Untuk orang yang memiliki mobil kunci tertinggal di dalam mobil merupakan hal yang biasa. Anda pasti bingung mencari cara membuka pintu mobil yang terkunci.

Seringkali pintu mobil yang terkunci membuat orang terpaksa harus membobolnya sendiri atau memanfaatkan aplikasi bengkel mobil. Jika dalam situasi tersebut tidak perlu panik, Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Untuk membuka pintu mobil yang terkunci biasanya seseorang akan memanggil tukang kunci, membawa ke bengkel mobil terdekat, atau memecahkan kaca. Tetapi cara ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Simak cara berikut ini, Anda bisa melakukannya sendiri apalagi alatnya sudah tersedia di rumah.

cara membuka pintu mobil yang terkunci

Menggunakan Penggaris

Pastinya di rumah Anda mempunyai penggaris, Anda bisa memanfaatkan penggaris untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Sebaiknya penggaris yang digunakan dengan bahan material besi karena jauh lebih kuat.

Cara penggunaannya anda hanya perlu menyelipkan penggaris melalui karet pada kaca mobil. Anda tidak perlu risau, sebab karet pada mobil tersebut mudah untuk dibongkar serta dipasang kembali.

Jika sudah berhasil memasukkan penggaris ke dalam celah, selanjutnya dorong penggaris hingga ke dalam agar terasa ada bagian panel kunci. Geser dan rasakan titik panel dengan melihat pergerakan pada bagian tersebut.

Selanjutnya tekan handle atau pegangan pintu guna menemukan bagian yang saat ditekan penggaris akan naik turun layaknya pegas. Tekan pada bagian tersebut sambil menari handle pintu mobil. Lakukan cara ini berkelanjutan hingga berhasil.

Menggunakan Tali

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan menggunakan tali sangat mudah. Anda hanya perlu tali yang kuat dan tidak mudah putus. Anda bisa menggunakan tali sepatu lalu buat simpul kecil yang ketat.

Masukkan tali melalui celah kecil pada bagian pinggir pintu geser hingga mencapai bagian dalam. Lalu letakkan simpul ke kunci mobil dan tarik secara perlahan, pastikan Anda melakukannya secara hati-hati.

Tangkai Besi

Tangkai besi dengan ukuran panjang bisa digunakan untuk mendorong tombol kunci. Cara penggunaannya hampir sama seperti menggunakan penggaris. Anda bisa memasukkan tangkai pada celah pintu, setelah itu rasakan dan tekan tombol kunci pintu otomatis.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Gantungan Baju

Gantungan baju ternyata bisa menjadi salah satu cara membuka pintu mobil yang terkunci. Jika disekitar Anda terdapat gantungan baju aluminium, benda tersebut bisa dimanfaatkan. Caranya sangat mudah dengan menggunakan gantungan baju sangat cocok untuk mobil kunci manual.

Langkah pertama luruskan gantungan baju kalau buat lekukan pada salah satu ujungnya. Nantinya lekukan tersebut berfungsi untuk pengait. Tekuk sekitar 3 hingga 5 cm. Selanjutnya masukkan pada celah pintu dan karet. Dorong gantungan baju hingga beberapa cm sampai Anda bisa merasakan ujung pengait masuk melalui jendela.

Posisi pengait perlu dibalik mengarah ke dalam mobil, karena pengait tersebut bertujuan untuk menangkap tuas kunci. Mungkin posisi tuas berbeda-beda tetapi umumnya berada di belakang lubang kunci.

Setelah pengait menangkap tuas maka cobalah Untuk menarik tuas ke atas hingga pintu terbuka. Anda bisa mencobanya beberapa kali hingga berhasil.

Menggunakan obeng

Menggunakan Bola Tenis

Cara membuka pintu mobil yang terkunci bisa menggunakan bola tenis. Langkah pertama sebelum membuka lubangi bola tenis terlebih dahulu menggunakan obeng atau benda lain. Dimensi lubang tidak perlu terlalu lebar yang penting cukup dalam.

Jika bola sudah berlubang arahkan ke depan lubang kunci pintu lalu tekan dengan sekuat tenaga. Udara yang terdapat pada bola tenis diharapkan bisa menekan lubang pintu. Lakukan cara ini terus-menerus hingga pintu terbuka.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Bisa dibilang cara ini seperti mencongkel pintu mobil. Dengan cara membuka ruang pada dalam kunci mobil lalu masukan alat pencungkil tersebut. Selanjutnya Anda bisa mendorong pencungkil mobil agar kunci bisa tertarik dari dalam.

Tidak hanya mengetahui cara membuka pintu mobil yang terkunci sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab pintu terkunci. Ternyata faktor yang membuat mobil terkunci, tidak hanya masalah kunci yang tertinggal saja. Berikut ini penyebab dari mobil terkunci.

Motor Penggerak Mobil Berkarat

Jika motor penggerak kurang terawat atau usianya sudah lama bisa menjadikan berkarat dan seret. Jadi pintu mobil susah untuk dibuka bahkan sangat fatal terkunci. Cara mengatasi motor penggerak berkarat tidak luput dari perawatan.

Kondisi ini bisa lebih Anda perhatikan dengan melakukan pengecekan secara rutin. Lakukan perawatan beberapa bulan sekali untuk mengecek komponen mobil.

Pintu Mobil Terkena Benturan atau Penyok

Penyebab selanjutnya kemungkinan lantaran pintu mobil berbenturan yang cukup kuat jadi membuat komponen pintu rusak. Misalnya pada handle pintu yang rusak serta perubahan posisi gigi penggerak.

Kotoran Menumpuk dan Menyumbat Handle Mobil

Kotoran ini sering membuat handle pintu menjadi seret. Terlebih saat kotoran terkontaminasi dengan udara akhirnya membuat handle pintu berkarat. Hal ini membuat pintu yang tertutup sulit untuk dibuka. Sebaiknya handle mobil dibersihkan secara rutin agar masalah tersebut tidak terjadi.

Cara membuka pintu mobil yang terkunci tanpa membawanya ke bengkel mobil terdekat sangat mudah. Karena bahan yang digunakan untuk mengatasinya juga tersedia di rumah.







Post a Comment

Previous Post Next Post