Berbicara soal aplikasi catatan keuangan pribadi, saya jadi melirik suami yang saat ini tengah main handphone di samping saya. Setiap kali menulis tentang keuangan, antara kesal dan senang. Kesal karena meskipun sudah hampir 9 tahun pernikahan, saya merasa suami masih belum bisa transparan pada penghasilan serta pengeluarannya.

Pentingnya Transparansi dan Catatan Keuangan Pribadi dalam Rumah Tangga

Memang sih, setiap bulan saya diberi sekitar 70% dari total gajinya untuk makan dan kebutuhan sehari-hari, pulsa pasca bayar untuk nomor saya sendiri hehe, untuk uang jajan Caca, pokoknya saya yang atur deh. Lalu 30% yang dipegang suami untuk menabung dan juga biaya transportasinya dari rumah ke kantor.

aplikasi catatan keuangan pribadi

Kenapa saya katakan belum transparan? Karena suatu ketika saat suami berhasil naik jabatan, otomatis gajinya naik, tapi dia ngga menceritakannya pada saya. Alasannya katanya surprise.

'Kan surprise, biar nanti tahu-tahu masuk rekening bersama kita. Langsung 10 juta gitu.' katanya sambil tertawa, tanpa merasa bersalah.

Namun beberapa kali saya mergokin suami belanja tamiya, komik-komik langka, memberi hutang pada teman hingga kerabat, sampai-sampai ketika saya membutuhkan uang tanpa harus mengambil dari tabungan, suami mengaku tidak punya uang lagi. Kan kesel ya.

Belanja untuk hobinya sih saya tak masalah jika dia mau memberitahukan sejak awal. Namun untuk masalah hutang piutang sampai saat ini kami masih belum menemukan titik temu.

Salah satunya karena uang yang dipinjamkan oleh suami saya banyak yang tidak kembali. Jika ditanya apakah saya ikhlas? Tentu saja tidak ikhlas. Karena kami pun masih harus banyak menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan pembangunan rumah sebelum Caca berusia 7 tahun nanti. Jadi kalau ada yang berhutang saya selalu senewen, dibayar ngga tuh?

Bagi saya lebih baik sedekah dengan jumlah semampunya sih, daripada harus memberi hutang dalam jumlah besar namun istrinya ngga ikhlas seperti saya. Yah, jadi curhat wkwkw..

Oleh karena itu saya punya ide untuk memberikan pada suami catatan keuangan pribadi. Setiap suami belanja atau mengeluarkan uang entah itu dari dompet maupun rekeningnya, tercatat dengan baik. Sehingga saya dan suami bisa mengatur keuangan lebih baik lagi ke depannya.

Karena kalau ngga ada catatan keuangan pribadi, bisa-bisa gaji suami dan gaji yang saya dapatkan dari penyuluh honorer serta fee yang saya kumpulkan sedikit demi sedikit dari ngeblog akan habis tak berwujud benda maupun properti.

Padahal kebutuhan anak semakin banyak, pendidikan pun semakin mahal.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi PINA

aplikasi perencanaan keuangan

Bertemulah saya dengan aplikasi perencanaan keuangan yang super lengkap seperti PINA.

PINA merupakan aplikasi catatan keuangan pribadi yang dirancang untuk membangun masa depan keuangan investor untuk membantu semua orang mencapai kebebasan finansial. Seluruh tools dan produk dari PINA dapat membantu teman curhat untuk membuat keputusan finansial yang rumit jadi lebih mudah dan relevan.

Tidak hanya sebagai aplikasi budgeting, tapi PINA juga memiliki banyak fitur  Tools investasi online dan saran finansial terpercaya di dalam aplikasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lho.

Selain itu PINA juga mendorong semua orang untuk bisa berinvestasi lebih cerdas untuk menuju ekonomi inklusif di Indonesia. Dimana lagi kita bisa menabung, mencatatnya melalui aplikasi budgeting, sekaligus berinvestasi selain di PINA?

Selain untuk mengatur keuangan rumah tangga, selama menggunakan PINA kemarin saya jadi lebih hemat dan mulai bersemangat untuk menabung lebih banyak lagi. Hehe.. apalagi ada fitur investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan saya. 

aplikasi investasi terpercaya

Mengapa Memilih PINA Sebagai Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi?

Ada beberapa prinsip yang membuat saya memilih PINA sebagai aplikasi perencanaan keuangan saya dan suami demi masa depan.

1. Personalisasi dari PINA

Sebagaimana yang telah ditulis di laman PINA, bahwa uang adalah sesuatu yang sangat personal. Setiap orang tentu memiliki pemasukan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Begitu juga dengan target dan rencana masa depannya.

Masing-masing membutuhkan solusi keuangan yang unik, termasuk kita. Beruntung sekali PINA hadir untuk membantu kita membuat rencana keuangan dan investasi yang dipersonalisasi sesuai dengan toleransi risiko dan gaya investasi kita.

2. Lengkap Namun Sederhana

Menariknya berbagai produk, fitur, dan komunikasi di PINA dibuat dan disampaikan sesederhana mungkin agar dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Sehingga semua orang bisa lebih yakin dalam mengambil berbagai keputusan finansial.

3. Pelan Tapi Lebih Pasti

Tentu teman curhat ingat dong kasus judi berkedok investasi yang sempat menghebohkan Indonesia belakangan ini. Nah, dari kejadian tersebut tentu kita bisa belajar dan menyadari bahwa perjalanan menuju finansial yang stabil itu tidak bisa didapatkan dengan instan.

Perjalanan menuju kebebasan finansial tentu dilakukan dengan perlahan namun lebih kuat, seperti lari maraton. Bukan lari cepat. Bagi PINA yang saya banggakan, spekulasi atau jual-beli impulsif bukanlah cara yang tepat untuk membangun keuangan jangka panjang.

Layanan PINA, Aplikasi Investasi Terpercaya Untuk Kita

Diantara layanan PINA yang bisa kita nikmati dan manfaatkan yaitu : 

1. Save

aplikasi budgeting

Catatan pengeluaran dalam aplikasi catatan keuangan pribadi ini juga sangat membantu saya untuk mengendalikan pengeluaran. Karena pengeluaran kita bisa terhitung otomatis jika dikoneksikan dengan bank yang kita miliki atau Gopay dengan PINA.

Jadi tak perlu lagi mencatat manual berapa pengeluaran hari ini hehe..semua sudah tercatat dengan baik, begitu juga dengan pemasukannya. Apakah masih sehat ataukah sudah dalam batas bahaya?

Oh hari ini udah jajan segini, udah stop dulu. Begitu kira-kira, dan secara psikologis pencatatan keuangan seperti ini ternyata sangat membantu lho!

2. NetWorth

Melalui fitur ini kita bisa melacak dan merencanakan keuangan dengan bijak. Tools ini dapat mencatat seluruh aset yang kita miliki cukup dalam satu aplikasi saja. Selain itu kita juga bisa menggunakannya untuk menghitung aset dan kekayaan bersih, serta mengatur bujet secara otomatis.

Selama ini saya belum pernah menghitung berapa jumlah aset yang saya miliki sampai sedetail ini. Melalui aplikasi PINA, saya jadi tahu jumlah aset tahun ini. Untuk seorang ibu rumah tangga dan juga seorang freelancer yang mencoba untuk berbisnis, ini menjadikan saya lebih tenang dan makin bersemangat untuk menabung.

2. Invest

Melalui fitur ini kita dapat mengembangkan berbagai investasi dan tabungan kita lho. Kita bisa melakukan investasi otomatis tanpa ribet dan mengelola sendiri investasi aktif yang sudah kita jalankan.

Untuk tujuan investasi jangka menengah seperti saya (dalam kurun waktu satu hingga dua tahun ke depan), saya ingin mencapai financial goals berupa pembangunan rumah. Melalui aplikasi PINA, kita akan diarahkan mana model investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Apakah itu pasar uang, reksadana, hingga saham. Semua punya profil risiko masing-masing yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai rekomendasi dari ahli finansial di PINA. Untuk saya yang ingin "mengembangkan" dana dalam satu atau dua tahun ke depan, ternyata investasi konvensional lah yang cocok, seperti pasar uang dan reksadana misalnya.

aplikasi investasi terpercaya

Nampak di sana, berapa yang harus ditabung setiap bulan, berapa persen kita akan mendapatkan keuntungan, dan lain-lain. Semuanya bisa sejelas ini lho perencanaannya.

3. Classroom

Tidak hanya sebagai aplikasi perencanaan keuangan, PINA juga dapat memberikan akses informasi dari ahli keuangan terpercaya kapanpun kita membutuhkannya.

Melalui fitur Classroom kita bisa mendapatkan berbagai info dan tips and trik seputar pengaturan keuangan. Mulai dari cara menabung, mengelola pemasukan dan pengeluaran hingga berinvestasi. 

Apalagi untuk teman-teman yang saat ini ingin berinvestasi nih, penting sekali agar tidak FOMO alias mengikuti tren tanpa tahu ilmunya. Jangan sampai kita mengikuti sesuatu yang kita tidak tahu ilmunya ya. Karena itu akan menjadi boomerang untuk diri sendiri.

aplikasi catatan keuangan rumah tangga

Teman-teman bisa memanfaatkan fitur classroom di aplikasi investasi terpercaya PINA untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya perihal investasi maupun manajemen keuangan dalam keluarga. Semua kelas yang disediakan PINA ini bisa diakses gratis dimana saja dan kapan saja. Jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik.

Sadar Investasi, Jangan FOMO Kalau Ngga Mau Mlongo

FOMO, akronim dari Fear of Missing Out yaitu suatu kondisi dimana seseorang merasakan gelisah atau takut karena merasa tertinggal akibat tidak mengikuti aktivitas tertentu. Atau takut dilihat memiliki kehidupan yang membosankan karena ketinggalan event seru.

Tepat ketika menulis artikel ini, saya sedang diberi nikmat oleh Allah. Nikmat itu sempat membuat tabungan saya goyah karena ada diskon sampai 30% untuk jenis gadget yang saya idamkan sejak lama. Dalam waktu 10 menit saya mengagumi dan sempat berbicara pada suami, meminta izinnya untuk membeli gadget tersebut dengan dalih mumpung diskon.

Namun dalam beberapa menit saya kembali melihat-lihat gadget saya yang masih bagus, masih sekitar 2 tahun lalu saya membelinya dengan perasaan berbunga-bunga. Tidak lecet sedikitpun pula. Saya melihat tabungan, deposito dan terakhir membuka aplikasi catatan keuangan pribadi, PINA.

Saya pun kemudian berpikir, prioritas saya tahun ini adalah untuk pembangunan rumah. Bukan gadget. Kalau gadget tersebut tidak saya beli, insyaAllah saya masih bisa bahagia, saya masih bisa berkarya. Mungkin saya akan sedikit kecewa, tapi saya yakin untuk mendapatkan kebahagiaan lebih besar saya juga harus mengorbankan kebahagiaan lain kan.

Berkat aplikasi PINA saya jadi ingin berinvestasi saja, salah satu langkah cerdas para pengusaha ketika mereka mendapatkan uang. Bukan membeli barang yang nilainya pasti akan jatuh beberapa tahun kemudian, apalagi jika itu bukan prioritas atau kebutuhan mendesak.

Maka di sinilah saya, tidak menggerutu kok, tidak juga menyesali ketika gawai yang saya idamkan tidak akan saya dapatkan tahun ini. Mungkin tahun depan atau tahun depannya lagi. Untuk saat ini yuk pakai yang ada, kedepankan prioritas.

Apalagi sekarang PINA punya program bagus banget apapun tujuan keuangan yang kita inginkan. PINA sebagai aplikasi investasi terpercaya akan memberikan tambahan modal investasi berupa cashback up to 10 juta rupiah! Semua itu diberikan untuk tujuan keuangan di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun. Jika berhasil, PINA akan memberikan cashback untuk kita.

Bagaimana cara mengikuti promo cashback dari PINA?

Promo ini berlaku untuk pembelian produk investasi "PINA Goals : Membeli Rumah Idaman" dengan minimal investasi 2juta rupiah saja setiap bulannya selama holding period.

Berikut beberapa syarat yang bisa teman-teman garisbawahi ya!

  • Apabila kita tidak melakukan investasi selama 6 bulan berturut-turut dan tidak mempertahankan dananya selama 6 bulan itu, maka hadiah akan dinyatakan hangus oleh PINA.
  • Pengguna yang berhak mendapatkan Cashback 10% adalah pengguna yang rutin melakukan investasi setiap bulan dan mengikuti aturan holding period, maka tidak berhak menerima Cashback 10%. 
  • Holding period ini berlaku selama 6 bulan tanpa melakukan penarikan dana investasi sejak pertama kali pengguna melakukan deposit.
  • Promo terbatas untuk 1000 pengguna dan berlaku sampai dengan 31 Desember 2022 (periode ini adalah masa di mana pengguna harus melakukan investasi pertama kali untuk mengikuti promo ini).
  • Promo hanya berlaku untuk satu kali transaksi dan tidak berlaku kelipatan.
  • Promo hanya dapat digabungkan dengan Pay Yourself First Promo.
  • Hadiah promo akan di transfer ke portofolio investor setiap hari Jumat setelah pengguna melakukan investasi pertama kali.
  • Keputusan PINA dalam memberikan hadiah atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Apabila pengguna melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi, maka PINA berhak untuk membatalkan pemenang atas hadiah promo ini.

Bagaimana? Mudah kan? Untuk rencana keuangan masa depan, aplikasi catatan keuangan harian dari PINA ini bagus banget sih. Apalagi ada promo cashback dan saya bisa berlatih untuk tidak memperhatikan "godaan-godaan" di luar sana karena ada holding period.

Sebagai aplikasi catatan keuangan gratis yang dihadirkan oleh PINA, tentu saja teman-teman tidak perlu khawatir atas keamanannya. Karena PINA sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan serta beberapa lisensi yang telah dikantongi oleh aplikasi catatan keuangan online PINA.

aplikasi perencanaan keuangan

Boleh dikatakan PINA sudah menjadi aplikasi catatan keuangan rumah tangga yang juga kami pilih sebagai aplikasi investasi terpercaya untuk masa depan keluarga.

Teman-teman bisa ikut download juga aplikasinya di sini ya :

Aplikasi PINA untuk iOS dan Aplikasi PINA untuk Android 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Referensi : 

pina.id



23 Comments

  1. Wah, saya jg pakai PINA ini mba.. Dan suka dengan fitur save nya.. Bisa mengatur keuangan sehari" jg ya mba.. Ngingetin kita juga nih biar nggak kebanyakan jajanya.. Hehee

    ReplyDelete
  2. Masalah gak transparan antar suami dan istri ini emang jadi momok ya mbak. Salah2 bisa jadi salah paham walau niatnya baik pengin bikin kejutan ternyata.

    Apalagi sekarang ada aplikasi pengelolaan dan pencatatan keuangan. Sekarang anggaran rumah tangga jadi lebih transparan juga deh!

    ReplyDelete
  3. Aku yang hobi nyatat pengeluaran merasa terbantu banget pakai PINA ini. Biasanya aku mencatat di buku tulis tapi jadi ribet juga ngitung sisa budgetnya.

    ReplyDelete
  4. Seru yah kayanya PINA ini. Coba tuh mas suaminya suruh baca tulisan ini, sapa tahu tar kebuka jiwa raga dan hatinya biar lebih transparan wakakaka

    ReplyDelete
  5. Kayaknya PINA ini emang aplikasi yang cocok banget buat aku, secara sering lupa duit mengalir ke mana aja dan hampir selalu tarik ulur dana darurat huhuhu

    ReplyDelete
  6. Hampir mirip dengan kisah saya mbak. Suami mengumpulkan uang dari hasil kerjanya secara diam2 lalu dia kerjasama dengan orang yg tidak saya kenal untuk buka garmen. Dia bilang ingin bikin surprise untuk saya. Tapi ujung2nya orang rersebut lari bawa kabur uang kami...terus terang saya juga tidak ikhlas karena kebutuhan kami juga banyak....ini oentingnya keterbukaan masalah uang dalam keluarga ya mbak, dan perencanaan yang matang serta konsisten untuk masa depan keluarga.

    ReplyDelete
  7. Saya juga pake PINA mbak, sejauh ini untuk mencatat keuangan pribadi dulu. Soalnya kalau keuangan rumah tangga masih dikelolah bersama dengan suami. Sejauh ini aku puas banget, soalnya aplikasi ini lengkap dan mudah sekali digunakan.

    ReplyDelete
  8. Seneng banget baca curhatan mba Jihan tentang suaminya yang kadang suka keblablasan, lucu aja gitu yaa. Saya jadi inget doi yang pengen banget beli motor baru padahal motornya sekarang masih bagus banget. Kadang kalau kita dapat rejeki lebih malah suka takabur pengen ini itu seketika padahal belum dibutuhkan juga. Ini juga sering terjadi sama saya sih, makanya PINA ini kayaknya cocok untuk saya nih untuk invest dana menikah dan membangun rumah setelah menikah.

    ReplyDelete
  9. Aplikasi PINA juga bisa jadi penyelamat keuangan keluarga yang kurang transparan menjadi catatan digital yang rapi. Bahkan ada fitur investasi dan classroom dari ahli finansialnya. Keren.

    ReplyDelete
  10. Wah semoga terwujud yang dicita citakan mbak....sama nih prioritas kami jga rumah. Aku kau diskusi ma suami buat instal PINA ini untuk membuat perencanaan keuangan ebih baik. Semga apa yg kita harapkan terwujud ya mbak

    ReplyDelete
  11. wah ngebantu banget ya aplikasi begini , soal masalah keuangan keluarga memang harus diatur bareng biar transparan tidak terjadi hal-hal yang menghebohkan di kemudian hari hihi

    ReplyDelete
  12. Banyak sekali manfaat dari menggunakan aplikasi PINA ya Mbak. Saya juga sudah coba dan suka dengan semua fiturnya karena bisa menjawab semua kebutuhan finansial saya. Bisa buat atur budgeting, investasi dan nambah ilmu finansial juga. Sangat menarik.

    ReplyDelete
  13. Saya butuh nih donlot aplikasi PINA, mau menata kembali keuangan keluarga, biar ga mudah tergoda sama godaan sale dan promo online shop/e-commerce

    ReplyDelete
  14. Mbak, suamiku juga kayak gitu uangnya ada yg dipake buat hobi, atau ngutang in orang. Tapi so far aq masih oke in aja selama semuanya dibalikin atau hobi ga berlebihan. Memang harus terbuka sih soal keuangan. Apalagi ada tujuan bersama kayak rumah, pendidikan anak, dsb. Alhamdulillah ya udah ada PINA

    ReplyDelete
  15. Keren nih aplikasi.y.. dari dulu suka pake app buat catatan pengeluaran biar lebih terarah. Pas udah nikah masih pake tapi mesti lebih teliti lagi. Btw sy jg senewen klu suami ngutangin orang lain. Pasalnya pas kita lagi butuh, orang yg minjem malah kayak males"an balikinnya. Bikin kesel. Kesel nagih jg

    ReplyDelete
  16. Dengan aplikasi PINA, maka bisa sangat membantu dalam mengelola keuangan.
    Aku sejujurnya jadi salut sama suami kak Jihan.
    Rasa empatinya tinggi sehingga ringan tangan.

    Semoga bersama apps PINA, bisa semakin mantap mengatur keuangan sekaligus berinvestasi untuk rencana keuangan masa depan.

    ReplyDelete
  17. Duh keren banget aplikasi satu ini, jadi nggak bakal tuh bocor di mana2 yaa.. bisa terpantau keuangan keluarga dengan baik.

    ReplyDelete
  18. Baru dengar nih aplikasi catatan keuangan PINA. Banyak fiturnya juga ya Gan?

    Serba guna dan praktis digunakan, apalagi ada fitur untuk Ki bisa Investasi. Tapi cocoknya untuk mereka yang sudah ada penghasilan tetap hehe.

    Terima Kasih Gan.

    ReplyDelete
  19. aku mau unduh ah, kayaknya untuk budgeting lebih simple ya mbak si Pina iini btw, maaf aku salfok sama utang yang nggak balik hahaha

    ReplyDelete
  20. Penting nih hari gini kalo gak ada aplikasi financial planner kayak PINA bisa boncos keuangan rumah tangga.

    ReplyDelete
  21. setelah baca artikelnya diatas, jadi penasaran nih mba pengen nyoba dulu.

    ReplyDelete
  22. Boleh juga nih, terutama bagi yang muda yang baru baru kerja, kadang duitnya keluar entah untuk apa aja 🤣.. Cocok juga buat yang masih single

    ReplyDelete
  23. Kayaknya aku butuh aplikasi itu. Aku orangnya konsumtif banget soalnya wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post