Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Iklan Jadul Operator Seluler yang Unik

Sebelum dunia teknologi dan informasi membuat kita terbiasa pada aplikasi perpesanan seperti BBM, WhatsApp, Line, dan sejenisnya, kita terlebih dulu akrab dengan telpon dan SMS-an.

Pada masa itu, berbagai jenis iklan operator seluler saling berlomba menawarkan berbagai macam paket telpon, SMS, atau pun keduanya sekaligus. Mungkin di antara teman-teman ada yang pernah mengalami harus nungguin pukul dua belas malam biar bisa nelpon gratis? Atau ada juga yang kejar terget kirim seratus SMS untuk dapat seratus SMS gratis—yang habis hanya sehari? Saya sendiri pernah menjalani dua hal itu.

iklan jadul operator seluler

Nah, ngomongin masa kejayaan telpon dan SMS-an, teman-teman ada yang masih ingat iklan jadul operator seluler, nggak? Bisa dibilang unik nggak, sih? Entah itu adegannya, istilahnya, dan lain-lain. Nggak sedikit lho istilah atau kalimat dalam iklan tersebut yang kemudian jadi terbawa ke kehidupan sehari-hari.

Berikut 7 iklan jadul operator seluler yang unik menurut saya.

7 Iklan Jadul Operator Seluler, Ingat yang Mana?

#1 AXIS Iritology 72 (Yang Beb, Yuhuu…)

Iklan AXIS dengan promo layanan telpon gratis dari pukul dua belas malam sampai pukul lima sore ini, menurut saya pribadi sudah lucu sejak awal. Ekspresi tegang ibu-ibu itu, lho, juara banget. Cowok bertampang polos yang lagi cari ayang mbeb-nya juga nggak kalah lucunya.

Begitu masuk ke adegan dia nelpon untuk nyariin ayang mbeb-nya pun, keluar dialog-dialog dengan teks singkat-singkat ala SMS-an pada masa itu.

Ha eL…AD BB Q DST?

Yang di atas itu salah satu teks yang muncul dan membuat iklan ini bukan sekadar promo, melainkan sekalian ngajakin yang nonton jadi ikut berpikir/menebak, itu teksnya maksudnya apaan? Ya, saya yakin sih teman-teman pasti tahu jawabannya.

#2 Kartu AS Edisi Aku Nggak Punya Pulsa

Iklan dari kartu AS ini adegannya ala-ala drama Korea. Ada cewek dan cowok lagi berantem sambil hujan-hujanan. Ceweknya marah dan mau mutusin karena si cowok nggak pernah kasih kabar; apa susahnya ngomong? 

SMS nggak pernah, nelpon nggak pernah. Lalu dibalas sama si cowok dengan dramatis dan intonasi yang khas—sehingga membuat iklan ini jadi sempat hits pada saat itu; aku nggak punya pulsa...

Ada yang masih ingat intonasinya? Kalau sudah lupa, cuss cari iklannya!

#3 IM3 Edisi Cumi

Iklan yang dibintangi oleh Adly Fairus ini ada beberapa edisi. Namun, yang saya ingat dengan jelas hanya dua edisi, edisi ketikung dan edisi minjem hape + mirip artis. Nah, di kedua edisi ini, ada Asmirandah dan Andhika Pratama juga.

Di kedua iklan tersebut, muncul beberapa kepanjangan dari kata cumi. Antara lain: cuma mirip, cuma minjem, cuma mimpi, dan tentu saja yang terkesan maksa, tetapi lucu: cucah mingkem.

#4 FREN Edisi Salah Paham

Ini iklan yang bikin saya ngakak banget waktu pertama nonton. Bahkan, berkali-kali nonton pun tetap ngakak.

Dalam iklan ini, ceritanya ada sebuah keluarga yang terdiri dari Suami (bapak), istri (ibu), dan anak perempuan. Kalau dilihat dari adegannya, mereka ini pelanggan operator telepon seluler yang terhitung mahal, makanya kalau menelepon harus singkat-singkat.

Nah, suatu hari, si anak perempuan ini telat datang ke sekolah—dan tidak diizinkan masuk oleh satpam sekolah. Si anak perempuan ini pun menelepon ibunya, “Ma, aku telat.”

Sesingkat itu saja kalimat yang diucapkan. Ibu yang terima telepon langsung berpikiran negatif—anaknya telat berarti anaknya lagi hamil. Histerislah si ibu.

Tidak lama kemudian, giliran suaminya yang menelepon, kalimat yang diucapkan pun sangat singkat, “Ma, aku dapat yang baru, lho.”

Si ibu yang masih dalam keadaan panik, makin dibuat histeris setelah mendengar ucapan suaminya.

"Anakku hamil, suamiku kawin lagi…” Si ibu mengira suaminya sudah kawin lagi.

Bu…Bu, pikiran negatifnya terlalu jauh, hahaha.

#5 XL Edisi Serbu (Serba Seribu)

Iklan yang dibintangi oleh Ananda Omesh ini, ada beberapa edisi. Tiga di antaranya adalah edisi kenalan sama cewek, tukang ojek, dan request lagu dangdut.

Dalam ketiga iklan ini, Omesh diceritakan mau dapat banyak hal/keuntungan dengan mengeluarkan uang seribu rupiah sebagai modal. Modal nolong cewek dengan bayarin belanjaan sebesar seribu rupiah, ngajak kenalan. Ceweknya setuju, lha si Omesh malah ngajakin makan, nonton, bahkan sampai nikah. Ya, ditampar lah. Ngelunjak, sih.

Masih dengan modal seribu, kali ini Omesh mau naik ojek, tetapi tujuannya banyak. Ya wajar kalau bapaknya cuma jalan sedikit terus bilangnya sudah sampai. Ngadi-ngadi nih si Omesh.

Kalau yang edisi request lagu dangdut, ceritanya ada orkes keliling. Modal seribu rupiah, si Omesh minta dinyanyiin sekitar sepuluh lagu.

Sudah siap-siap joget, alih-alih dituruti, si Omesh malah cuma dikasih sedikit alunan gendang. Kata penyanyinya, “ya kali seribu mau dapat banyak!”

Mantap, Mbak.

Oh iya, paket serbu dari XL ini promonya, dengan modal seribu rupiah bisa dapat gratis seribu SMS ke semua operator seluler.

Nah, itu dia 5 iklan jadul operator seluler yang unik menurut saya. Kalian ingat semua iklan di atas, nggak? Atau ada iklan jadul operator seluler lainnya yang unik menurut kalian? Sharing di kolom komentar, yuk!


Yang curhat: UtamyyNingsih
Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "7 Iklan Jadul Operator Seluler yang Unik"