Istilah grocery store dan supermarket sering digunakan secara bergantian. Bagi kebanyakan orang, kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama, yaitu adalah tempat berbelanja segala kebutuhan sehari-hari. Tapi, apakah benar begitu?

Faktanya, istilah grocery store dan supermarket memiliki makna yang cenderung berbeda. Hal ini dikarenakan dari beberapa aspek, grocery store dan supermarket memiliki beberapa perbedaan mendasar. Mulai dari ukuran toko hingga variasi produk yang ditawarkan pun tidak sama.

Perbedaan Grocery Store dan Supermarket

Secara umum, grocery store memiliki spesialisasi yang lebih spesifik daripada supermarket. Biasanya, supermarket menjual pilihan produk yang lebih beragam dan cocok dengan kebutuhan masyarakat umum. Sementara itu, grocery store lebih fokus menjual jenis produk dalam kategori tertentu dengan target demografi yang lebih spesifik dan variasi yang lebih terbatas.

perbedaan grocery store dan supermarket

Jika Anda penasaran dengan perbedaan antara grocery store dan supermarket, mari simak ulasan berikut ini!

Grocery Store

Dari segi ukuran, grocery store cenderung lebih kecil dan terspesialisasi. Misalnya, kebanyakan grocery store hanya menjual bahan makanan yang dibutuhkan sehari-hari, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging. 

Dengan demikian, grocery store biasanya tidak menjual jenis produk lain yang mungkin tersedia di supermarket, seperti obat-obatan atau produk lainnya yang lebih general seperti pakaian dan peralatan mandi.

Kemudian, dari segi pegawai, jumlah pegawai grocery store juga lebih sedikit. Selain itu, grocery store juga hanya memiliki satu gerai dan bukan berupa chain store. Jika ada, gerai yang tersedia biasanya lebih, hanya berada di daerah-daerah tertentu, dan tidak tersebar ke seluruh penjuru negeri.

Jadi, grocery store memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dasar konsumen yang mencakup bahan makanan dan minuman. Meskipun begitu, jenis makanan yang lebih spesifik seperti makanan bebas gluten (gluten-free) dan vegan biasanya tidak tersedia di grocery store karena variasi produknya yang lebih terbatas.

Supermarket

Berbeda halnya dengan grocery store, supermarket biasanya hadir dalam ukuran yang lebih besar dan memiliki beberapa gerai yang tersebar di berbagai penjuru negeri. Umumnya, nama merek supermarket pun lebih dikenal oleh masyarakat karena cabang tokonya yang tersebar di mana-mana.

Jika grocery store bersifat lebih spesialis, supermarket dikenal lebih generalis karena menyediakan beragam jenis produk kebutuhan konsumen, mulai dari makanan, obat-obatan hingga peralatan dapur.

Dari segi pegawai, tentunya jumlah pegawai supermarket lebih banyak daripada grocery store. Dengan ukurannya yang luas, pegawai supermarket tersebar di berbagai sudut ruangan untuk membantu Anda mendapatkan produk yang dibutuhkan selama berbelanja.

Kemudian, dalam hal kelengkapan produk, supermarket tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda mencari jenis produk yang lebih spesifik, supermarket adalah pilihannya. Selain itu, tak jarang supermarket juga menyediakan jajanan-jajanan cepat saji di dalamnya, lho.

Grocery Store dan Supermarket, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Pada dasarnya, jika Anda ingin pengalaman berbelanja yang lebih cepat dan praktis, grocery store adalah andalannya. Apalagi jika jenis produk yang Anda cari spesifik berupa produk makanan atau minuman yang sering diolah atau dikonsumsi sehari-hari. Namun, jika Anda mencari kebutuhan yang lebih beragam seperti peralatan mandi, peralatan dapur, atau kebutuhan balita, supermarket mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok.

Selain grocery store dan supermarket konvensional, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan belanja Anda dan keluarga secara online di marketplace seperti Sayurbox, lho. Dengan Sayurbox, Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke luar rumah untuk mendapatkan produk-produk pilihan berkualitas yang dibutuhkan sehari-hari.

Hanya dengan mengunjungi website di www.sayurbox.com, Anda dapat menemukan bermacam kebutuhan keluarga, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga makanan cepat saji dan olahan. Tak hanya itu, Anda cukup menggunakan e-wallet GoPay dan OVO untuk melakukan pembayaran.

Jadi, bagaimana? Sudah siap belanja sehat, praktis, dan cepat di Sayurbox? Selamat mencoba!




















Post a Comment

Previous Post Next Post