Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Lancar Bekerja di Tempat Magang

Mempunyai pengalaman kerja tentu menjadi penting, terutama bagi para calon karyawan, baik di perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Mempunyai daftar pengalaman kerja atau magang tentu memerlukan sebuah resume yang menarik, dan kamu bisa klik di sini ya.

Sebuah perusahaan atau instansi tertentu akan memberikan perhatian lebih serta mempertimbangkan sebuah resume atau daftar pengalaman kerja dari calon karyawan magang, untuk memutuskan layak atau tidak diterima magang. Selain itu, beberapa persyaratan juga harus dipenuhi oleh calon karyawan magang, agar berhasil di tempat magang.

tips lancar bekerja

Tips Agar Magang Bisa Berhasil

Status sebagai karyawan magang, tentu harus tetap patuh pada aturan. Beberapa perusahaan atau instansi perkantoran, memberikan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, termasuk oleh karyawan magang.

Agar magang kamu bisa berhasil, ada langkah-langkah yang penting untuk dilakukan antara lain :

1. Membiasakan disiplin diri

Disiplin itu sangat penting dalam segala hal, termasuk disiplin kala menjalani masa magang. Tidak hanya mendisiplinkan diri tentang waktu, tetapi juga disiplin dalam keseharian magang.

Misalnya, ada aturan untuk datang ke tempat magang paling lambat 10 menit sebelum jam bekerja dimulai, tidak menggunakan telepon pintar selama jam kerja, berpakaian sopan dan rapi, dan sebagainya.

Kalau kamu bisa menunjukkan kedisiplinan diri dengan baik, maka pimpinan tempat magang tentu akan memberikan apresiasi yang baik a. Bisa jadi kamu akan mendapatkan penilaian tinggi, bahkan bisa direkrut sebagai karyawan tetap.

2. Berusaha bersikap profesional

Menunjukkan sikap secara profesional, juga berlaku bagi siapapun yang menjadi karyawan magang. Sikap profesional tersebut ditunjukkan, baik secara lisan maupun perilaku yang baik, dan berusaha tidak terjadi benturan kepentingan di tempat magang.

Misalnya di tempat magang ada kerabat, maka kamu harus bisa mengesampingkan hubungan kekerabatan dalam keluarga, dan tidak meminta untuk diistimewakan, apalagi kerabat tersebut mempunyai jabatan penting di tempat magang. Tunjukkan saja kemampuan dalam bekerja, agar orang lain bisa menilai bahwa kamu benar-benar bisa diandalkan.

3. Semangat untuk belajar

Sebagai karyawan magang, bisa jadi pengalaman kamu masih sangat minim, dan tentu saja membutuhkan banyak bimbingan. Untuk itulah, kamu harus menunjukkan sikap dan semangat untuk belajar segala hal.

Hindari sikap sok tahu dan apriori. Tetaplah rendah hati dan banyak belajar di tempat magang, serta gunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Kamu akan menemukan banyak hal menarik di tempat magang, asal bersungguh-sungguh dalam memperoleh pembelajaran.

4. Proaktif dalam keseharian kerja

Sebaiknya sikap proaktif harus kamu tunjukkan dan jangan menunjukkan kepasifan dalam bekerja. Pihak manajemen tentu akan memberikan perhatian lebih saat kamu mempunyai inisiatif dalam tugas sehari-hari. Karyawan magang seharusnya menunjukkan sikap proaktif serta kesungguhan dalam bekerja dan tidak hanya menunggu perintah saja.

5. Menjaga Attitude

Mempunyai kebiasaan dan perilaku yang baik, mutlak diperlukan dalam segala bidang, termasuk di tempat magang. Kamu harus mempunyai attitude yang baik, dalam hal bersikap maupun bertutur kata. Hal ini juga menggambarkan karakter seseorang, serta profesionalisme bekerja.

Keuntungan Menjadi Karyawan Magang

Siapapun yang pernah menjadi karyawan magang, tentu akan mengalami banyak hal berharga, termasuk kamu. Selain itu ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi karyawan magang, antara lain :

1. Mendapat gaji atau bonus yang menarik

Saat menjadi karyawan magang, kamu bisa mendapatkan penghasilan. Mungkin nilainya tidak seberapa, tetapi ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Penghasilan tidak hanya dalam bentuk gaji, tetapi bisa juga berupa bonus, misalnya berupa jalan-jalan keluar negeri.

2. Memperluas jaringan atau networking

Menjadi seorang karyawan magang, akan mendapatkan keuntungan lain berupa jaringan pertemanan yang bisa bertambah. Apalagi bila mempunyai penghasilan sampingan misalnya usaha online, maka bisa memperluas jaringan bisnis yang sudah dijalani. Asalkan bisnis itu dilakukan diluar jam kerja, ya.

3. Mendapatkan pengalaman kerja

Mendapatkan kesempatan untuk bisa magang di tempat yang diinginkan, tentu menjadi sebuah pengalaman berharga. Apalagi bisa magang di sebuah perusahaan besar atau instansi tertentu, yang menjadi harapan banyak orang agar bisa magang di tempat tersebut.

Berbekal pengalaman magang di suatu tempat, bisa menjadi rekomendasi agar kamu bisa bekerja di tempat lain, yang lebih menjanjikan baik secara karir maupun finansial.

4. Mendapatkan kesempatan menjadi karyawan tetap

Beberapa perusahaan memberikan kesempatan bagi karyawan magang untuk direkrut menjadi karyawan tetap mereka. Peluang ini tentu saja bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kamu.

Untuk bisa direkrut menjadi karyawan tetap, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Kamu cukup menunjukkan saja kemampuan terbaik serta tidak membuang kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan atau instansi impian banyak orang.

5. Menjadikan masa transisi ke dunia profesional kerja lebih mudah

Menjadi karyawan magang merupakan jembatan untuk bisa berkarir di dunia kerja sesungguhnya. Tentu saja ini karena kamu telah mempunyai pengalaman bekerja, dibanding orang lain yang belum mempunyai pengalaman bekerja sama sekali.

Berbekal pengalaman magang, apalagi perusahaan tersebut termasuk bonafit, dan kinerjamu dianggap memuaskan, maka kesempatan untuk bisa diterima kerja terbuka lebar.

Itulah beberapa kiat agar bisa sukses menjalani masa magang dan keuntungan bisa menjadi karyawan magang. Semoga tulisan ini bermanfaat.












Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Tips Lancar Bekerja di Tempat Magang"