Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Dapatkan Beasiswa LPDP? Siapkan Hal-hal Berikut Ini dengan Teliti!

Akhir tahun sudah di depan mata, biasanya informasi beasiswa LPDP juga mulai banyak dicari. Mengingat prosesnya yang cukup panjang, karena itu pendaftaran beasiswa LPDP juga hanya satu hingga dua kali tiap tahunnya.

Sebenarnya, beasiswa LPDP itu apa, sih? Mungkin ada juga teman-teman yang menanyakan perihal yang sama. Benar? Sedikit informasi singkat, beasiswa LPDP adalah beasiswa khusus S2 dan S3 yang bisa semuanya bisa ditempuh di dalam dan luar negeri.

Salah satu hal yang membuat beasiswa LPDP ini menarik perhatian adalah karena diawasi langsung oleh 3 kementerian sekaligus, yakni Kementerian Pendidik, Keuangan dan Kemenag. LPDP sendiri adalah singkatan dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan.

beasiswa lpdp

Luasnya jangkauan beasiswa LPDP ini, menjadikannya salah satu beasiswa dari pemerintah yang banyak diburu oleh putra-putri terbaik Indonesia. Mulai dari masyarakat biasa hingga jajaran selebritis, sudah banyak yang mendapatkan dana pendidikan dari LPDP ini.

Teman-teman ingin tahu, apa syarat LPDP yang perlu dilengkapi untuk mendaftar beasiswa ini? Yuk, kita simak uraian di bawah ini dengan saksama, ya!

Persyaratan Beasiswa LPDP, Calon Pelamar Wajib Tahu!

Syarat Umum:

  • Warga Negara Indonesia
  • Mengisi formulir pendaftaran secara online
  • Menyelesaikan studi D4 dan S1
  • Tidak sedang dalam masa belajar (S2 dan S3)
  • Terbukti tidak sedang menerima, mendaftar atau akan menerima beasiswa dari pihak lain, selain LPDP
  • Perguruan tinggi dan program pendidikan sesuai dengan daftar yang disediakan LPDP
  • Menulis pernyataan tentang komitmen pulang ke Indonesia, rencana kontribusi bagi negara dan rencana studi
  • Membuat proposal penelitian (khusus jenjang Doktor)

Syarat Khusus:

  • Batas usia sesuai dengan peraturan
  • Memiliki surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat
  • Menggunakan nilai IPK
  • Menandatangani surat pernyataan
  • Memiliki dan mengunggah sertifikat Bahasa Inggris yang valid
  • Melampirkan surat rekomendasi beasiswa LPDP dari pihak-pihak tertentu sesuai bidangnya (PNS, TNI dan POLRI)

Setelah mengetahui syarat LPDP, tentu tugas teman-teman selanjutnya adalah melengkapi semua syarat yang diminta, terlebih kelengkapan dokumen. Jadi, sebaiknya memang tidak mengerjakannya dengan terburu-buru, karena ada banyak data yang harus dilengkapi.

Kemudian, bagaimana alur seleksi beasiswa LPDP tahun 2022 ini?

Untuk tahun 2022 ini, proses pendaftaran telah ditutup dan teman-teman bisa menyiapkan diri untuk pembukaan beasiswa LPDP di tahun depan.

Proses pendaftaran beasiswa LPDP secara sederhana adalah : pendaftaran beasiswa secara online, seleksi berkas (administrasi), pengumuman lolos seleksi berkas, kemudian seleksi bakat skolastik , pengumuman tes skolastik, lalu seleksi substansi dan yang terakhir pengumuman LPDP.

Terkait dengan seleksi bakat skolastik. Tes skolastik adalah rangkaian tes yang dilakukan untuk menguji dan mengetahui kemampuan serta bakat teman-teman pada suatu bidang keilmuan. Tes ini memang cukup banyak jenisnya, itulah mengapa banyak juga yang gugur pada tahap ini.

Namun, teman-teman tidak perlu berkecil hati. Karena saat ini, sudah banyak lembaga pendidikan non formal yang memberikan pendampingan dan bimbingan beasiswa LPDP tersebut.

Jadi, kita benar-benar akan dibimbing secara intensif, mulai dari melengkapi syarat LPDP hingga pendampingan menyusun proposal penelitian bahkan juga LoA Unconditional.

Mengingat ini bukanlah sesuatu yang sederhana, maka sebaiknya jika ingin menggunakan jasa pendampingan ini, pastikan teman-teman menghubungi pihak yang sudah terpercaya di bidang ini.

Beasiswa LPDP ini memang selalu menarik perhatian banyak kalangan, mulai dari jenjang Magister hingga Doktor. Jadi, siapkan segala sesuatunya dengan baik dan sebisa mungkin tidak melakukan kesalahan dan kecurangan dalam proses pendaftaran.

Semoga lolos!

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Ingin Dapatkan Beasiswa LPDP? Siapkan Hal-hal Berikut Ini dengan Teliti!"