Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yayasan Al Ma'Soem, Pesantren Modern di Bandung

Sedang mencari informasi terkait pesantren modern di Bandung? Kamu sedang membaca artikel yang tepat. Sebab, artikel ini akan membawamu mengenal salah satu pesantren di Bandung yang kekinian atau modern.

Bandung sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, sudah selayaknya memiliki fasilitas lengkap di berbagai sektor. Termasuk sektor pendidikan. Ada cukup banyak sekolah maupun universitas unggulan dan terbaik yang ada di Bandung. Bagaimana dengan pesantren di Bandung? Adakah yang bisa menjadi rekomendasi?

Yayasan Al Ma' Soem, Pesantren di Bandung yang Modern

pesantren modern

Memilih Pesantren untuk Anak Tercinta, Mengapa Tidak?

Dalam banyak hal, para orang tua senantiasa mengupayakan untuk memberikan hal terbaik. Salah satunya dalam hal pendidikan. Tidak jarang, memilih tempat belajar bagi anak pun menjadi satu keputusan yang lumayan rumit karena mempertimbangkan banyak hal. Termasuk latar belakang atau status tempat belajar tersebut.

Nah, dalam hal ini, sebagian orang tua mantap memilih pesantren sebagai tempat untuk sang anak. Mengapa tidak? Toh, tidak sedikit pesantren di Indonesia yang tidak kalah unggul dengan sekolah formal yang memiliki peringkat terbaik dan populer.

Bahkan, makin ke sini lulusan pesantren pun dapat tampil kompetitif di berbagai bidang. Hal tersebut tentu tidak lepas dari peran konsep pendidikan di pesantren yang terintegrasi dengan pendidikan formal. Perpaduan antara metode belajar pendidikan formal dengan pendidikan di pesantren inilah yang pada akhirnya menghasilkan santri yang bukan cuma berpengetahuan, tetapi juga memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik.


Kabar baiknya, konsep pendidikan pesantren modern tersebut ada di Indonesia, tepatnya di Kota Bandung. Yup, Yayasan Al Mas'oem sebagai pesantren modern di Bandung adalah rekomendasi pesantren di Bandung yang memiliki kualitas unggul.

Profil Yayasan Al Ma' soem, Pesantren Modern di Bandung

Pesantren Siswa Al Ma’soem semula bernama Pesantren Pendidikan Formal, mulai dibangun pada tahun 2000. Berada dibawah naungan badan hukum Yayasan Pendidikan Al ma’soem yang beralamat di Jln. Raya Cipacing No. 22 RT 01 RW 05 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Sumedang. Komplek yayasan seluas ± 4 hektar yang merupakan jariyah dari almarhum Bapak H. Ma’soem (wafat Syawal 2001), seorang pengusaha muslim sukses asli Jawa Barat, yang didukung sepenuhnya oleh istri dan putera-puterinya.

yayasan al masoem

Selanjutnya, oleh pihak keluarga, lantas dikembangkan. SMA didirikan tahun 1987, SMP 1988. Adapun biayanya adalah dari dari hasil perusahaan (PT Ma’soem) yang sudah dijalankan sejak 1971, tanpa ada bantuan dari pihak luar.

Juli 2001 Pesantren Al Ma’soem menerima santri angkatan pertama berjumlah 49 orang tingkat SMA dengan 14 kamar yang sudah dilengkapi kamar mandi di dalam.

Singkat cerita, Pada tahun 2009 Pesantren Al Ma’soem dengan tagline "disiplin dan islami", memantapkan dirinya menjadi sebuah pesantren yang tidak identik dengan kumuh, keras, kampungan, dan gaptek.

Adapun fasilitas yang ada di Pesantren Al Ma' Soem adalah:

  • Setiap kamar diisi antara 4-6 santri, dilengkapi kamar mandi di dalam, dan tempat tidur
  • Kantin yang representatif
  • Mini Market
  • Laundry
  • Lab. Komputer
  • Lingkungan yang tenang, nyaman, dan asri
  • Lab. Animasi
  • Berkuda
  • Memanah
  • Kolam Renang Terpisah
  • Ruang Bernyanyi
  • Gym

Untuk metode atau materi pembelajarannya sendiri, terdiri atas tiga poin penting, yaitu:

  1. Materi Utama Al Qur’an dan Tajwid, Fiqih, Aqidah Akhlak, Hafalan Al Qur’an/Tahfidz, Bahasa Arab, Bahtsul Kutub/Kitab Kuning (Kelas Takhosus), Bahasa Inggris dan Nahwu Shorof.
  2. Materi Penunjang (Ekstrakurikuler) Total keseluruhan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh para santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) sebanyak 26 Jenis, dengan rincian sebagai berikut: · Seni Imtaq & Iptek: 17 Jenis | Olahraga: 9 Jenis.
  3. Jadwal kunjungan orang tua/wali santri ke PSAM : Senin s.d. Kamis : Pukul 16.00 – 17.30 Jum’at : Pukul 16.00 – 21.30 Sabtu, Ahad, dan libur : Pukul 08.00 – 21.30.

Setelah melihat sekilas profil, fasilitas yang disediakan, hingga materi pembelajaran yang disiapkan, tentu kita bisa menarik kesimpulan bahwa Pesantren Al Ma'Soem memang pantas dinobatkan sebagai salah satu pesantren terbaik dan pesantren modern di Bandung.

Sebagai pesantren dengan wajah kekinian, Pesantren Al Ma'Soem adalah rekomendasi pesantren di Bandung untuk tempat menimba ilmu sekaligus menanamkam akhlak dan budi pekerti yang baik bagi putra dan putri tercinta.

Untuk informasi lebih detail, silakan kunjungi website resmi Yayasan Al Ma'Soem yaa, atau langsung datang saja ke alamat berikut: Jalan Raya Cipacing No.22, Jatinangor-Sumedang.

 Semoga artikel ini bermanfaat, ya!


Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Yayasan Al Ma'Soem, Pesantren Modern di Bandung"