asuransi mobil 2021

Bagi yang belum tahu, asuransi mobil merupakan layanan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada pemilik mobil. Perusahaan akan berikan jaminan ganti rugi jika mobil Anda rusak (akibat kecelakaan, bencana alam maupun kerusuhan).

Perusahaan asuransi juga bakal ganti rugi jika mobil hilang karena dicuri. Sementara Anda sebagai klien membayar dengan jumlah tertentu ke perusahaan agar bisa klaim asuransi nantinya.

Konsep asuransi mobil hampir sama dengan jenis asuransi lainya, termasuk BPJS, misalnya. Bedanya ada pada objek yang diasuransikan. Pada asuransi BPJS yang diasuransikan adalah kesehatan dan ketenagakerjaan. Sedangkan asuransi mobil yang diasuransikan adalah mobil tersebut.

Asuransi Mobil 2021

Ada banyak sekali perusahaan asuransi di Indonesia. Seperti misalnya asuransi sinarmas mobil, asuransi ACA, AXA mandiri, asuransi Abda, allianz dan masih banyak lagi yang bisa Anda pilih. Kini, mengurus asuransi mobil 2021 lebih mudah lagi karena bisa diproses secara online di beberapa platform contohnya Lifepal.

Jenis Asuransi Mobil

Berikut ini jenis asuransi mobil 2021 yang perlu Anda ketahui agar teman curhat bisa memilih jenis asuransi sesuai kebutuhan. Asuransi mobil yang bisa Anda pilih ada dua yaitu :

  • Asuransi Mobil All Risk 

Ini adalah asuransi mobil segala risiko atau disebut asuransi menyeluruh (comprehensive). Jika Anda memilih asuransi mobil all risk, maka segala kerugian pada mobil Anda akan diganti rugi.

Seperti rusak parah maupun ringan akibat kecelakaan, bencana alam atau rusak karena terjadi kerusuhan, maka perusahaan akan ganti rugi seluruhnya sesuai jenis dan tingkat kerusakan kendaraan anda. Asuransi jenis ini biayanya lebih mahal karena Anda sebagai pemilik mobil mendapatkan full service selama perjanjian.

  • Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Asuransi mobil TLO bisa dipahami sebagai asuransi mobil dimana perusahaan asuransi hanya akan membiayai jika mobil klien hilang karena dicuri atau dirampas, atau rusak dengan tingkat kerusakan 75 persen hingga tak layak dikendarai lagi.

Jadi, jika misalnya mobil Anda mengalami kerusakan dibawah 75 persen Anda tidak bisa melakukan klaim asuransi. Kelebihan asuransi jenis ini adalah biaya preminya lebih rendah dibanding asuransi mobil all risk.

Biaya Asuransi Mobil 2021 dan Contoh Perhitungan

Biaya asuransi mobil 2021 bisa saja berbeda tiap perusahaan asuransi. Meski demikian, ketentuan biaya tetap mengacu pada Otoritas Jasa Keuangan. Biasanya penentuan biaya premi asuransi (All Risk dan TLO) dihitung berdasar rate asuransi, dikali harga mobil.

Untuk premi asuransi TLO, rate asuransi mobil rata ratanya adalah 0,8%-1%. Contoh. Anda memilih asuransi mobil TLO untuk mobil avanza tipe G/T Luxury, harga mobil Anda misalnya Rp.193 juta dan rate asuransinya 0,8 persen. Maka biaya asuransi yang harus Anda bayarkan adalah 0,8% x Rp193.000.000 = Rp1.544.000.

Sedangkan untuk premi asuransi mobil all risk, rate rata ratanya adalah 2,5-3,5%. Contoh, jika Anda memilih asuransi mobil all risk dengan taksiran harga mobil Anda sekitar Rp.150 hingga 300 juta. Maka jumlah biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah 2,5% x Rp193.000.000 = Rp4.825.000.

Nah itulah tadi contoh hitungan biaya jika Anda mengajukan asuransi mobil dengan skema All Risk maupun TLO. Selain biaya premi pokok, Anda juga dikenakan biaya administrasi tambahan kurang dari Rp.50 ribuan.

Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Mobil 2021

Berikut ini syarat cara mengajukan asuransi mobil 2021 yang perlu Anda ketahui.

Pertama, hubungi perusahaan asuransi seperti yang disebutkan di bagian awal artikel ini. Seperti asuransi sinarmas mobil, asuransi ACA, AXA mandiri, asuransi Abda, allianz.

Anda juga bisa mengajukan asuransi mobil 2021 secara online di beberapa platform. Seperti bukalapak, tokopedia, lifepal, cermati dan lain lain. Jika baru pertama mengurus asuransi mobil, sebaiknya tanyakan kepada pihak perusahaan secara detail mengenai layanan yang diberikan, biaya, hingga syarat syaratnya.

Adapun dokumen yang biasanya harus disiapkan dalam mengajukan asuransi mobil 2021 yakni fotokopi KTP, fotokopi SIM, fotokopi STNK mobil, foto tampak depan dan belakang mobil, foto tampak kiri dan kanan mobil, foto dashboard kendaraan dan foto sisi atas kendaraan.

Nah itulah tadi informasi tentang asuransi mobil 2021 yang perlu diketahui. Sebelum mengajukan asuransi untuk kendaraan anda. Sebaiknya pelajari dulu layanan dan aturan mainnya sehingga Anda benar benar peroleh kebutuhan asuransi yang tepat. Semoga bermanfaat.

1 Comments

  1. Belum daftar. Nunggu punya mobil dulu Hihihi.
    Kalau asuransi kesehatan sudah punya doooong

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post