Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinopsis dan Review Film Pathaan, Sudah Nonton?

Film Pathaan menjadi film comeback Shah Rukh Khan, sang raja perfilman Bollywood. Setelah lima tahun vakum, kita bisa menikmati kembali akting Shah Rukh Khan dalam film Pathaan yang dirilis serentak secara global pada 25 Januari 2023 yang lalu.

Lantas, seperti apa cerita film Pathaan? Mari, baca tulisan ini sampai selesai!

Sinopsis Film Pathaan

review film pathaan
source: antaranews

Pathaan yang merupakan bagian keempat dari YRF Spy Universe, hadir dengan tema spionase yang penuh adegan aksi. Film yang disutradarai oleh Siddharth Anand ini menitikberatkan inti cerita pada pertarungan antara Pathaan (Shah Rukh Khan) dengan Jim (John Abraham). Pathaan yang merupakan agen RAW ditugaskan untuk memberantas kelompok teroris Outfit X yang dipimpin oleh Jim.

Jim sendiri sebenarnya bukan orang asing bagi RAW (badan intelijen India). Sebelum menjadi pemimpin kelompok teroris, Jim adalah agen RAW. Ia lantas menjadi pembelot bahkan berambisi menghancurkan negaranya sendiri setelah kekecewaan teramat besar. Ada “keterlibatan negara” dalam kejadian Jim yang kehilangan istri dan anaknya yang masih dalam kandungan. Sebagai langkah balas dendam, Jim berencana menyebarkan virus misterius nan mematikan bernama Raktbeej.

Pertarungan sengit antarkeduanya juga melibatkan Rubina (Deepika Padukone), mantan agen ISI yang kemudan bekerja untuk Jim. Namun, menuju akhir film, Rubina berbalik mendukung Pathaan. Secara mengejutkan, film dengan bujet sekitar 30 juta Dollar ini juga menghadirkan Salman Khan dengan aksi laga yang bikin tepuk tangan sekaligus menggelitik.

Review Film Pathaan

sinopsis film pathaan
source: Bollywood Hungama
Penggemar Shah Rukh khan tentu sangat antusias menunggu tayangnya film Pathaan. Bahkan sejak poster dan trailernya dirilis, antusias penonton sudah menggema di media sosial.

Saya sendiri bukan penggemar Shah Rukh Khan, tetapi mendengar bahwa film ini adalah sebuah moment comeback sang raja Bollywood, saya jadi penasaran utuk segera menonton, meski tahu durasinya lumayan panjang (2 jam 40 menit).

Secara tema, apa yang diangkat dari film Pathaan memang menawarkan sesuatu yang mudah bikin orang betah nonton. Tentang arti dari frasa “berbakti kepada negara”. Pathaan dan Jim sama-sama agen RAW, mereka sama-sama punya cinta yang besar untuk negara mereka. Namun, perjalanan hidup membawa mereka pada jalan yang berbeda. Pathaan tampil sebagai superhero dan protagonis, sementara Jim berbelot menjadi teroris yang bahkan berambisi menghabisi negaranya sendiri.

Akan tetapi, ada yang menarik dari sosok seorang Jim. Kita bisa melihatnya sebagai orang jahat yang memang pantas untuk disingkirkan, tetapi ketika tahu alasan di balik segala rasa sakit hati dan ambisinya, kita dibawa untuk memahami posisinya. Apa yang ia lakukan memang salah, tetapi alasannya melakukan itu juga mengajak kita untuk sejenak ikut berduka.

Karena film Pathaan adalah film aksi, tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas bagaimana adegan baku hantam maupun baku tembak dalam film ini. Ya, karena pemainnya jempolan semua, aksi pertarungan mereka sudah tidak perlu diragukan lagi. Dari mulai pertarungan di darat, air, sampai udara, semua ada. Melihatnya, kalian bisa dibuat berdecak kagum sekaligus geleng-geleng kepala saking “luar biasanya”. Bayangkan, ada sosok manusia yang bisa bergelantungan di udara, hanya dengan bantuan sebuah tali yang terikat di helicopter.

Di sepanjang dilm, visualnya membawa kita melintasi setidaknya 8 negara. Namun, sayangnya, bersamaan dengan itu, efek CGI yang belum sempurna tidak mampu mendukung keindahaan negara-negara yang ditampilkan. Bahkan, bisa dibilang daya tarik visual film Pathaan justru ada pada Deepika Padukone. Dalam keadaan apa pun, dia tetap on point.

Kalau disimpulkan, film Pathaan memang punya premis yang cenderung biasa saja. Endingnya pun sudah bisa ditebak. Meski demikian, saya cukup terkesan dengan deretan plot twist dan ketegangan yang menampilkan pertarungan terakhir antara Pathaan dan Jim. Di bangunan nyaris rubuh, mereka bukan hanya adu kekuatan, tetapi juga saling lempar pendapat tentang makna rasa cinta dan bakti kepada negara.

Baca juga sinopsis film Bollywood lainnya di sini yaa!


Author: UtamyyNingsih

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

1 comment for "Sinopsis dan Review Film Pathaan, Sudah Nonton?"