Negara kita menduduki posisi ke-4 sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Di tahun 2021 lalu, jumlah kopi yang berhasil diproduksi negara kita, itu sebanyak 774,60 ribu ton. Hal ini membuat kita jadi tak heran, jika banyak dari kita yang menggemari minuman kopi. Sebab jumlah kopi yang ada di negara kita memanglah banyak.

Kamu termasuk orang yang gemar minum kopi? Jangan cuma meminumnya saja. Ada baiknya kamu traveling ke tempat-tempat penghasil kopinya. Tak hanya tempat yang menghasilkan jumlah kopi yang banyak, tempat-tempat ini juga merupakan penghasil kopi terbaik di Indonesia. 

Ayo cari promo tiket di Traveloka. Ada banyak tiket murah yang bisa membawamu ke tempat-tempat penghasil kopi ini.

daerah penghasil kopi terbaik

Mau tahu di mana saja tempat-tempat di Indonesia yang merupakan penghasil kopi terbaik? Ini dia beberapa diantaranya:

Daerah Penghasil Kopi Terbaik :

1. Aceh

Jika ditanya, apa yang terkenal dari Aceh, sepertinya banyak orang akan menjawab kopi. Ya, Aceh tak terpisahkan dari kopi. Selain karena memang masyarakat Aceh sangat gemar kopi, juga karena Aceh merupakan salah satu tempat di Indonesia penghasil kopi terbaik dan juga menghasilkan kopi dalam jumlah yang besar.

Kopi Aceh dikenal sebagai Kopi Gayo. Penamaan yang diberikan karena kopi yang dihasilkan itu berasal dari salah satu daerah di Aceh, yakni Dataran Tinggi Gayo, di Kabupaten Aceh Tengah. Untuk kalangan pencinta kopi, rasa dan aroma kopi Aceh ini sangatlah khas. Memiliki aroma dan juga rasa kopi yang lumayan kompleks, dan kekentalannya pun sangat kuat.

2. Toraja

Toraja adalah sebuah daerah yang berupa dataran tinggi. Letaknya ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Nah kopi yang dihasilkan daerah ini, disebut sesuai dengan tempatnya, yakni Kopi Toraja. Selain Kopi Gayo tadi, Kopi Toraja juga masuk ke dalam salah satu daftar kopi terbaik yang ada di Indonesia. Kopi Toraja disebut juga sebagai Celebes Kalossi.

Untuk para penggemar kopi, Kopi Toraja juga sangat khas, terutama dari sisi aromanya. Di samping juga memiliki tingkat keasamannya yang rendah, jadinya banyak disukai.

3. Bali

Ya, daerah berikutnya yang dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dan terbanyak di Indonesia adalah Bali. Tepatnya ada di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli. Seperti Kopi Gayo dan Kopi Toraja, kopi yang terkenal dari Bali juga dinamai berdasarkan nama tempat penghasilnya, yakni Kopi Kintamani.

Kekhasan Kopi Kintamani ada pada cita rasanya yang segar yang berasal dari asam (citrus). Aroma dan teksturnya juga khas. Dia tidak terlalu pahit dan tidak juga berkesan meninggalkan rasa yang pekat.

4. Lampung

Kamu kenal Kopi Lampung? Ya, kopi ini dihasilkan dari Provinsi Lampung. Salah satu kopi terbaik dan juga diproduksi dalam jumlah yang banyak. Kopi Lampung berjenis kopi robusta. Kekhasannya ada pada teksturnya yang halus. Namun pun begitu, rasanya sangatlah kuat.

5. Sumatera Selatan

Dari semua daerah penghasil kopi di Indonesia, Sumatera Selatan adalah provinsi penghasil kopi terbesar. Lahan kopi di sana, jumlahnya saja ada sekitar 250.305 hektare. Hasil kopinya menyumbang sekitar 26 persen dari produksi total kopi di Indonesia dari berbagai daerah.

Sumatera Selatan terkenal dengan Kopi Gerudag, sebuah kopi dari jenis robusta. Kopi Gerudag ini dihasilkan di daerah Semendo. Yakni sebuah tempat yang menghasilkan kopi di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Yang unik, kopi robusta dari Kopi Gerudag sering kali disambung di bagian pucuknya. Ada kalanya disambung dengan kopi Lampung, dengan kopi Bengko, dan juga kopi Ciari yang asalnya dari daerah Jambi. Ada pun cara perbanyakannya itu dilakukan melalui biji. Asal kamu tahu, Kopi Gerudag ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, lho.

6. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara juga masuk ke dalam salah satu provinsi penghasil kopi terbaik di Indonesia. Yakni Kopi Mandailing. Sebuah kopi, yang oleh masyarakat internasional pencinta kopi disebut sebagai Sumatra Mandheling Coffee.

Kopi Mandailing berjenis kopi Arabika. Kekhasannya ada pada karakternya yang tegas, memberikan sensasi lembut, yang dilengkapi dengan cita rasa yang kompleks.

7. Jawa Timur

kopi lokal indonesia

Kopi yang dihasilkan di tanah Jawa tidak sama dengan kopi yang dihasilkan di tanah Sumatera atau pun Sulawesi. Cita rasanya berbeda dan sensasinya tidak sekuat kopi Sumatera atau Sulawesi. Pun demikian juga dengan kopi Jawa Timur. Bisa dibilang lebih ringan.

Sebagai informasi, Jawa Timur masuk ke dalam jajaran pusat produksi kopi di Jawa. Provinsi ini ada di posisi keenam sebagai provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia. Total lahan kopinya sekitar 90.735 hektare yang meliputi perkebunan negara dan perkebunan rakyat 73.108 hektare.

8. Bengkulu

Daerah terakhir yang masuk ke dalam tempat penghasil kopi terbaik dan terbesar di Indonesia adalah Bengkulu. Kopi yang dihasilkannya berjenis kopi robusta. Walaupun sebenarnya ada juga dari jenis arabika,

Itu dia 8 daerah yang merupakan penghasil kopi terbaik dan terbesar di Indonesia. Bagaimana, kamu penasaran dengan kopi dari daerah-daerah ini? Ayo cicipi langsung di tempatnya. Sensasinya pasti akan berbeda.

Cek aplikasi Traveloka di ponselmu. Cari penawaran terbaik untuk booking tiket dan berbagai akomodasinya. Semuanya bisa didapatkan di Traveloka dengan mudah dan juga murah!

Post a Comment

Previous Post Next Post