Salah satu kunci sukses bisnis yang saya pelajari dari salah seorang praktisi sekaligus pakar dari dunia digital marketing, Coach Dr.Fahmi adalah harus ada peningkatan sumber daya manusia di dalamnya.

Kalau karyawanmu lima tahun yang lalu dengan sekarang masih memiliki potensi yang sama, masih punya kemampuan yang sama, bisa diartikan bisnismu tidak berkembang. Bisnis yang berkembang adalah bisnis yang mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia karyawannya. Kalau hari ini tidak bisa berbahasa Inggris, maka satu bulan lagi dia harus bisa berbahasa Inggris. Bagaimana caranya?

Inilah yang menjadikan saya terus melakukan upgrade untuk diri sendiri. Kalau sebagai ibu rumah tangga, mahasiswa atau siapapun yang belum bekerja, kita bisa meningkatkan kualitas diri kita dengan membaca, bergaul dan berdiskusi dengan banyak orang, dan masih banyak lagi.

kunci sukses bisnis

Karena kita harus percaya bahwa setiap tempat adalah sekolah, setiap orang adalah guru, setiap buku adalah ilmu. Dengan begitu teman curhat akan menyadari betapa pentingnya meningkatkan kualitas diri itu. Dalam hal bisnis, tentu tidak berbeda jauh dengan ini.

Kunci Sukses Bisnis

Berikut adalah kunci sukses bisnis ala kapancurhat yang didapatkan dari banyak pelatihan bersama para pebisnis handal.

1. Memiliki visi dan misi yang jelas

Pebisnis berbeda dengan pekerja ya. Pebisnis harus punya visi dan misi yang jelas, tidak lagi abstrak atau tidak bisa dipertanggungjawabkan. Visi dan misi yang jelas inilah yang akan membantu menuntun bisnis menuju ke arah yang lebih baik dan lebih berkembang.

2. Pantang Menyerah

Kalau kata guru saya sih, habiskan jatah kegagalanmu. Sehingga tidak ada lagi jatah kegagalan yang tersisa di kemudian hari. Jadi ketika mengalami satu atau dua kali gagal, mental pebisnis harus tidak mudah menyerah.

Kalau semua orang sukses mudah menyerah, Thomas Alfa Edison tidak akan menemukan lampu. Begitu juga dengan bisnis.

3. Berpikir Kreatif, Out of The Box

Salah satu ciri pebisnis handal adalah ia mampu berpikir out of the box. Karena selalu ingin berinovasi dengan produk atau jasanya, biasanya mau ngga mau otak harus bekerja keras untuk memikirkan kreatifitas apa yang selanjutnya akan dibuat.

Begitulah, pebisnis harus mampu berpikir unik, beda, atau bahasa kerennya out of the box.

4. Berprinsip untuk Terus Belajar

Ketika seseorang menganggap bahwa hidup adalah sebuah proses belajar tiada henti maka ia akan terus menerus mencari tahu apa yang menjadi trend di sekitarnya, apa yang harus ia lakukan dengan trend itu, juga termasuk selalu haus akan ilmu untuk meningkatkan kapasitas dirinya.

Jadi punya prinsip untuk terus belajar ini juga harus dimiliki oleh pebisnis. Lebih keren lagi kalau ilmunya ditularkan pada orang lain. Salah satunya jika atasan mengadakan pelatihan. Tentu ia tidak ingin maju atau berkembang sendirian.

Pebisnis yang baik dan bijaksana tentu juga akan memikirkan tentang bagaimana dia harus mengiringi karyawan-karyawannya untuk ikut tumbuh dan berkembang juga.

Semua itu tidak lain karena kita juga butuh sumber daya manusia yang berkualitas untuk meningkatkan mutu serta produktifitas pelayanan atau produk dari bisnis kita.

Pelatihan untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia

Sebuah perusahaan bisa terus bersaing, jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keinginan terus bertumbuh, belajar, dan dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat. Apalagi di era Society 5.0 seperti ini.

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan pengadaan pelatihan, workshop dan yang semisal. Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan mutu dan kualitas karyawan memang harus rutin dilakukan, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan.

Terlebih lagi, persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Untuk dapat  mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya.

Kenapa? Semua itu dilakukan agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya di masa depan. Oleh karena itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan atau menjadi kunci sukses bisnis yang perlu diperhatikan.

Namun, pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan. Tidak diperbolehkannya interaksi secara langsung dan pengetatan untuk  mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendalanya. Padahal, anggaran sudah disiapkan.

Lantas bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan Sumber Daya Manusia?

Pelatihan online adalah jawabannya. Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital.

Kunci Sukses Bisnis dengan Learning Management System

Mungkin teman curhat pernah mendengar Learning Management System (LMS). LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru.

dahsboard ruangkerja

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.

LSM ini menggunakan teknologi mobile learning sehingga pembelajaran yang diterapkan yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Lalu yang menjadi pertanyaan umumnya adalah : apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja lho. Melalui sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

Selain itu juga terdapat fitur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.

Bagaimana jika bosan karena dilaksanakan secara daring? Nah, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, enak dilihat, mudah saat  digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan merasa nyaman saat belajar.

kunci sukses bisnis
setiap peserta akan mendapat sertifikat seperti pada gambar tersebut di atas

Tidak cukup sampai di situ, ada hal menarik pula dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan? 

Apalagi sekarang tuh zamannya kolaborasi bukan kompetisi, jadi ruangkerja sangat menyambut baik iklim pendidikan yang seperti ini.

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan kita para calon pebisnis sukses (aamiin) semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka juga akan dapat sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan kepada para pebisnis juga kita yang aware soal ini untuk melihat solusi bagi pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu :
  1. Ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.
  2. Peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal
  3. Efektif dan efisien untuk digunakan.
  4. Ruangkerja dapat menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan karyawan. Karena ia memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Penjelasannya, subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi inilah saatnya membantu para karyawan kita para pebisnis untuk tumbuh dan berkembang menjadi karyawan yang punya skill yang terus maju dan mampu beradaptasi dengan era Society 5.0. Dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Teman-teman pebisnis dapat memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja. Salah satu kunci sukses bisnis untuk perusahaan karena akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! See you on the top!

Post a Comment

Previous Post Next Post