Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Jalankan Bisnis Coffee Shop Lewat Game Yuk!

Punya coffee shop sendiri rasanya jadi impian yang selama ini saya inginkan sejak masih SMA. Mengelola kedai kopi menjadi wish list yang ingin saya wujudkan sebelum memasuki usia pensiun nanti. Sepertinya menyenangkan melayani orang-orang di balik mesin kopi dan dapur. Memberi suntikan semangat dan energi untuk memulai hari.

Tapi, sebelum punya bisnis coffe shop sendiri, saya menemukan salah satu game yang bisa dimainkan lho. Iya, game bisnis buka coffe shop wkwkwk. Tidak hanya bermain untuk "melayani" tapi juga mengatur strategi, mengatur keuangan, modal, dan juga menangkap keberuntungan.

Serunya Belajar Strategi Bisnis Lewat Game

Pernah terbayang tidak bagaimana sebuah game bisa menjadi sarana belajar? Sarana belajar untuk "melayani customer", mengembangkan produk, melihat peluang dengan memperhatikan faktor eksternal, hingga "meraup keuntungan".

Tidak hanya mempelajari cara untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan customer, tapi dalam game ini saya juga belajar tentang faktor eksternal yang tidak banyak kita perhitungkan sebelumnya sebagai pebisnis. 

Nama gamenya adalah Restaurant Simulation Games yang berada di sini guys: https://www.mortgagecalculator.org/money-games/

Cek deh bagaimana permainan simulasi restaurant ini bisa memberikan pengalaman menyenangkan bermain games untuk melepas penat dari keseharian yang membosankan. Atau bahkan untuk belajar menjalankan bisnis. Karena saya pun mendapatkan sudut pandang baru dari game ini.

belajar jalankan bisnis

Setelah memikirkan esok hari mau jual berapa, lebih banyak kopi atau susu di cuaca yang dingin, dan pertimbangan lain. Jangan lupa untuk setting harga yaa. Harganya bisa teman-teman atur juga ketika permainan sudah dimulai nanti.

Jangan lupa sesuaikan apakah harga jual yang telah ditetapkan bisa "balik modal" atau tidak. Kalau tidak, pikirkan hal lain apa yang bisa teman-teman lakukan untuk menaikkan reputasi restauran atau kedai kopi (lebih mirip kedai kopi sih menurut saya).

Sudah selesai? Belum dong, segera klik "start the day" dan game pun akan dimulai.

Dalam Game pun Saya Belajar Penerapan Marketing Untuk Menaikkan Reputasi Bisnis

belajar jalankan bisnis

Ternyata menjalankan bisnis tidak semudah "berjualan", mengambil keuntungan, lalu sudah selesai. Tapi dalam game ini saya jadi punya sudut pandang lain tentang bagaimana membangun sebuah reputasi. Atau kalau dalam bahasa bisnis namanya branding. 

Jadi dalam game ini kita juga diajak untuk berpikir bagaimana membuat branding sebuah produk. Bagaimana branding itu dibangun?

Dalam game ini saya belajar bahwa branding tidak bisa dibangun dalam waktu singkat (dalam hal ini satu kali putaran game saja misalnya), namun dibangun dalam kurun waktu yang tidak singkat. Syukur kalau bisa sebentar, pasti ada saja faktor ekstenal yang muncul dan memengaruhi branding yang sedang kita bangun.

game simulasi


Selain itu, dalam melakukan branding dalam game ini saya juga belajar untuk menjaga kepercayaan konsumen dengan cara menjaga kualitas rasa (di sini perbandingan kopi, susu, dan gula juga ternyata harus pas). Lalu melakukan teknik promosi yang unik serta menurunkan atau menaikkan harga di waktu yang tepat. 

Intinya sih bisnis itu ngga mudah kawan! Dalam game simulasi ini saja susahnya minta ampun untuk bisa mencapai keuntungan maksimal dan tidak rugi setiap harinya. Namun namanya hidup, harus ada tantangan bukan? 

Jadi untuk teman-teman yang memang suka dengan tantangan, wajib deh cobain bermain game dalam https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ ini. Tidak hanya game simulasi mengelola restoran atau coffe shop seperti ini tentu saja. Ada juga game Matematika yang cocok dimainkan baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Selain itu ada juga game tentang pengelolaan real estate. Wah lengkap deh! 

Mau coba? Ngga butuh storage atau space di device teman-teman kok, cukup klik link yang sudah saya lampirkan di atas dan mulai bermain! Jangan lupa mengambil timer dan memberi batasan waktu untuk diri sendiri ya. Karena kalau ngga, saya tidak akan menjamin teman-teman bisa lupa waktu hehehe..

Selamat bermain!




Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

24 comments for "Belajar Jalankan Bisnis Coffee Shop Lewat Game Yuk!"

  1. Game Coffee Shop ini menang tidak semudah kelihatannya ya mbak... Perlu skill mengelola stock yang bagus dan mencapai target keuntungan setiap hari. Pokoknya menantang.

    ReplyDelete
  2. Seru ya kak main di Mortgage money game ini.
    Soalnya semua game bikin ketagihan. Apalagi ada edukasinya. Saya suka main mesin kasir.
    Anak-anak juga bagus dikasih game ini.

    ReplyDelete
  3. Wah iya ya ga cuma main game yang menyenangkan dan jadi hiburan tapi bisa sekalian belajar menjalankan bisnis di Restaurant Simulation Games mortgagecalculator org ini. Ada ide-ide baru bisa diterapkan buat buka usaha suatu hari nanti

    ReplyDelete
  4. Wahhh bener-bener game management ya...
    Harus teliti biar gak rugi.
    Jadi kayak mengelola usaha sendiri.
    Keyeennn,...

    ReplyDelete
  5. Wah, terniat banget ini pengembang gamesnya, bikin Restaurant Simulation Games. Hahahaha. Pasti dia riset dulu sebelum bikin games kayak gini.

    ReplyDelete
  6. Aku suka game time management begini. Apa lagi kalau berkaitan dengan makanan dan minuman

    ReplyDelete
  7. Cita-cita kita sama nih, kak Ji..
    Aku juga pingin banget mengelola sebuah coffee shop. Meski gak kebayang kaya apa, tapi sering nongki di coffee shop bikin aku banyak melihat bahwa mengelola bisnis itu gak mudah dan gak murah. Wkkw.. Kayanya butuh waktu berapa lama yaa.. buat bisa balik modal?
    Coba main games simulasi Coffee Shop dulu di mortgagecalculator.org

    ReplyDelete
  8. waw, seru juga ya. aku udah lama nggak main game mbak Ji haha
    berharap bisnis cafe semudah gamenya

    ReplyDelete
  9. Wah asik nih, dari games belajar mengelola bisnis. Pastinya bikin makin terasah kemampuan, kecepatan layanan, dan pengelolaan. Selalu ada sisi baik dari games ya

    ReplyDelete
  10. Wah baru tau ada game keren kayak gini. Si kecil wajib coba nih buat dia juga semangat bermain sambil belajar. Soalnya males bgt kl disuruh hitung2an. Sukanya malah menggambar.

    ReplyDelete
  11. Ini sih bukan sekadar hiburan biasa aja ya kak Ji, tapi juga memberikan pengalaman bagaimana teknik berbisnis dengan cara yang asik lewat game

    ReplyDelete
  12. eh, kok seru gamenyaa. Banyak pilihannya juga ya tibake. Mau main juga ah, suntuk sama kerjaan, Mbak :3

    ReplyDelete
  13. Pengen nyobain gamenya juga sih, kapan2 bisa nih meluncur ke Mortgage money game, tapi pasti bakalan ketagihan. Hehe...

    ReplyDelete
  14. wah, dlu pernah main game ini juga kak, seru banget pokoknya, awalnya si kurang begitu paham karena pake bahasa inggris, tapi lama-lama jadi terbiasa dan cukup mudah untuk meramaikan bisnisnya,

    ReplyDelete
  15. Wow games nya mirip2 games jenis simulasi ya. Jadi lumayan mikir

    ReplyDelete
  16. Langsung meluncur ke website nya kak. Pngn nyoba main gim Mortgage money.

    ReplyDelete
  17. Eh ada ya game kayak gini, kok kayaknya seru banget. Gak cuma anak-anak deh yang suka, sepertinya aku juga tertarik untuk memainkannya.

    ReplyDelete
  18. Belajar bisnis tak harus selalu formal ternyata, ya, bahkan game saja bisa kita ambil benefitnya untuk belajar tentang dunia usaha. Mantap memang nih game Mortgage money

    ReplyDelete
  19. Wah, kebayang serunya main game ini. Selain bikin happy, juga mengedukasi tentang bisnis, ya,

    ReplyDelete
  20. Keren ya ide ngegamenya. Jadi engga cuma ceklak-ceklik main, tetapi juga belajar strategi bisnis hingga marketingnya. Aku baru nyobain yang game jadi kasir supermarket nih. Mau juga ah game bisnis kopi...

    ReplyDelete
  21. Wah asik ya game ini
    Dikit dikit bisa bantu bisnis
    Jadi enggak sekadar main saja jika diperlakukan dengan baik

    ReplyDelete
  22. enak juga nih bisa simulasi via game, berasa lebih fun ya kak cuma kurang real aja hahah kalau mau belajar tetep mendingan belajar ama yang sudah ada di lapangan aja ya

    ReplyDelete
  23. Bener deh. Main game yang temanya coffe shop, restaurant tuh kayak kita tuh lagi main role play di mana kita jadi pemiliknya gitu. Aku pernah main ini. Nggak perlu install apapun di HP atau laptop sih enaknya. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Faktanya kalau udah main game biasanya lupa waktu mbak. Anakku contohnya. Kalau gak digertak, bisa mantengin HP mulu tuh dr bangun tidur sampai tidur lagi.

    ReplyDelete