Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya dan Merk Cat Mobil Terbaik Untuk Kendaraanmu

Biaya dan merk cat mobil terbaik, boleh jadi adalah informasi yang kalian butuhkan sebagai pemilik dan pengguna mobil pribadi. Sebab, dalam keadaan tertentu, mengecat ulang mobil memang menjadi satu hal yang biasa dilakukan oleh tidak sedikit pemilik mobil di luar sana.

Akan tetapi, dalam hal mengecat ulang (baik itu ganti warna maupun memperbarui warna cat mobil), dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak tanggung-tanggung, biayanya bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah.

Sebagai jalan keluar, tidak jarang orang-orang memilih mengganti cat mobil di bengkel biasa dengan pertimbangan harga yang lebih murah dibanding bengkel resmi. Namun, dalam memutuskan memilih bengkel biasa, tentu diperlukan berbagai pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan.

Solusi lain yang juga banyak dipilih para pemilik mobil adalah menggunakan asuransi mobil umum untuk mengatasi berbagai perawatan kendaraan sekaligus menanggung biaya cat mobil dan servis mobil.

merk cat mobil terbaik

Untuk pembahasan lebih detail tentang mengganti cat mobil, termasuk biaya dan merk cat terbaik, yuk simak tulisan ini sampai selesai!

Biaya dan Merk Cat Mobil Terbaik serta Manfaat Menggunakan Asuransi Mobil Umum

Seperti yang sudah disinggung di atas, terdapat dua jenis bengkel mobil yang bisa jadi pilihan untuk perawatan mobil, termasuk mengecat mobil. Pertama bengkel umum, yaitu bengkel yang banyak dijumpai di pinggir jalan atau biasa juga disebut bengkel tidak resmi, dan kedua bengkel resmi yaitu bengkel dari dealer resmi masing-masing merk mobil. Contohnya, bengkel Toyota, bengkel Nissang, dan bengkel Suzuki.

Selanjutnya, yang perlu diketahui tentang pengecatan mobil adalah jenis pengerjaannya yang juga terdiri dari dua jenis. Pertama cat ulang full body dan yang kedua cat ulang mobil per panel atau per sektor.

Untuk biayanya, berikut ini gambaran estimasinya.

Biaya Cat Ulang Mobil

1. Biaya cat ulang mobil full body di bengkel resmi

Untuk biaya cat ulang mobil full body di bengkel resmi, pada dasarnya tergantung pada merk mobil. Contohnya untuk mobil berukuran kecil seperti Toyota Agya, biayanya mulai dari Rp7 juta, sementara untuk mobil dengan body yang lebih besar biayanya mulai dari Rp17 juta.

2. Biaya cat ulang mobil per panel di bengkel resmi

Beberapa dealer resmi yang memiliki fasilitas body and repair, ada juga yang menerima layanan pengecatan per panel yang dimaksudkan sebagai per bagian mobil. Contoh, kap mobil dihitung satu panel, demikian halnya dengan pintu mobil. Jadi, jika hanya ingin mengecat di bagian kap, berarti sudah dikenakan biaya satu panel.

Di bengkel resmi, biaya cat mobil per panel dimulai dari harga sekitar 700 ribu dan bergantung pada panel/bagian yang akan di-cat.

3. Biaya cat ulang mobil full body di bengkel umum

Dibanding bengkel resmi, biaya cat mobil di bengkel umum memang lebih murah. Namun, perlu ketelitian dalam memilih. Kriteria seperti riwayat kerja bengkel, kualitas pengerjaan, bahan dasar dan jenis cat yang digunakan, adalah hal-hal yang patut diperhatikan saat memilih bengkel umum.

Dalam pengerjaannya, metode cat oven mobil atau dijemur di bawah terik matahari adalah metode yang biasa ada di bengkel umum. Untuk estimasi biayanya, dimulai dengan biaya RP 4 juta rupiah untuk bahan dasar Blinken, Apsara, DuPont, Nippon Paint. Sementara untuk bahan dasar Spies Hecker atau Sikkens, biayanya mulai dari Rp6,5 juta.

4. Biaya cat ulang mobil per panel di bengkel umum

Sama seperti di bengkel resmi, biaya cat ulang mobil per panel di bengkel umum pun bergantung pada panel yang akan dikerjakan. Selain itu juga bergantung pada bahan dasar yang digunakan. Namun, secara umum estimasi biayanya mulai dari Rp300 ribu per panel. Ada juga bengkel cat duco yang mematok tarif mulai dari Rp150 ribu per panel.

Merk Cat Mobil Terbaik

Setelah tahu estimasi biayanya, penting juga untuk mengetahui merk cat mobil terbaik. Hal ini agar memaksimalkan hasil warna dan keawetan warna pada body mobil.

Adapun merek cat mobil terbaik antara lain DuPont Corporation atau Nippon Paint, Stansdoke, Spies Hecker, dan Sikkens.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa jika ingin menganti warna baru, kadang pengerjaannya akan lebih rumit hingga memakan waktu dan biaya yang lebih mahal.

Asuransi Mobil untuk Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Mengganti warna cat mobil adalah satu bentuk perawatan mobil. Itu saja sudah memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, asuransi mobil bisa dijadikan solusi untuk mengatasi perawatan kendaraan termasuk mobil yang menanggung biaya ganti cat mobil.

Untuk mengatasi biaya cat mobil yang mahal, pastikan untuk memilih asuransi mobil all risk yaitu jenis asuransi yang meng-cover kerusakan ringan, sedang, hingga berat. Dalam memilih perusahaan asuransi, pertimbangkan juga akses kantor cabang, kemudahan proses klaim, dan rekan bengkel dari perusahaan asuransi tersebut.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak pilihan asuransi mobil yang bisa dipilih. Teman-teman bisa mengunjungi lifepal.co.id dan mencari tahu produksi asuransi sesuai kebutuhan.

Nah, demikianlah pembahasan tentang cat ulang mobil. Mulai dari biaya dan merk cat mobil terbaik, hingga perusahaan asuransi mobil umum yang bisa jadi solusi untuk tips menghemat biaya perawatan mobil yang mahal.

Untuk benda kesayangan seperti mobil, upayakan untuk memberikan yang terbaik, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Referensi:

lifepal.co.id

duitpintar.com


Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Biaya dan Merk Cat Mobil Terbaik Untuk Kendaraanmu"