Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tema Penting dalam Drakor Crash Course in Romance

Drakor Crash Course in Romance membuat saya tertipu! Tunggu, jangan salah paham dulu. Sebab, tertipu yang saya maksud di sini bermakna positif, hihihi.

Sebagaimana yang tertera di judulnya, tadinya saya mengira bahwa drakor Crash Course in Romance adalah drakor ringan yang menyajikan dinamika kisah percintaan dengan sisipan genre komedi. Sederhananya, saya mengira bahwa drakor Crash Course in Romance adalah drakor romantic-comedy (rom-com), nyatanya tidak juga. 

drakor crash course in romance

Ya, iya sih, ada unsur percintaan dan komedinya, tetapi juga tidak luput dalam menghadirkan tema lainnya yang membuat drakor ini semakin seru untuk ditonton.

Biar lebih jelas, yuk simak tulisan ini sampai selesai!

Sinopsis Crash Course in Romance

Tayang perdana pada 14 Januari yang lalu, Crash Course in Romance menceritakan tentang dinamika kehidupan Nam Haeng Seon (Jeon Do Yeon), mantan atlet nasional yang alih profesi menjadi pemilik toko makanan (lauk pauk).

Sejak remaja, Nam Haeng Seon telah menyandang status sebagai ibu tunggal tanpa pernikahan karena merawat dan membersarkan Nam Hae E, anak perempuan dari kakaknya. Tidak cukup sampai di situ, Nam Haeng Seon juga masih harus merawat Nam Jae Woo (Oh Ui Sik), adik laki-lakinya yang merupakan penyandang autisme.

crash course in romance sinopsis
source: netflix

Meski bukan ibu kandung, Nam Haeng Seon selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Nam Hae E, termasuk dalam hal pendidikan. Ketika Nam Hae E mengutarakan keinginannya untuk les matematika di Pride Academy—dengan pengajar terkenal dan mumpuni bernama Choi Chi Yeol (Jung Kyung Ho)—, Nam Haeng Seon langsung mewujudkan keinginan tersebut. Bersama dengan banyak orang tua lainnya, Nam Haeng Seon berupaya keras agar putrinya bisa masuk ke Pride Academy.

Namun, siapa sangka, bergabungnya Nam Hae E di lembaga bimbingan belajar Pride Academy menjadi awal dari serangkaian tragedi nano-nano dalam kehidupan Nam Haeng Seon dan Nam Hae E. Selain perkembangan hubungan percintaan, Nam Haeng Seon ternyata harus terkena isu skandal yang juga membuat Nam Hae E jadi korban perundungan di sekolah.

Dengan drama percintaan, misteri yang bikin penasaran, dan taburan unsur komedi dari awal episode, drakor Crash Course menjadi drakor yang sayang untuk dilewatkan karena ikut mengangkat berbagai tema penting.

Apa saja tema penting tersebut? Simak dalam daftar di bawah ini!

3 Tema Penting dalam Drakor Crash Course in Romance

#1 Belajar Matematika Tidak Menakutkan

drama crash course in romance

Yang paling utama patut disorot dari drakor Crash Course in Romance adalah ceritanya yang menjadikan pelajaran matematika sebagai bagian penting dalam alur cerita. Seperti yang kita tahu, dalam kehidupan nyata, pelajaran Matematika kerap dianggap sebagai pelajaran yang memusingkan, membosankan, susah, dan sebagainya.

Nah, dalam drakor ini, pelajaran Matematika disajikan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Bersama dengan Choi Chi Yeol, sang Guru Bintang, Matematika dibuat asyik untuk dipelajari. Dalam judul setiap episodenya pun tertera istilah-istilah yang biasa kita temui dalam pelajaran Matematika.

#2 Perjuangan Ibu Tunggal

Satu hal yang sejak awal membuat saya pribadi sangat suka dengan drakor Carash Course in Romance adalah tokoh Nam Haeng Seon. Melihat perjalanan hidupnya, akan mudah bagi penonton untuk menaruh simpati dan kekaguman.

Saat usianya masih sangat muda, ia sudah menyandang status sebagai ibu. Demi menjalani perannya sebagai ibu bagi Nam Hae E—yang ditinggalkan begitu saja oleh ibu kandungnya—dan merawat adiknya yang mengidap autisme, ia rela menghentikan perjalanannya menjadi atlet nasional.

crash course in romance

Tidak mudah bagi Nam Haeng Seon dalam menjalani hidup, selain harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ia juga rentan menjadi korban dari berbagai macam stigma negatif dan fitnah seputar ibu tunggal.

#3 Kerasnya Pendidikan di Korea

Awalnya saya cukup terhibur melihat bagaimana kerasnya upaya para orang tua saat akan mendaftarkan anaknya di lembaga Pride Academy. Namun, setelah menonton beberapa episode, perasaan terhibur itu berubah menjadi rasa miris.

Ya, saya miris sekaligus ngeri sendiri melihat bagaimana para orang tua yang begitu keras menekan anak-anak mereka dalam hal pendidikan. Anak-anak dituntut untuk memenuhi gengsi, obsesi dan ambisi para orang tua. Para orang tua siap melakukan apa saja, termasuk menggunakan uang dan pengaruh yang dimiliki agar anaknya bisa mendapat akses pendidikan yang bergengsi.

Menariknya, drakor Crash Course in Romance turut memotret bagaimana dampak perilaku tersebut bagi kepribadian dan kesehatan mental bagi anak-anak mereka.

Penutup

Demikianlah 3 tema penting dalam drakor Crash Course in Romance. Saat tulisan ini saya buat, penayangan drakor ini baru sampai pada episode kesepuluh. Selain perkembangan hubungan “pasangan lauk-pauk” dan misteri bola logam, kehidupan para ibu ambisius dalam drakor ini juga sayang untuk dilewatkan.

Cuss tonton drakor Crash Course in Romance di Netflix setiap Sabtu dan Minggu malam! Baca juga review drakor lainnya di sini yuk!


Author: UtamyyNingsih

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "3 Tema Penting dalam Drakor Crash Course in Romance"