Menyadari betapa pentingnya asuransi kesehatan bagi saya mungkin sedikit terlambat ya. Karena kesadaran itu baru ada ketika menginjak usia 30 tahunan. Dua tahun lalu saya baru menyadari betapa pentingnya asuransi kesehatan ini.

Apalagi setelah pandemi, kondisi serba tak pasti. Kesehatan menjadi hal penting dan jadi hal pertama yang dipertimbangkan oleh semua orang. Sehingga menyisihkan sebagian pendapatan untuk asuransi kesehatan memang sepenting itu.

asuransi kesehatan terbaik

Ada banyak orang yang siap menggantikan berapapun uangnya demi kesehatan. Ada orangtua yang siap merelakan apapun yang dimilikinya asal keluarganya sehat semua. Ya, sepenting itulah kesehatan bagi kita, makhluk yang bernyawa.

Menyadari Pentingnya Asuransi Kesehatan

Tahun 2021 lalu menjadi salah satu tahun terburuk dalam hidup saya. Selain karena suami saya terkonfirmasi positif Covid-19, beliau juga harus dirawat di Rumah Sakit selama beberapa pekan.

Saya yang selama ini tidak pernah jauh dari suami, akhirnya ikut down karena suami harus berjuang sendirian di Rumah Sakit untuk melawan virus tersebut. Kurang lebih tiga minggu beliau dirawat di Rumah Sakit.

Beruntung sekali suami punya asuransi kesehatan. Sehingga untuk urusan biaya pengobatan pun kami akhirnya tidak perlu khawatir lagi. Pada saat titik tersebut lah saya menyadari bahwa asuransi kesehatan yang kami miliki banyak sekali manfaatnya. Bayangkan jika saat itu kami tidak memiliki asuransi kesehatan.

Alasan Pentingnya Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Berikut beberapa alasan mengapa kita perlu menyisihkan dana untuk asuransi kesehatan yang dilansir dari magforwoman.

1. Biaya pengobatan

Alasan nomor wahid pentingnya memiliki asuransi kesehatan adalah tentang biaya pengobatan. Dalam keadaan darurat, asuransi akan menanggung semua atau mungkin sebagian dari biaya medis. Banyak rumah sakit kini menawarkan fasilitas cashless dengan asuransi kesehatan.

Jadi, tidak perlu khawatir tentang keadaan darurat kesehatan yang tidak terduga di masa mendatang. Ini akan melindungi diri kita dengan baik. Terlebih di tengah pandemi seperti ini, dimana kondisi kesehatan menjadi prioritas utama bagi saya.

2. Melindungi diri dari utang medis

Memiliki asuransi kesehatan juga melindungi diri kita dari utang medis. Bagaimana jika ada keadaan darurat medis dan kita tidak memiliki cukup uang untuk membayar di rumah sakit? Dalam hal ini, asuransi kesehatan dapat membebaskan orang dari masalah. Jika membayar premi tepat waktu, maka itu akan menutupi semua tagihan ketika harus rawat inap.

3. Terjangkau

Asuransi kesehatan cukup terjangkau dan hampir semua orang dapat merasakan manfaatnya. Dahulu orang-orang khawatir karena tarif premium. Tapi, sekarang bukan itu masalahnya.

Perlindungan asuransi terjangkau dengan premi rendah setiap bulan atau tahunan. Belum lagi dengan ketentuan pembayaran asuransi kesehatan yang saat ini menjadi lebih transparan dan fleksibel.

Jika memiliki perlindungan asuransi kesehatan, maka kita dapat memilih dari jaringan dokter dan rumah sakit terbaik. Karena perusahaan asuransi memiliki hubungan langsung dengan rumah sakit, ada fleksibilitas dalam memilih dari opsi yang tersedia. Jadi, dalam keadaan darurat medis, kita akan dibimbing bersama dengan layanan terbaik yang tersedia.

4. Kedamaian pikiran sepenuhnya

Seperti kejadian yang saya alami saat pandemi tahun 2021 lalu. Beruntung sekali ketika suami berada di Rumah Sakit saya tidak lagi memikirkan biaya rawat inap hingga pengobatan yang membengkak.

Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa memiliki perlindungan atau polis asuransi kesehatan akan memberi ketenangan pikiran. Hidup penuh ketidakpastian bukan? Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok. 

Jika memiliki perlindungan asuransi kesehatan, tentu kita akan merasa lebih aman dan terlindungi. Jika terjadi keadaan darurat medis atau tagihan rumah sakit yang tinggi, akan ada kebijakan untuk mengurus semua kebutuhan tersebut.

5. Tidak terlibat utang

Melalui perlindungan asuransi kesehatan, tidak akan ada utang tambahan yang terlibat. Jika tidak memiliki asuransi kesehatan dan ada situasi darurat, kita harus mengeluarkan banyak uang untuk membayar tagihan rumah sakit. Ingat kan dengan pengalaman saya di atas? Puluhan juta harus dibayarkan, sedangkan saat itu saya tidak punya asuransi.

Kita tahu tagihan rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak murah. Jadi, perlindungan asuransi kesehatan akan melindungi dengan aman. Aman dari utang tambahan yang juga akan berdampak pada keuangan pribadi.

asuransi lifepal

Oleh karena itu pilihlah asuransi kesehatan terbaik ya. Teman-teman bisa memilih asuransi kesehatan terbaik melalui Lifepal. Salah satu pilihan asuransi kesehatan yang sangat direkomendasikan yakni asuransi astra yang sudah malang melintang melindungi keluarga dan kita semua dari risiko keuangan yang dapat kapan saja terjadi pada kita.

Lifepal sendiri adalah perusahaan online marketplace asuransi di Indonesia, dapat membantu nasabah membandingkan dan beli polis asuransi secara online. Melalui situs resmi Lifepal.co.id, teman-teman bisa dengan mudah memilih dan membeli produk asuransi secara transparan, sesuai kebutuhan dengan premi bersahabat.

Lifepal telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan asuransi di Indonesia untuk menghadirkan pilihan produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa (termasuk bisa digunakan untuk asuransi pendidikan), asuransi motor, dan asuransi mobil terbaik serta asuransi syariah. Adapun polis yang tersedia mencakup plan individu, keluarga, dan perusahaan.

Beli asuransi online menjadi pilihan praktis yang dapat memudahkan teman-teman dalam melindungi diri dan keluarga secara finansial. Sebab, situs asuransi online Lifepal ini memungkinkan nasabahnya untuk mengukur kebutuhan dan anggaran, dengan cara membandingkan 500+ pilihan polis dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Cukup gunakan smartphone, nasabah dapat daftar asuransi online kapan saja, bahkan dari rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Jika ada teman-teman yang pernah punya pengalaman atau memiliki asuransi kesehatan terbaik, boleh bagikan pengalamannya yuk di kolom komentar :)

15 Comments

  1. Memilih asuransi Lifepal sebagai proteksi keluarga dan diri menjadi penting

    ReplyDelete
  2. Asuransi kesehatan sudah jadi hal yang penting ya mbak, setidaknya kalo sedang sakit udah nggak perlu pusing memikirkan biaya. Dan Lifepal ini bisa jadi solusi buat proteksi diri

    ReplyDelete
  3. Saya merasa asuransi kesehatan itu penting memang. Jujur saya masih khawatir dengan preminya, tapi setelah baca tulisan ini saya mencoba meyakinkan untuk mencari sekaligus ambil asuransi kesehatan terbaik. Makasih kakak

    ReplyDelete
  4. Betul banget kak. Asuransi kesehatan memang jangka panjang. Jadi harus dipersiapkan dari sekarang ya.

    ReplyDelete
  5. Halo mb Han...hihi...sama-sama Han. Iya, bener deh, dengan ikut asuransi kesehatan semoga terhindar dari hutang akibat biaya-biaya perawatan karena sakit yah...

    ReplyDelete
  6. Dari banyaknya jenis asuransi, buatku asuransi kesehatan ini harga mati sih kak. Kudu wajib punya terlepas dari berapa besar penghasilan bulanan. Usahakan punya deh, soalnya benefitnya banyak

    ReplyDelete
  7. Sepakat, bahwa biaya rumah sakit/berobat sering lebih besar daripada biaya asuransi. Inilah yang harus kita cerdasi..

    ReplyDelete
  8. Wah seneng yah mba, kemaren saya juga direkomenin temen tentang lifepal ini. Sungguh beruntung rasanya.

    ReplyDelete
  9. iya sepakat, dulu di kampung asal saya, banyak yang tadinya bisa dibilang orang kaya, lalu jatuh miskin karena hartanya habis digunakan untuk biaya pengobatan salah satu anggota keluarga yang sakit. Bahkan masih punya hutang pula. Kalau sudah melihat kenyataan seperti ini, jadi makin sadar pentingnya punya asuransi kesehatan

    ReplyDelete
  10. Nah biasanya klo cari produk finansial or aplikasi asuransi gini bisa pake lifepal biar bisa bandingin juga keunggulan setiap produk

    ReplyDelete
  11. Penting banget ternyata punya asuransi kesehatan. Karena kita nggak tahu kedepannya kayak gimana ya kak. Semoga sehat selalu kak, agar tidak pergi ke Rumah sakit

    ReplyDelete
  12. Asuransi kesehatan baru dirasa penting ketika jatuh sakit dan mesti mengeluarkan dana lain-lain yang sama pentingnya. Padahal kalau sejak awal nyicil bayar premi, rasanya tak akan semenyesal itu.

    ReplyDelete
  13. Mbak Jihan, aku juga kepikiran deh kalau sudah BPJS tetap perlu asuransi sepertinya ya?

    ReplyDelete
  14. Sejauh ini baru punya asuransi BPJS aja sih, dan mungkin bagus juga ya kalau punya asuransi kesehatan lainnya biar bisa lebih mengcover penyakit yang tak terduga lainnya

    ReplyDelete
  15. hidup makin tenang dengan asuransi ya mba, bisa rencanain tujuan keuangan lebih matanggg dehhh kedepannyaaaaaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post