Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Film Indonesia 2021-2022 yang Bisa Ditonton di Netflix

Selain membaca buku, menonton film adalah satu hal yang saya—dan mungkin kalian juga—sukai. Meskipun belum bisa disebut penonton film garis keras atau dengan kata lain belum begitu banyak menonton film, tetapi setidaknya saya sudah merasakan beragam manfaat dari menonton film; salah satunya mendapat ide atau pun bahan riset untuk tulisan.

Ngomongin tentang nonton film, saya rasa kita patut merasa terbantu karena beberapa tahun belakangan, platform untuk menonton film sudah terbilang beragam. Dari sederet film yang sudah tayang di bioskop, beberapa di antaranya ada yang sudah bisa ditonton di platform atau aplikasi.

Berbeda dengan situs nonton yang jadi musuh nomor satu para insan perfilman, aplikasi seperti Netflix, Disney + Hotstar, Bioskop Online, dan lain-lain, adalah aplikasi legal dengan ketentuan berlangganan ataupun membayar biaya nonton. 

Jadi, kita memang perlu mengeluarkan biaya untuk nonton ya, Gaes. Ya ... worth it lah dengan hiburan yang akan kita dapatkan setelahnya.

Bahkan, ada juga lho, film-film yang memang khusus tayang di aplikasi tersebut. Nah, untuk film Indonesia tahun 2021 dan paruh pertama tahun 2022, berikut ini adalah beberapa judul film yang bisa kalian tonton di Netflix.

Film Indonesia 2021-2022 yang Bisa Ditonton di Netflix

#1 Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

film indonesia di netflix

Film yang mendapatkan penghargaan Golden leopard—penghargaan tertinggi di Locarno International Film Festival—ini, akhirnya tayang di bioskop tanah air pada 2 Desember 2021. Diangkat dari novel karya Eka Kurniawan--dengan judul yang sama—film ini bercerita tentang kerasnya kehidupan yang dijalani oleh Ajo Kawir dan Iteung.

Dalam sengitnya pertarungan, menguar bumbu-bumbu kisah asmara. Dengan latar tahun 80-an, film ini bukan sekadar mengingatkan masa orde baru, tetapi sekaligus menyindir teori maskulintas ngawur yang dihadirkan melalui tokoh Budi Baik.

Sedikit catatan tambahan, film ini masuk dalam kategori tontonan 18+ ya, Gaes.

#2 Penyalin Cahaya

film indonesia 2021-2022

Film Penyalin Cahaya adalah film yang memborong 12 kategori dalam penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) ini resmi tayang di Netflix pada 13 Januari yang lalu. Banyak yang kecewa karena film ini tidak tayang di bioskop, tetapi hal tersebut tidak mengurangi antusiasme penonton saat film ini akhirnya ditayangkan.

Secara garis besar, film ini mengangkat isu seputar pelecehan seksual di lingkungan kampus; sesuatu yang beberapa waktu yang lalu sempat menajdi isu nasional dan menarik perhatian banyak pihak. Suryani yang diperankan oleh Shenina Cinnamon, menjadi salah satu korban pelecehan seksual di lingkungan kampusnya. 

Mirisnya, karena adanya relasi kuasa, alih-alih mendapat keadilan, Suryani justru menjadi pihak yang dipaksa meminta maaf karena tuduhan pencemaran nama baik.

Sayangnya, antusiasme positif untuk film ini terciderai oleh kabar tentang skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu penulis skenario film ini.

#3 Dear Nathan, Thank You Salma

Meski tidak membaca novelnya, saya akui bahwa saya adalah penonton Dear Nathan. Film yang diangkat dari novel karya Erisca Febriani ini mengangkat tema yang berbeda di setsiap filmnya. Oh, iya semesta Dear Nathan terdiri dari tiga film; Dear Nathan, Dear Nathan Hello Salma, dan Dear Nathan Thank You Salma.

film indonesia di netflix

Dalam film Dear Nathan, Thank You Salma, tema yang diangkat sama seperti film Penyalin Cahaya, yaitu tentang pelecehan seksual di lingkungan kampus denganjeratan relasi kuasa.

Zanna sebagai siswa miskn, dilecehkan oleh mahasiswa berprestasi dan anak dari petinggi kampus. Dalam pengusutan kasus tersebut, ikut disentil bagaimana stigma negatif yang melekat pada korban maupun penyintas pelecehan seksual.

Dibanding Penyalin Cahaya, saya bahkan lebih suka film ini. Cara Indah Permatasari memerankan tokoh Zanna, benar-benar patut diganjar piala penghargaan. Ekspresi kekalutan dan keputusasaannya benar-benar sampai ke hati saya sebagai penonton.

Meski film ini mengandung genre romance, tetapi tidak begitu berlebihan. Yah ... lumayanlah untuk sekalian memantik cara berpikir tentang menjalin hubungan yang sehat dan dewasa.

#4 Ali & Ratu Ratu Queens

Sama seperti Penyalin Cahaya, film Ali dan Ratu-Ratu Queens ini juga hanya tayang di Netflix. Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini menjadi film Indonesia yang juga cukup banyak dibicarakan, bahkan pada tahun 2021 masuk dalam daftar google trends dan menjadi salah satu nominasi film terbaik Piala Citra 2021.

Film ini sendiri bercerita tentang seorang anak laki-laki yang ingin mengejar mimpi sekaligus mencari ibunya di New York. Dalam balutan drama keluarga, film ini siap membuat perasaan penonton jadi ikut terharu dan sedih. Jadi, siapkan tissue saat emnonton, ya, hihihi.

#5 Akhirat A Love Story

film indonesia di netflix

Meski saat tayang di bioskop tidak begitu banyak menarik penonton, tetapi Akhirat A Love Story rasanya tetap bisa dimasukkan ke daftar tontonan. Temanya memang cukup klasik. Tentang kisah cinta beda agama. Namun, dalam film ini, dikemas dengan cara berbeda. Ya, ada unsur fantasi ala dunia arwah gitu, lah. Dari perjalanan dua tokoh utamanya di dunia arwah tersebut, ada pelajaran tentang kehidupan yang sangat bisa untuk direnungkan.

#6 Kadet 1947

film netflix di indonesia kadet 1947

Berbeda dengan lima film sebelumnya, film ini berupa film sejarah, Gaes. Sesuai judulnya, film ini berlatar tahun 1947. Film ini bercerita tentang sekumpulan kadet Angkatan Udara Indonesia yang menjalankan misi rahasia yaitu menyerang pasukan Belanda setelah Perang Dunia II. Sedikit informasi tambahan, kadet berdasarkan pengertiannya di KBBI adalah pelajar sekolah calon perwira; teruna.

Meski alur cerita dalam film ini lebih berfokus pada perjalanan para kadet dibanding unsur sejarah yang menjadi inspirasi film ini, film ini tetap terasa mampu menghadirkan kisah sejarah yang kemungkinan belum banyak diketahui banyak orang.

Drama percintaan dan komedi yang hadir juga menjadi penyeimbang yang membuat film ini terasa ringan meski mengangkat unsur sejarah. Di luar dari efek CGI yang seringkali terasa ... ya gitu deh ... saya rasa tidak ada salahnya untuk memasukkan film ini ke dalam daftar tontonan kalian. Saat awal muncul di Netflix, film ini masuk top ten Indonesia, lho. Cuss, buruan ditonton, Gaes.

Wohoo ... demikianlah enam film Indonesia yang tayang tahun 2021-2022 yang bisa kalian tonton di Netflix. Selain judul di atas, masih ada judul film lainnya tentu saja. Namun, jika saya tuliskan semua, nanti kalian nggak semangat mengeksplor Netflix lagi dong, hihihi.

Dari judul di atas, kalian sudah nonton yang mana aja, nih? Cerita, yuk!

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "6 Film Indonesia 2021-2022 yang Bisa Ditonton di Netflix"