Kehadiran konsultan lingkungan, tentu akan memudahkan kita dalam menentukan pergerakan strategis sebuah usaha. Hal ini dikarenakan menjaga keseimbangan alam adalah hal penting dalam berdirinya industri tertentu.

Seorang konsultan lingkungan adalah lulusan dari Teknik Lingkungan. Mereka memang secara khusus mempelajari hal-hal yang berkenaan dengan lingkungan, seperti pengelolaan limbah, pengelolaan air, pencegahan produksi limbah hingga hukum lingkungan.

Tentang Konsultan Lingkungan

Mungkin banyak dari teman-teman yang masih asing dengan pekerjaan yang satu ini. Secara sederhana, keberadaan konsultan lingkungan adalah sebagai penyambung lidah antara pemilik usaha dengan pemerintah (termasuk segala peraturan perundang-undangan tentang lingkungan).

konsultan lingkungan

Contohnya seperti ini, ketika sebuah perusahaan bersinggungan dengan perizinan lingkungan yang mewajibkan setiap pelaku usaha wajib mendapatkan izin lingkungan, sebelum kemudian mendapatkan izin pendirian bangunan (PP No. 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan).

Di sinilah seorang konsultan lingkungan dibutuhkan. Konsultan lingkungan ini nantinya akan membantu pembuatan dokumen AMDAL dan atau dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan.

Namun, apakah teman-teman tahu, jika konsultan lingkungan tidak hanya berkaitan dengan urusan lingkungan? Ya, salah satunya adalah mengurusi persoalan tentang keselamatan dan kesehatan kerja.

Menurut PP No. 55 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), menjelaskan jika sebuah perusahaan wajib memberlakukan SMK3 ini untuk jumlah karyawan yang lebih dari 100 orang.

Lalu, apa yang akan dilakukan seorang konsultan lingkungan terkait hal ini? Nah, konsultan lingkungan ini nantinya akan membantu menjelaskan ketentuan apa saja yang ada dalam regulasi tersebut dan membantu menyediakan dokumen yang dibutuhkan untuk ini.

Dokumen yang biasanya dibutuhkan seperti Due Diligence maupun EHS Audit (Environment, Health dan Safety Audit).

Prospek Karir Konsultan Lingkungan Dalam Tingkat Internasional?

Apakah teman-teman tahu, jika World Bank mensyaratkan sebuah perusahaan untuk memenuhi syarat kebijakan lingkungan? Nah, mari kita bahas sedikit tentang hal yang cukup menarik ini.

Tentu kita semua akan sepakat, jika isu lingkungan adalah isu global. Itulah mengapa, baik World Bank ataupun International Finance Corporation juga sekaligus ikut mengkampanyekan hal ini.

Syarat ini berlaku untuk semua pelaku usaha yang berencana mengajukan pinjaman kepada mereka. Pelaku usaha wajib membuktikan jika usahanya telah mengusung konsep lingkungan berkelanjutan. Tentu saja ini kebijakan yang sangat perlu diacungi jempol.

Itulah mengapa, untuk beberapa konsultan lingkungan senior, biasanya juga akan diminta secara langsung oleh perusahaan asing untuk membantu menangani hal ini.

Jika kita lihat, keberadaan konsultan lingkungan ini sangat strategis, baik di dalam ataupun di luar negeri. Itulah mengapa, seorang konsultan bisa saja bekerja untuk beberapa perusahaan sekaligus. Mengingat, tenaga yang spesifik di bidang ini masih terbatas.

Dari penjelasan di atas, berikut ini ada rangkuman manfaat apa saja yang akan kita dapatkan ketika menggunakan seorang konsultan lingkungan.

Manfaat Menggunakan Konsultan Lingkungan

  • Bisa melakukan konsultasi terkait urusan lingkungan dengan fleksibel
  • Membuat analisa dan kalkulasi yang tepat sasaran
  • Bisa tetap fokus pada kegiatan ekonomi perusahaan
  • Perusahaan mampu mengambil peran dalam menjaga keseimbangan lingkungan

Jika kita lihat lagi, bagaimana kebijakan yang diberikan oleh World Bank maupun International Finance Corporation adalah hal yang sangat bijak. Sebab dengan demikian, kita juga akan mengevaluasi kembali program yang tidak bersahabat dengan lingkungan.

Kita juga menyadari, jika urusan yang berkaitan dengan lingkungan ini sangat perlu diselesaikan oleh ahlinya, salah satunya adalah konsultan lingkungan.

Melalui konsultan lingkungan, tidak hanya urusan bisnis yang terselesaikan tapi juga insight tentang pengelolaan dan menjaga lingkungan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Post a Comment

Previous Post Next Post