Adakah yang sering bertanya-tanya, gimana cara promosi di Instagram? Untuk teman-teman yang aktif di media sosial yang satu ini, pasti nggak asing lagi sama iklan-iklan yang lalu lalang di timeline, kan? Rasa ingin tahu ini, biasanya karena kita ingin mencoba atau sekadar ingin tahu aja gitu.

Nah, ternyata membuat promosi iklan di Instagram ini nggak terlalu susah kok. Namun begitu, bagi sebagian yang awam bahkan tidak mempekerjakan tim secara khusus, rasanya wajah jika kebingungan. Kali ini, kita bagikan tips singkat untuk promosi ini ya. Pastikan untuk membaca dengan teliti ya!

cara promosi di instagram

Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Promosi di Instagram

>> Kelengkapan Data

Untuk langkah pertama, ada baiknya teman-teman memberikan informasi yang lengkap di bagian “Bio” Instagram ya. BIsa disebutkan apa spesialisasi teman, unit usaha yang dimiliki, kontak yang bisa dihubungi dengan mudah atau bahkan alamat.

Teman-teman punya website? Jangan lupa untuk mencantumkannya ya.

>> Perhatikan Akun Instagram

Hindari menggunakan username dengan pengejaan yang susah ya. Sederhana dan jelas jauh lebih terlihat profesional.

Apakah akun teman-teman sudah berubah menjadi akun bisnis? Jika belum, lakukan segera ya. Karena akun bisnis lebih banyak memiliki fitur yang mendukung kemajuan bidang usaha teman-teman. Ini juga jadi hal paling penting kalau ingin memulai instagram marketing.

>> Konsep Konten

Perhatikan konten apa yang akan teman-teman promosikan. Baik bergerak di bidang apa pun, pastikan feed Instagram teman-teman mendukung bisnis ini ya. Jika kuliner, amka tunjukkan menu apa saja yang tersedia, cara memesan, testimoni pelanggan, cara memesan dan yang lain.

Cara Promosi di Instagram

Berikut cara promosi di instagram yang bisa teman curhat lakukan :

● Buka profil

● Pilih postingan yang akan kita promosikan

● Pilih “promosikan” atau “boost post”

● Selanjutnya, pilih “goal” atau sasaran yang ingin dituju. Apakah kunjungan ke profil lebih banyak, meningkatkan view website atau pesan.

● Lalu ada audience. Siapa yang menjadi target promosi kita di Instagram?

● Budget. Pada bagian ini, teman teman bisa memilih biaya minimal untuk iklan per hari. Lalu durasi lamanya iklan ditayangkan, pilihannya mulai dari sehari sampai 30 hari.

● Setelah itu, teman-teman akan diberikan ringkasan data-data keperluan promosi seperti yang sebelumnya sudah kita isi.

● Kemudian, akan ada informasi terkait lokasi pembayaran

● Metode pembayaran. Teman-teman bisa melengkapi data-data pribadi terkait sistem pembayaran ini.

● Apakah akun Instagram sudah terhubung dengan halaman Facebook? Jika belum, tidak ada salahnya membuatnya terlebih dahulu ya. Karena biasanya, Instagram meminta akses untuk menghubungkan kedua akun tersebut.

Jika sudah melengkapi semua data dan syarat-syaratnya, teman-teman hanya butuh menunggu beberapa waktu untuk validasi promosinya.

Adakah pilihan lain untuk cara promosi di Instagram? Tentu saja ada, teman-teman tidak perlu khawatir ya. Jika memang kita tidak memiliki budget untuk menggunakan promosi berbayar, masih ada cara gratis yang bisa kita lakukan, kok! Cek penjelasan berikut ini ya.

5 Cara Promosi di Instagram Gratis!

● Gunakan sebanyak-banyaknya tagar yang sesuai dengan konten atau bidang usaha teman-teman.

● Rajin unggah story, karena ini juga menunjukkan eksistensi kita.

● Mintalah bantuan endorsement dari orang terdekat, jika dirasa tidak mampu membayar influencer.

● Berikan diskon dengan syarat dan di waktu tertentu.

● Rajin melakukan promosi di berbagai media sosial.

Cara promosi di Instagram memang perlu waktu untuk memahaminya, terlebih jika menggunakan promosi berbayar. Mengingat hasil yang lumayan menjanjikan, teman-teman perlu memahami seluk beluk transaksinya.

Untuk para pegiat usaha, rasanya memahami hal ini cukup penting ya. Mengingat penggunaan media sosial ini yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jika keberatan dengan promosi berbayar, silakan coba dengan yang gratisan.

Salah satu promosi berbayar yang bisa teman-teman lakukan adalah melalui mediakomen.com, tentu dengan tujuan agar engagement rate kita naik. Sehingga akan ada banyak kesempatan untuk selalu tampil di timeline follower kita.

Baik memilih cara promosi di Instagram dengan berbayar atau gratisan, hal penting lainnya adalah konsisten dengan produk yang kita promosikan. Karena para pengunjung biasanya juga akan memperhatikan ini sebagai portofolio akun kita.

Semoga cara di atas membantu bidang usaha teman-teman ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post