Bersilaturahmi ke rumah salah satu teman saya saat moment lebaran baru-baru ini, saya dibuat takjub melihat interior rumahnya yang minimalis nan estetis. Warna ruangan dan furniture-nya, sangat menyatu. Belum lagi hiasan dinding akrilik dan partisi ruangannya yang sederhana, tetapi unik.

Saat saya tanya-tanya, teman saya tersebut kemudian bercerita bahwa dua furniture  di ruang tamunya—yang menyita perhatian saya—itu adalah produk yang ia pesan dari seseorang yang membuka jasa usaha mesin laser cutting dan engraving.

Nah, lho. Apa itu mesin laser cutting dan engraving? Di bawah ini akan saya sampaikan pengertiannya, lengkap dengan hasil produksi serta peluang usaha laser cutting dan engraving yang bisa menjadi investasi aman dan menguntungkan.

Pengertian Laser Cutting dan Engraving serta Cara Kerja Mesinnya

Meski dalam banyak proses produksi berjalan berdampingan, pada dasarnya laser cutting dengan engraving memiliki perbedaan. Sesuai dengan namanya, cutting yaitu memotong sedangkan engraving adalah ukiran atau mengukir.

peluang usaha laser cutting

Untuk cara kerjanya, mesin laser cutting dengan keunggulan berupa kemampuan menerima data dari komputer lalu tersambung langsung ke mesin laser adalah mesin dengan teknik laser yang membuat material yang terkena sinar laser bisa terpotong, putus, ataupun terlubangi.

Sementara mesin laser engraving adalah mesin yang memanfaatkan sinar laser dari mesin laser untuk mengikis permukaan material sehingga tulisan atau gambar yang ingin “dicetak” bisa tampak pada material.

Contoh Hasil Produksi

Setelah tahu pengertian dan cara kerja mesinnya, sekarang mari kita lihat beberapa produk yang merupakan hasil dari kinerja mesin laser cutting dan engraving.

Melihat dari kemampuan mesin laser cutting dan engraving yang mampu “melibas” bahan seperti akrilik, kaca, keramik, kayu, baja, dan sebagainya, tidak heran jika mesin tersebut mampu menghasilkan berbagai macam produk yang unik dengan tingkat kerapian dan presisi yang tinggi.

Secara garis besar, mesin laser cutting dan engraving dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produk dalam berbagai bidang, misalnya :

  • industri hiburan dan event: pembuatan merchandise dan souvenir
  • fashion: dalam industri fashion, mesin laser cutting biasa dimanfaatkan untuk pemotongan bahan seperti kain, kulit, ataupun kertas.
  • arsitektur: membantu pembuatan eksterior bangunan, baik itu gedung, toko, ruko, hotel, rumah, kafe, maupun rumah ibadah, dan sebagainya.
  • furniture: lemari, rak buku, hiasan dinding ataupun barang-barang lainnya yang berbahan dasar akrilik.
  • periklanan: salah satunya pembuatan papan reklame.
Gimana? Sangat beragam, bukan? Sudah mulai penasaran pengen tahu harga mesin laser cutting dan engraving? Sabar! Yuk, lanjut baca dulu bagaimana peluang usaha jasa mesin cutting dan engraving!

Usaha Laser Cutting dan Engraving sebagai Peluang Usaha dan Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Jika dilihat geliat perkembangan trend berbagai macam industri, makin ke sini orang-orang makin menaruh minat dan perhatian lebih hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas, termasuk yang berhubungan dengan unsur dekoratif.

Lihat saja bagaimana furniture ataupun arsitektur yang terus menghadirkan berbagai macam produk dengan desain yang bukan cuma unik, tetapi juga kuat sekali unsur kerapian dan detailnya.

Melihat fenomena tersebut sebagai bagian dari hasil kinerja mesin laser cutting dan engraving, tidak berlebihan rasanya jika kehadiran usaha laser cutting dan engraving disebut sebagai peluang usaha sekaligus investasi yang aman dan menguntungkan.

Kok bisa?

Balik lagi, karena makin ke sini, orang-orang makin banyak yang melek kreativitas. Misalnya, tidak sedikit orang yang punya ide-ide out of the box dalam hal desain interior sebuah bangunan maupun ukiran atau motif pada berbagai macam barang-barang furniture.

Akan tetapi, pada kenyataannya, tidak semua orang yang punya ide out of the box, mampu baik dari segi skill, waktu, maupun peralatan, untuk menuntaskan idenya sendiri. Nah, di sini lah orang-orang yang berkreativitas tinggi bisa mengambil peran sebagai pengeksekusi ide yang tentu saja didukung juga dengan peralatan canggih seperti mesin laser cutting dan engraving.

Karena jenis usaha ini termasuk usaha yang akan terus ada dan berkembang, maka ia juga bisa menjadi salah satu sarana investasi yang aman dan menguntungkan.

Untuk urusan produk mesin, ada mesin laser cutting Telson 1390 yang hadir sebagai mesin laser cutting murah dan tentu saja bisa jadi pilihan. Untuk spesifikasi lengkapnya, bisa dicek di laman maxipro.co.id ya, Gaes.

Selamat mencari tahu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post