Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terinspirasi dari Layanan Kesehatan Ramah Remaja Untuk Indonesia Generasi Emas

Gagasan Layanan Kesehatan Ramah Remaja oleh Ahmad Ryza Fertandho Halim, salah satu penerima Anugerah Satu Indonesia Awarads tahun 2017-2020 dari Jakarta ini ternyata menjadi pilot project bagi kami yang berada di sekitar kota Malang.

Ide Layanan Kesehatan Ramah Remaja tersebut menjadikan kami punya program yang sama, yakni berupa Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul ’Aisyiyah (PASHMINA) yang juga merupakan program Nasional oleh Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Asiyiah periode 2016-2020, dan sudah dilaksankan bahkan dikembangkan beberapa Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia.

Program ini sejalan dengan tantangan kita saat ini dan yang akan datang karena diuji dengan tantangan baru dan besar, yakni bagaimana membebaskan, memberdayakan, dan memajukan masyarakat Indonesia dari berbagai ketertinggalan menuju kehidupan yang berkemajuan di segala bidang.

Komunitas Nasyiah dalam rentang usia 17 sampai 40 tahun harus menjawab salah satu problema mendasar yakni kesehatan remaja. Dari para aktivis Nasyiatul ‘Asiyiyah tersebut muncullah gagasan kesehatan yang terintegrasi melalui Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul ‘Aisyiyah (PASHMINA). Pashmina merupakan wadah berkumpulnya para remaja dalam mengembangkan diri, bertukar pikiran tentang kesehatan dan kesehatan reproduksi, konsultasi prikologi yang terdiri atas pos layanan kesehatan meliputi layanan indeks masa tubuh dan pemeriksaan kadar HB, pos konsultasi kesehtan reproduksi, pos konseling dan pos makanan bergizi, serta pos edukasi.

layanan kesehatan ramah remaja

Kenyataan yang berkembang saat ini menunjukkan bahwa remaja mempunyai permasalahan yang sangat kompleks seiring masa transisi yang dialami remaja. Masalah yang menonjol dikalangan remaja yaitu permasalahn seputar seksualitas, HIV/AIDS dan NAPZA, rendahnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dan median usia pertama perempuan relatif masih rendah yaitu 19,8 tahun (SDKI, 2017). Dengan demikian remaja itu membutuhkan pendampingan, bimbingan dan penanganan serius dalam mengatasi masalah yang akan dan sudah dihadapinya.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman remaja tentang kesehatan perlunya membentuk sahabat PASHMINA, adalah dengan dilaksanakan Pelayanan PASHMINA di kecamatan-kecamatan seluruh kota, ini harapannya.

Layaknya Posyandu untuk balita, layanan kesehatan ramah remaja juga mirip seperti itu. Hanya saja untuk layanannya tidak hanya layanan kesehatan. Tapi juga ada layanan edukasi, layanan psikologi, hingga layanan makanan bergizi yang harapannya akan menjadi manfaat bagi banyak orang nantinya.

Pos-pos atau layanan-layanan seperti itulah yang menjadi harapan kami agar remaja-remaja di Indonesia nantinya selain mendapatkan edukasi, juga akan tersalurkan waktu produktifnya sehingga menjadi remaja yang lebih berdaya.


Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Terinspirasi dari Layanan Kesehatan Ramah Remaja Untuk Indonesia Generasi Emas"