Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Manfaat Asuransi Untuk Masa Depanmu yuk!

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kejadian tak terduga kadang menimpa tanpa permisi. Asuransi adalah salah satu usaha yang bisa teman-teman lakukan untuk meminimalisir risiko kerugian atas kejadian yang menimpa tanpa diduga tersebut. Harapannya, fungsi asuransi ini akan mengurangi beban yang teman-teman ketika terjadi risiko hidup.

Masyarakat umum banyak yang belum memahami betul akan apa asuransi dan betapa pentingnya ia untuk menunjang kehidupan. Edukasi terkait asuransi ini masih perlu terus diadakan. Anggapan bahwa asuransi hanya untuk masyarakat menengah ke atas juga membuat orang awam enggan berkenalan dengan manfaat asuransi.

manfaat asuransi

Oleh karena itu, yuk kita bahas lebih lengkap apa sih sebenarnya asuransi itu dan seberapa penting fungsi asuransi untuk financial planning kita.

Manfaat Asuransi

Asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi sebagai penanggung dan pemegang polis sebagai yang tertanggung. Penanggung dikenai kewajiban mengganti atas risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan, yang bisa terjadi akibat peristiwa tak terduga. Untuk mendapatkan hal tersebut, pihak tertanggung memiliki kewajiban membayar iuran/konttribusi/premi.

Dari pengertian asuransi di atas, maka teman-teman bisa menyimpulkan beberapa manfaat dari asuransi. Di antaranya adalah memberikan rasa aman dan perlindungan. Dengan prolis asuransi, pihak tertanggung bisa menghindari kemungkinan risiko kerugian finansial di kemudian hari karena objek yang diasuransikan dijamin oleh pihak penanggung atau perusahaan asuransi.

Dengan adanya pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil oleh perusahaan asuransi, semakin besar kemungkinan risiko maka semakin besar pula premi pertanggungannya. Manfaat yang sangat terasa bagi tertanggung di kala terjadi peristiwa yang tak diharapkan.

Untuk asuransi jenis tertentu, bisa menjadi sarana menabung juga lho. Uang yang diasuransikan memiliki nilai tunai yang dapat diambil. Ada juga produk unit link, yakni asuransi yang sengaja digabung dengan investasi.

Bagi teman-teman yang memiliki usaha dan mengasuransikannya, maka bisa jadi investasi besar lantaran risikonya dapat ditutup oleh perusahaan asuransi. Hidup akan makin tenang dengan adanya jaminan akan risiko di masa mendatang.

Lho? Emang bisa ya asuransi digabungkan dengan investasi? Bisa dong!
asuransi sekaligus investasi

Produk Asuransi Unit Link Prudential

Unit link adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi. Dalam satu polis, terdapat dua manfaat sekaligus yang bisa diperoleh, yaitu manfaat perlindungan (proteksi) serta manfaat investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Proteksi dan investasi merupakan dua hal wajib dalam perencanaan keuangan Meskipun keduanya memiliki tingkat prioritas yang berbeda. Proteksi melindungi dari sejumlah risiko yang ada, sedangkan investasi diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan, misalnya dana pendidikan dan dana pensiun.

Prudential sebagai pemimpin pasar produk asuransi menjawab itu dengan meluncurkan produk asuransi unit link sejak 1999. Dengan manfaat ganda unit link maka nasabah tak perlu pusing mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.

Produk asuransi unit link menawarkan lebih banyak pilihan investasi dengan potensi return yang bervariasi, dari rendah sampai tinggi. Memiliki banyak instrumen, seperti saham, obligasi, campuran dan pasar uang. Dengan demikian, wajarlah produk unit link jauh lebih menarik karena return yang ditawarkan jauh di atas tabungan atau deposito.

Produk unit link tercatat sebagai produk asuransi paling fenomenal pertumbuhannya karena manfaat yang lebih baik. Sebagai catatatan saja, dalam 10 tahun terakhir, produk unit link telah tumbuh 10 ribu persen. Kemudahan yang ditawarkan dengan pembayaran satu premi sudah mendapat fungsi proteksi dan investasi. Kemudahan juga dalam proses pembayaran yang bisa melalui transfer ATM, auto-debit, dan kartu kredit.

Teman-teman bisa mendapatkan manfaat ganda itu melalui produk unit link dari Prudential. Sekali dayung dua pulau dapat dilalui. Kebutuhan akan proteksi digabung dengan investasi. Asuransi memberikan kenyamanan dan keamanan, sekaligus tabungan untuk masa depan.

Aman ngga sih? Tentu itu juga menjadi pertanyaan teman-teman ketika memilih produk asuransi. Tenang! Prudential memiliki nilai RBC (Risk Based Capital) hingga 1000% lho! Angka yang jauh dari ketetapan OJK untuk sebuah perusahaan asuransi. Jadi tidak perlu khawatir perusahaan collaps atau “lari” karena 1000% adalah angka yang cukup aman bagi sebuah perusahaan ketika banyak orang mengklaim dana investasi atau asuransinya secara bersamaan.


Referensi :

Kompas.com
Prudential.co.id

 

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for " Ketahui Manfaat Asuransi Untuk Masa Depanmu yuk!"