Banyak yang bilang, untuk industri perfilman yang mengangkat tema isu sosial, film India jagonya! Saya pun sepakat akan kalimat itu.

Untuk tema pendidikan misalnya, film Three Idiot's menjadi salah satu film bertema pendidikan yang disukai banyak orang. Dengan sisipan adegan komedi, film yang menyinggung kekakuan praktik belajar-mengajar ini, selalu menjadi salah satu rekomendasi film India yang layak untuk ditonton.

Lalu, ada pula film Jai Bhim yang memotret bobroknya sistem persidangan dan hukum karena adanya relasi kuasa dan kepentingan politik. Orang miskin menjadi korban tuduhan palsu, disiksa, hingga kehilangan nyawa. Untuk mendapatkan keadilan pun bukan hal mudah karena sejak awal, intrik-intrik politik sudah sangat melekat dalam kasus tersebut.

Selanjutnya ada film terbaru, maksud saya film yang baru tayang awal tahun ini dan baru saja saya tonton beberapa hari yang lalu. Judulnya Gangubai Kathiawadi. Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata berdasarkan buku berjudul Mafia Queen's of Mumbai. Ia merupakan film yang menampilkan sosok Gangubai Kathiawadi sebagai penyambung lidah para PSK di Kathiawadi, kawasan prostitusi di India.

film gangubai kathiawadi
source : kompas.com


Alasan Kenapa Film Gangubai Kathiawadi Layak Ditonton

Gangubai sendiri adalah gadis lugu dari keluarga berada yang menjadi PSK setelah ditipu kemudian dijual ke rumah bordil oleh pacarnya sendiri.

Waduh, sensitif juga ya temanya.

Eitsss… meskipun mengangkat tema sensitif, tetapi film ini sangat rekomended untuk ditonton, lho. Terlebih bagi kalian yang tertarik dengan isu-isu sosial.

Berikut ini adalah alasan kenapa Gangubai Kathiawadi layak untuk ditonton.

#1 Fokus Pada Isu Sosial, Aman Dari Adegan Naked

Meskipun yang disorot adalah PSK dan dunia prostitusi, tetapi film ini terbilang aman dari adegan naked yang biasanya muncul dalam film bertema serupa.

Secara keseluruhan, film ini lebih fokus mengangkat isu sosial kehidupan para PSK. Semacam penyampaian suara hati para PSK yang kerap didiskriminasi dari berbagai sisi kehidupan.

#2 Kontroversial, tetapi Merekam Banyak Isu Penting

Salah satu pokok permasalahan yang diperjuangkan oleh Gangubai adalah melegalkan prostitusi. Secara moral, hal tersebut tentu terbilang sensitif dan kontroversial, bahkan bisa memicu kekisruhan. Bukan hanya di India, di Indonesia juga.

Akan tetapi, disamping poin sensitif dan kontroversial tersebut, film ini sarat akan singgung-singgungan pada isu sosial. Baik itu tentang PSK maupun tentang perempuan secara lebih luas.

Siskriminasi, kekerasan fisik dan seksual, sulitnya akses pendidikan bagi anak dari ibu tunggal, perdagangan manusia, serta women empowerment adalah segelintir poin penting yang disinggung dalam film ini.

Mendengar pidato dari Gangubai di akhir film, rasanya jadi merinding karena terharu sekaligus bangga.

Gangubai memang adalah seorang PSK, tetapi apa yang ia sampaikan sebagian besar (kalau tidak bisa dibilang semua) adalah hak-haknya sebagai manusia yang juga punya hak kemanusiaan.

#3 Akting Alia Bhatt yang Keren

Dari seorang gadis lugu, lalu menjadi PSK kemudian muncikari yang nggak ada takut-takutnya, hingga menjadi seorang Gangubai yang badasss, semua diperankan oleh Alia Bhatt dengan sangat keren.

Sosok Gangubai yang santai, tetapi serius, dieksekusi dengan totalitas.

#4 Visual Memanjakan Mata

Dalam hal teknik sinematografi, saya adalah orang yang sangat awam. Bahkan, kalau ada kategori di bawahnya awam, nah, itulah saya. Meski demikian, bukan berarti saya tidak memerhatikan unsur visual saat menonton film. Kalian ingat film Indonesia yang visualnya kuning banget, nggak? Saya yang sangat awam pun sangat terganggu dengan itu, wqwqwq.

Untuk film ini saya bisa bilang visualnya memanjakan mata. Dari nuansa klasik atau jadul hingga suasana pesta yang meriah, semuanya bikin betah untuk menonton.

Dengan visual yang keren ditambah poin-poin penting yang diangkat, durasi 2 jam lebih jadi tidak begitu terasa.

Bagi kalian yang tertarik atau menaruh perhatian pada isu-isu sosial, menonton film ini saya rasa adalah satu hal yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah tayang di bioskop bulan Februari yang lalu, saat ini film Gangubai Kathiawadi juga sudah bisa ditonton di Netflix, lho. Jangan lupa ditonton, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author : UtamyyNingsih


Post a Comment

Previous Post Next Post