Apa itu UKM dan seberapa pentingnya bagi ekonomi Indonesia?

UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi tantangan apapun termasuk gempuran pandemi Covid-19. Apa itu UKM hingga keberadaannya layak diperhitungkan dalam kancah perekonomian di negeri kita ini? Itulah sekilas yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Saking pentingnya, pemerintah Indonesia memberi perhatian khusus dengan melakukan pembinaan UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM di tiap Provinsi atau Kabupaten/Kota. Ini membuktikan memang keberadaan UKM sangat vital bagi pertumbuhan ekonomi yang langsung menyasar ke masyarakat.

apa itu UKM

Apa Itu UKM yang Menjadi Tulang Punggung Ekonomi?

Merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 99 tahun 1998 apa itu UKM telah didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Kepanjangan dari UKM adalah Usaha Kecil Menengah. Merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, baik dilakukan perorangan maupun badan usaha. Meski kecil lingkupnya, tapi UKM bukan mmerupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan dari usaha menengah atau usaha besar.

Jumlah UKM mencapai sekitar 52 juta. UKM disebut-sebut sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia dan sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Sebuah usaha masuk kategori UKM ketika memiliki pemasukan maksimal Rp200 juta dan menyerap kurang dari 20 orang pekerja.

Beberapa Contoh UKM

UKM itu apa saja kriterianya? Dalam hal ini, pemerintah membuat klasifikasi usaha untuk membedakan usaha kecil dengan usaha menengah. Tujuannya agar usaha kecil dapat dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. UKM sendiri haruslah dimiliki oleh WNI.

Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 di antaranya adalah usaha yang berdiri sendiri dengan kekayaan bersih paling banyak Rp200 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha. Lalu, memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 1 miliar.

UKM sebagai penggerak utama roda ekonomi sekaligus penyerap tenaga kerja terbesar di Indonesia ini adalah jenis usaha yang paling banyak digeluti pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • UKM kuliner
  • UKM fashion
  • UKM kerajinan tangan
  • UKM pariwisata
  • UKM pertanian dan perkebunan
  • UKM peternakan

Contoh UKM di atas mudah ditemukan di mana-mana, terutama kuliner dan fashion. Pertumbuhannya pun meningkat dari tahun ke tahun. Sektor usaha kerajinan tangan pun tak mau tertinggal dengan semakin kreatifnya dalam produksi maupun pemasarannya. Sektor pariwisata, peternakan, pertanian dan perkebunan yang digarap pelaku UKM pun semakin berkembang juga.

Perlunya UKM Bergabung dengan Komunitas Pelaku Usaha

Menggeluti apa itu UKM, seyogianya teman-teman pelaku usaha membentuk tim kecil berkualitas dan mampu memanfaatkan telnologi baik dalam hal pembukuan, data transaksi, hingga promosi atau strategi pemasarannya. Teknologi yang berkembang semakin memudahkan pelaku usaha termasuk UKM.

Untuk mendapat support dalam menjalankan UKM, teman-teman bisa bergabung dengan komunitas pelaku usaha seperti misalnya Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). KOMPAG hadir sebagai wadah tempat belajar dan menjalankan kolaborasi usaha bersama untuk mengembangkan bisnis, terutama dalam bisnis kuliner.

Teman-teman bisa bergabung dengan lebih dari 92 ribu anggota KOMPAG yang tersebar di 67 kota di Indonesia. Komunitas yang didirikan sejak tahun 2019 ini telah menyelenggarakan lebih dari 90 pelatihan gratis seputar usaha kuliner secara eksklusif untuk anggotanya pada tahun 2020.

Untuk itu, GoFood sudah menyiapkan 100 lebih tema pembekalan untuk anggota KOMPAG dalam membantu mengasah keterampilan berjualan makanan dan minuman secara online terutama di GoFood, media sosial untuk usaha, dan strategi pemasaran yang efektif.

Demikian pembahasan ringkas terkait apa itu UKM yang dianggap sebagai penggerak utama roda ekonomi Indonesia. Semoga perkembangannya bisa memeratakan kesejahteraan bagi masyarakat yang bergelut dalam usaha kecil menengah.

Post a Comment

Previous Post Next Post