Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Bisnis Apotek, Bisnis Menjanjikan Untuk Hari Tua

Setiap orang yang sakit memerlukan obat. Bahkan yang sehat pun banyak mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatannya. Tujuan pertama masyarakat untuk mendapatkan berbagai obat tanpa perlu ke dokter adalah apotek. Maka prospek bisnis apotek sangat bagus. 

Barangkali teman-teman juga penasaran bagaimana belajar bisnis apotek untuk bisa merambah ke usaha itu? Yuk simak artikel ini.

Sejak terjadinya pandemi Covid-19, apotek semakin laris dalam hal penjualan obat dan berbagai suplemen multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh. Banyaknya permintaan obat dari masyarakat membuat bisnis apotek dinilai kian menguntungkan. Namun, perlu banyak belajar dulu agar kita bisa ambil bagian dalam bisnis apotek.

belajar bisnis apotek

Memulai Belajar Bisnis Apotek

Semua usaha atau bisnis yang dilakoni seseorang, awalnya tentu harus mempelajari seluk beluknya terlebih dulu. Jadi tidak asal-asalan melangkah. Apalagi binis apotek yang berurusan dengan obat-obatan. Jika kita buta sama sekali tentang obat, maka tak hanya akan berakibat usaha kita gagal, tapi juga bisa membahayakan masyarakat yang membeli obat-obatan kita.

Pada dasarnya, tidak terlalu sulit mengawali membuka bisnis kesehatan khususnya dalam bidang penyedia obat-obatan. Orang yang bukan dari latar belakang kesehatan, bisa mengambil peluang bisnis ini asal tahu caranya. Sebagai pemula dalam dunia apoteker, maka ada beberapa hal yang musti teman-teman perhatikan.

Awali dengan mempelajari seluk beluk bisnis apotek. Bisa bertanya pada teman yang sudah membuka apotek di daerah lain. Diskusi dengan mereka yang sudah berpengalaman adalah langkah paling baik untuk memulaisegala sesuatu. Kalau tak ada teman yang sudah bisnis apotek, maka teman-teman bisa berkonsultasi langsung pada lawyer.

Sebagaimana kita tahu, berbisnis apotek berkaitan dengan hukum dan perundang-undangan. Dalam bisnis ini nantinya juga membutuhkan apoteker. Sehingga kepada merekalah teman-teman bisa berkonsultasi dalam menentukan langkah awal yang mau dijalankan. Dengan konsultasi pada penasihat hukum maka proses perizinan pendirian tidak salah jalur.

Lakukan riset untuk mencari lokasi strategis untuk membuka apotek, terutama berada di dekat dengan permukiman padat dan mempunyai mobilitas yang tinggi. Daerah dengan mobilitas tinggi biasanya didukung adanya kemudahan akses transportasi umum sebagai pertimbangan dalam memilih lokasi.

Selanjutnya dalam mengurus perizinan biasanya membutuhkan waktu cukup lama untuk menyiapkan dokumen yang dipersyaratkan. Makanya sangat penting untuk konsultasi dengan lawyer agar proses menyiapkan dokumen bisa lebih cepat karena sudah paham apa yang diminta dan alurnya.

Pertama, kita harus terdaftar dalam Kemenkes dan memiliki SIPA (Surat Izin Praktik Apoteker). Didukung pula denganbeberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu STRTTK (Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian) untuk penanggungjawab, SIKTTK (Surat Izin Kerja Tenaga Teknis Kefarmasian) untuk untuk penanggungjawab, dan denah bangunan sesuai lokasi apotek. Juga ketersediaan sarana dan prasarana bisnis, serta berita acara pemeriksaan dari Kemenkes setempat.

Kelola Bisnis Apotek dengan Aplikasi Vmedis

Teman-teman juga harus mulai menyusun sistem yang baik sedari awal. Pertimbangkan untuk langsung membuat dan membiasakan menggunakan sistem digital. Sistem digital lebih meudahkan dalam mengatur segala kebutuhan lingkup kerja bisnis apotek. Baik itu masalah pergudangan, perputaran uang, mesin kasir dan stok otomatis, dan ujungnya adalah mudah pembuatan laporan.

Teman-teman bisa memonitor bisnis apotek dengan memanfaatkan software apotek Vmedis yang membuat usaha jadi serba otomatis. Vmedis memudahkan membuat kartu stok obat sampai laporan keuangan secara otomatis. Kartu stok adalah kunci dalam manajemen stok karena setiap pergerakan stok keluar atau masuk harus dicatat agar terkontrol.

Dengan Vmedis, segala urusan stok dan laporan keuangan bisa secara real-time, sehingga segera tahu kondisi keuangan di apotek tanpa harus repot menghitung secara manual yang melelahkan. Manfaatkan Vmedis sehingga bisnis apotek terintegrasi cepat dan mudah, dapat memonitor apotek di mana dan kapan saja.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!








Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for " Belajar Bisnis Apotek, Bisnis Menjanjikan Untuk Hari Tua"