Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Sih Open Banking Itu? Yuk Simak Di sini

Pernah dengar atau membaca istilah open banking, tapi belum tahu apa itu open banking? Yuk simak tulisan ini sampai selesai untuk kenalan lebih dekat dengan open banking.

Pengertian Open Banking

Secara sederhana, open banking adalah layanan perbankan terbuka. Dalam artian, pihak bank membuka jalan untuk membangun kerja sama dengan pihak ketiga, khususnya untuk berbagai jenis aplikasi digital di sektor finansial.

Open banking sebagai inovasi terbaru dari layanan keuangan, mengandalkan teknologi application programing interface (API) yang memungkinkn layanan bank dan konsumen terintergrasi dengan layanan aplikasi pihak ketiga.

open banking

Dengan keunggulannya yang mampu membuat transaksi dan layanan keuangan menjadi lebih mudah, cepat, terintegrasi, dan praktis, tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan salah satu terobosan baru di bidang perbankan ini.

Untuk contoh aplikasi yang menggunakan teknologi application programming interface (API) bisa kita lihat pada aplikasi yang berbasis fintech dan e-commerce. Aplikasi tersebut terintegrasi dengan open banking dan ikut mewujudkan inklusi keuangan.Kini, segala hal yang berkaitan dengan finansial, termasuk di dalam urusan perbankan, dapat diakses dengan mudah.

Contoh Open Banking

Kalau masih belum terlalu paham dengan apa itu open banking, alangkah baiknya untuk melihat contoh open banking.

Adapun salah satu contoh open banking adalah BRIAPI, yaitu layanan open banking dari bank BRI. Lebih detail, BRIAPI adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API) yang dikembangkan oleh BRI yang memungkinkan integrasi antara aplikasi pihak ketiga dengan layanan BRI. BRIAPI diciptakan untuk melancarkan dan mempermudah berbagai kebutuhan transaksi perbankan yang dibutuhkan perusahaan serta institusi di era digital ini.

Untuk fiturnya, fitur BRIAPI yang bisa dinikmati cukup beragam. Mulai dari fitur intrgrasi kartu debit di aplikasi, BRIVA sebagai solusi pembayaran yang mudah dan cepat, serta BRIZZI sebagai e-money.

Hingga saat ini, BRIAPI sudah berhasil membuat lebih dari 700 aplikasi terintegrasi dengan layanan dari bank BRI. Sebut saja seperti aplikasi Tokopedia, Shopee, dan OVO. Dengan layanan dari BRIAPI, nasabah dan konsumen bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi di berbagai aplikasi yang terintegrasi dengan layanan dari bank BRI.

BRIAPI dari BRI dalam Menjawab Tantangan Open Banking di Indonesia

Meski merupakan sebuah inovasi atau terobosan baru dalam bidang finansial, open banking tentu memiliki tantangan. Demikian halnya BRIAPI dari BRI yang merupakan contoh open banking.

Adapun salah satu tantangan open banking di Indonesia saat ini adalah terkait keamanan data nasabah. Seperti yang kita tahu, sebagian besar masyarakat, masih memiliki keraguan terhadap keamanan dari implementasi open banking. Dalam proses penggunaanya, nasabah tentu menginginkan agar data-data mereka tetap aman dari kebocoran.

Sebagai pihak yang bergerak dalam bidang finansial, termasuk yang sudah memanfaatkan apa itu open banking, BRI pun tidak tinggal diam dalam menjawab keraguan masyarakat. Oleh BRI, tantangan tersebut dijawab dengan terus mengimplementasikan keamanan data. Saat ini, BRI sudah tersertifikasi ISO 27001:2013. Selain itu, BRI juga telah mengikuti aturan Open API dari Bank Indonesia yaitu BI SNAP atau Standar Nasional Open API Pembayaran. Karenanya, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir terkait keamanan data nasabah. Termasuk dalam memanfaatkan fitur dan produk dari BRIAPI.

Saat ini, layanan open banking pun terus menunjukkan trend positif. Makin ke sini, tidak sedikit yang tertarik untuk mencari tahu apa itu open banking maupun yang ingin menggunakan layanan open banking.

Jadi, tunggu apa lagi? Bagi kalian yang menikmati transaksi digital kekinian yang mudah, praktis, dan aman, yuk mendaftar open banking di BRIAPI. Sebab, open banking adalah solusi mudah dan terbaik untuk layanan perbankan yang lebih praktis dan kekinian.


Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Apa Sih Open Banking Itu? Yuk Simak Di sini"