tidak begitu padat? Biasanya justru orang-orang akan mendesainnya apa adanya.

Padahal tidak demikian ya teman-teman. Setiap benda sudah seharusnya ditempatkan di sudut yang tepat sesuai fungsinya masing-masing. 

Mulai dari jarak antar meja, tempat penyimpanan barang seperti rak metal atau rak besi sebagai tempat untuk lemari arsip, hiasan dinding, tempat sampah, bahkan untuk penempatan kotak tissue sekalipun, semuanya harus ditata dengan tepat dan mudah diakses. Lalu yang terpenting tentu saja tidak boleh menghalangi jalan.

2. Memaksimalkan Tempat Penyimpanan

Beberapa kali saya sempat searching lemari arsip atau rak untuk kantor yang efisien. Tidak hanya bagus dan estetik, tapi juga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk berbagai hal. 

Ruangan kerja di rumah orang tua saya sudah mulai penuh dengan dokumen, arsip, dan kertas yang cukup mengganggu. Itu semua karena kami belum bisa memaksimalkan tempat penyimpanan dengan baik. Sehingga untuk menatanya setiap hari itu membutuhkan energi yang lumayan.

filling cabinet hingga rak besi bisa menjadi lemari arsip yang awet

Kalau bisa sih, selain ada lemari besi untuk kantor atau racking warehouse, kita juga perlu lemari arsip yang khusus digunakan untuk menyimpan arsip yang dipakai sehari-hari atau rutin dibutuhkan.

Tidak lupa juga tempat penyimpanan stationery seperti staples, pena, kertas dan lain sebagainya yang ditempatkan di atas lemari arsip rutin atau di atas meja kerja.

3. Mengatur Pencahayaan

Jika kita sudah merasa penataan ruangan kerja sudah baik dan tertata dengan rapi, maka yang tidak kalah pentingnya adalah tentang pengaturan pencahayaan.

Jika memungkinkan, harus ada celah untuk masuknya sinar matahari di siang hari. Lalu penataan posisi lampu juga sebaiknya tidak mengganggu dan tidak menggunakan energi listrik yang terlalu besar.

4. Pasang Cermin Untuk Meninggalkan Kesan yang Bersih dan Luas

Pemasangan sebuah cermin besar di dinding saat menata ruang kerja juga bisa menjadi cara yang strategis. Hal ini sudah biasa diterapkan agar ruangan terlihat lebih luas, meskipun sebenarnya cenderung sempit. 

Hal tersebut disebabkan karena adanya sebuah pantulan cermin yang dipasang. Bahkan ruang kerja bisa terkesan 2x lebih besar daripada luas sebenarnya. Itulah mengapa pemasangan cermin sering dipilih karena sederhana tapi efektif.

5. Furnitur yang Mendukung Fleksibilitas

Selain tiga hal di atas, yang tidak kalah penting adalah pemilihan furnitur yang mendukung fleksibilitas. Ada baiknya kita mempertimbangkan pilihan furnitur yang tidak hanya cantik dan awet, tapi juga fleksibel untuk dipindahkan dan juga diatur sesuai dengan tata letak ruangan.

lemari besi untuk kantor

Oleh karena itu sebaiknya memilih furnitur ruangan di kantor dengan membeli secara terpisah hehe. Biasanya saya sih membelinya di kawanlama.com untuk pemilihan rak gudang, lemari gudang, rak metal atau rak besi, racking warehouse, hingga lemari besi untuk kantor dengan kualitas terbaik dan harga yang affordable. 

Memilih Lemari Arsip Untuk Ruang Kerja di Kawanlama

rak untuk kantor bisa dijadikan lemari arsip



Kawan Lama merupakan salah satu penyedia produk elektronik dan juga perkakas yang didirikan sejak tahun 1955. Dimulai dari toko perkakas sederhana dengan ukuran toko 2x3 meter saja di bilangan Glodok, Jakarta.

Teman-teman tentu tahu kan brand ternama seperti Krisbow, Ace Hardware, Informa, hingga Global Tools Indonesia? Betul sekali, merk-merk tersebut tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita jika sedang mencari kebutuhan rumah tangga hingga kantor.

Siapa sangka nama-nama perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan Kawan Lama yang dirintis dengan penuh perjuangan oleh pemiliknya yang asli orang Indonesia. Duh keren banget, siapa sangka ternyata brand yang selama ini kita sayangi ternyata adalah merk lokal dan jadi salah satu produk kebanggaan di bidang furniture untuk Indonesia.

Sampai saat ini, Kawan Lama sudah memiliki lebih dari 1100 store yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Jadi, sudah tidak ragu lagi jika teman-teman mempercayakan produk perkantoran di Kawan Lama.

Teman-teman bisa langsung mengakses toko onlinenya di link ini yaaa.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

37 comments for "Tips Menata Lemari Arsip Untuk Mengoptimalkan Ruang dan Aksesibilitas"

  1. Sebagai seorang guru memang benar adanya kalau beberapa bagian di rumah kita tuh jadi kaya gudang karena banyaknya buku, arsip, dan berkas yang kita punya dan harus dijaga.
    Dan kebetulan banget lagi nyari inspirasi untuk rak penyimpanan buku dan arsip ini biar lebih estetik dan ga malu-maluin kalau ada tamu.. hehehe

    ReplyDelete
  2. Lemari arsipnya bagus dan kokoh yaa. Berbahan besi atau kayu?

    Di rumah mama pake lemari biasa sih buat simpan skripsi2, makalah, dll. Kayaknya butuh lemari arsip juga biar lebih rapi.

    Kudu sering2 dirapikan juga ya.

    ReplyDelete
  3. Terkadang tempat kita tuh sebenarnya luas. Cuma penataan barangnya masih asal. Jadi, terlihat penuh sesak gitu.

    ReplyDelete
  4. Betuuul, kalau arsip tertata rapi capeknya cuma pas menata (dari yang awalnya berantakan), tapi selanjutnya jadi sangat memudahkan. Di rumahku bukan arsip, tapi buku. Awal puasa kemarin baru sempat beli rak baru dan menata ulang buku-buku koleksi pribadi dan buku-buku dagangan.

    ReplyDelete
  5. Baru ngeh saya kalau ternyata brand-brand papan atas tersebut adalah bagian dari Kawan Lama. Produk-produk mereka memang berkualitas. Recommended.

    ReplyDelete
  6. Pengen juga punya lemari arsip, yang bisa simpen dokumen agar lebih rapi dan mudah dicari.

    ReplyDelete
  7. Arsip ini adalah sesuatu yang penting. Karena berisi surat-surat penting.Jadi Memang harus diperhatikan tempat penyimpanannya. Termasuk ruangannya juga diperhatikan. Pencahayaan penting, agar ruangan tidak lembab

    ReplyDelete
  8. Penting nih buat punya lemari arsip. Agar dokumen bisa tertata rapi dan juga terawat baik

    ReplyDelete
  9. Bener banget mbaaaa kalau penempatannya ngasal tuh ruangan juga jadi kaya sempit. Aku masih PR banget juga nih menata ruangan kerja suami, barang2 masih semrawut.

    Wah di kawan lama banyak rak2 untuk menyimpan arsip ya, makasih rekomendasi nya mbak.

    ReplyDelete
  10. Wooah Kawan Lama banyak banget ya produknya. Yang mau renovasi rumah atau ruangan bisa nih ke Kawan Lama belanjanya.

    ReplyDelete
  11. Walaupun rumah biasa alias bukan ada lapak untuk bisnis, sebenarnya memang perlu lemari besi, untuk menyimpan beragam dokumen penting ya.

    ReplyDelete
  12. Aku juga punya banyak banget buku yang dulunya semrawut natanya. Ngga tahu tipsnya sih dari kapancurhat. Akses furniture yang mendukung ternyata pengaruh banget. Emang harus pilih produknya Kawan Lama yang jadi produk kebanggaan dengan banyak pilihan.

    ReplyDelete
  13. Bisa beli di Kawan Lama juga ya untuk lemari arsip. Pastinya butuh yang kokoh untuk menyimpan arsip agar awet

    ReplyDelete
  14. Saya mempraktekkan masang cermin untuk menambah kesan luas, beneran lho. Di dapur saya yg kecil, pas setelah dipasang cermin yang ukurannya padahal tak seberapa besar, jadi berasa lega aja...

    ReplyDelete
  15. Wah aku harus beli lemari arsip kayak gini nih. Soalnya lemari di rumah tuh udh kemakan rayap. Bukuku banyak jadi korban. Padahal udh aku kasih kapur barus dan kasih semprotan khusus loh. Masih aja diserang kutu kayu. Emg udh saatnya ganti lemadi besi gini yg lbh awet deh. Ntr coba ah mampir ke Kawan Lama.

    ReplyDelete
  16. Lagi kepikiran mau gimana ngatur arsip di rumah. Kayaknya udah gak ada ruang kosong lagi. Perlu rak atau lemari arsip nih. Rupanya Kawan Lama juga menyediakannya.

    ReplyDelete
  17. kalo ruang kerja molly juga butuh banyak lemari penyimpanan. maklum barangnya banyak terutama untuk buku2 bacaan nih

    ReplyDelete
  18. Sebenarnya kalau saya lebih senang lemari berbahan kayu. Tapi jarang banget kan ya lemari arsip dari kayu. Banyaknya dari besi supaya kuat dan tahan lama

    ReplyDelete
  19. Sejak anak saya sekolah, kertas hasil ujian dan tugas menjadi banyak sekali. Belum buku cetak dan LKSnya. Rak yang awalnya kami pikir cukup ternyata saat ini menjadi penuh sesak. Saya rasa, memang sudah saatnya mencari lemari baru untuk menata buku-buku agar lebih rapi

    ReplyDelete
  20. Arsip memang harusnya tertata rapi dan sesuai urutannya sih ya, biar gampang kalo butuh. Pilihan lemari arsip dari kawanlama bagus² banget, ljo ini. Boleh ah kepoin, siapa tau cucok 😁

    ReplyDelete
  21. Adanya lemari arsip yang bukan hanya bisa menampung banyak dokumen arsip, termasuk penampakannya yang cakep dan bisa bikin ruangan kelihatan estetik tuh ngasih pengaruh banget buat kenyamanan sepanjang bekerja di ruangan tersebut. Lengkap banget ya kalau mau beli perlengkapan kerja lewat Kawan Lama.

    ReplyDelete
  22. Kebetulan aku lagi mau nyari lemari arsip buat menyimpan buku-buku yang udah mulai menumpuk. Lemari dari Kawan Lama ini memang udah jadi incaranku sejak lama.

    ReplyDelete
  23. Kebetulan aku juga punya rencana beli lemari, karena banyak buku yang sudah nggak bisa ditaruh di rak. Sepertinya kawan lama bisa jadi solusi untuk membeli berbagai macam rak yang diinginkan.

    ReplyDelete
  24. Aku butuh niih, buat nyimpen arsip-arsip penting di rumah. Udah aku kelompokin, tinggal lemari gedenya yang belum ada...

    ReplyDelete
  25. lemari arsip penting juga nih, gak hanya di kantor tapi dirumah juga. auto cek kawan lama deh pengen lihat design lemari arsip yang tersedia, biar disamain dengan design fiurniture di rumah

    ReplyDelete
  26. Beli perabot di kawan lama memang lengkap ya...Selain lemari arsip, di sana juga ada lemari besi untuk kantor atau racking warehouse.

    ReplyDelete
  27. menata arsip yang tepat sehingga terlihat rapi, saat berkat di cari juga lebih mudah ditemukan
    terus arsip juga tidak mudah rusak

    ReplyDelete
  28. Wah, bagus idenya, beli lemari arsip buar organized dokumen biar semua di ruang kerja tertata rapi
    Minggu lalu saya baru beli kipas angin merk Krisbow di Ace Hardware untuk hadiah guru. Belum lagi barang-barang lain di rumah saya yang banyak beli dari Informa, Ace Hardwara, juga Kawan Lama grup lainnya. Lengkap, berkualitas dan terjangkau harganya

    ReplyDelete
  29. Lemari arsip masih diperlukan sih, walaupun sekarang udah serba digital. Seringkali berkas-berkas yang dicetak justru lebih valid. Trims tips menata arsipnya...

    ReplyDelete
  30. nata-nata lemari tiap hari memang sangat membutuhkan energi mbaa..beresin mainan anak tiap hari aja capek wkwkwkw perlu banget emang space khusus untuk barang-barang tertentu agar tetap rapi dan gak tiap hari beresinnya

    ReplyDelete
  31. Sebenernya yaa.. profesi apapun tuh bisa jadi potensi menyimpan banyak barang lamaaa yang bikin berantakan. Kakak dan suamiku kan dosen yaa.. itu buku, kerjaan mahasiswa, dan maket mahasiswa beneraaaan betebaran.

    Mahasiswanya uda lulus dari taun kapan juga mau aku loakin kerjaannya, gak boleh.
    Hiish.. sad amaatt.. Jadi biasanya aku taro di ruang kerja suami yang ada di lantai atas. Iya bentukannya milih yang sekatnya gak sama ukurannya. Biar bisa buat simpen maket yang segede gede gaban ituuh..

    ReplyDelete
  32. Kebetulan beberapa kali sempat berburu lemari arsip. Bukan hanya untuk arsip, tapi lebih ke penyimpanan serbaguna dan tahan sih. Biasanya lemari arsip itu dibuat dari bahan yang kuat dan tahan cuaca, sehingga menurut saya, bisa juga ditaruh di mana saja. Btw, Kawan Lama ternyata produknya banyak juga ya.. Lemari arsip pun tersedia.

    ReplyDelete
  33. Lemari arsip ini enaknya custom sih yaa..
    Soalnya bisa menyesuaikan kebutuhan dan ukuran ruangan yang tersedia. Uda paling nyaman survey dan mencarinya di Kawan Lama. Karena storenya banyak dan sudah berdiri sejak lama.

    ReplyDelete
  34. Wah ide dan inspirasi menarik nih untuk Umma coba..secara rumah umma berantakan banget

    ReplyDelete
  35. iya nih, kalau perkantoran kudu pintar-pintar banget milih lemari arsip yang bagus, yang anti rayap, anti bocor, tapi keamanan arsip tetap terjaga

    ReplyDelete
  36. wah ini nih, aku juga berpikir buat menata ulang berkas2 penting yang udah numpuk di salah satu sudut lemari. perlu nih masukin ke list nih mbak

    ReplyDelete
  37. Lemari arsip ini memang berguna banget, biar dokumen dan segala pembukuan lainnya dapat tersimpan rapi pada satu tempat jd nggak bingung buat nyari kalau dibutuhkan.

    ReplyDelete