Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

One Dollar Lawyer, Drakor Hukum yang Kocak Sekaligus Bikin Mewek

One Dollar Lawyer, salah satu judul Drakor yang sudah menunggu di wishlist. Satu judul tamat, dua-tiga bahkan lebih judul drakor yang sudah siap berebutan untuk ditonton. Bahkan, sering terjadi satu judul drakor belum tamat, sudah muncul lagi sederet drakor baru yang menarik perhatian. Itulah mengapa pencinta drakor boleh dibilang adalah golongan orang-orang sibuk di dunia ini, hihihi.

Selesai mengikuti drakor Little Women yang tamat pada pekan lalu, saya beranjak ke drakor komedi-hukum yang tayang di Disney +. Judulnya One Dollar Lawyer. Drakor ini sebenarnya bukan drakor yang baru-baru amat. Akhir pekan ini sudah tayang sampai delapan episode, tetapi baru saya tonton karena memang baru punya waktu luang untuk nonton.

Sinopsis One Dollar Lawyer

one dollar lawyer

Sesuai judulnya, One Dollar Lawyer menghadirkan tokoh utama yang berprofesi sebagai pengacara. Secara luas, drakor ini sangat kental dengan tema hukum. Meski mengangkat tema yang serius, tetapi drakor ini jauh dari kata menegangkan dan bikin penontonnya sibuk overthinking. 

Kalaupun ada yang bikin penasaran, setidaknya tidak membuat penonton jadi berpikir keras. Sederhananya, drakor ini tetap punya teka-teki yang menarik untuk dipecahkan, tetapi tetap bikin penonton nonton dengan santai.

Adalah Cheon Jihun (Nam Koongmin), pengacara dengan tarif satu dolar yang karakternya ngeselin dan suka ngelawak. Di kantor hukum ala kadarnya yang ia pimpin, ia hanya punya satu karyawan, namanya Sa Majang. Sebelum menjadi karyawan Jihun, Sa Majang adalah klien pertama dari firma hukum milik Jihun.

Satu waktu, firma hukum Cheon Jihun kedatangan satu pengacara baru bernama Baek Mari (Kim Ji Eun). Mari mendaftar menjadi pengacara percobaan di firma hukum Cheon Jihun karena perintah kakeknya, pemilik dari firma hukum besar dan terkenal. 

Perintah tersebut diberikan setelah sang kakek melihat kinerja Cheon Jihun di persidangan yang mengalahkan Baek Mari yang pada saat itu bekerja menjadi jaksa percobaan di kantor kejaksaan.

Sejak awal sampai setidaknya episode kelima, drakor ini menjadi salah satu drakor yang juga kuat unsur komedinya. Sampai episode kelima, permasalahan hukum yang ditangani bapak pengacara adalah kasus hukum yang berkaitan dengan kemanusiaan. 

Uniknya, cara Jihun menyelesaikan masalah hukum yang ia tangani terlihat santai, tetapi serius. Ia memang selalu penuh guyon, tetapi selalu detail saat bekerja. Namun, di sisi lain karakternya yang unik dan pola pikirnya yang out of the box terkadang justru membuat dua orang karyawannya jadi repot dan dan kebingungan.

Setelah berhasil memecahkan kasus pembunuhan, rasa penasaran Baek Mari tentang masa lalu Cheon Jihun—yang terkenal sebagai jaksa yang berdedikasi tinggi—semakin menjadi-jadi. Dari  pengungkapan masa lalu Cheon Jihun itulah, muncul sisi dark dari drakor ini. Episode tujuh dan delapan yang tayang pada hari Jumat dan Sabtu kemarin, menjadi sisi lain dari alur cerita drakor One Dollar Lawyer yang selama ini menebarkan aura ngakak.

Jauh sebelum Cheon Jihun hadir sebagai seorang pengacara dengan tari sangat murah, ia adalah salah satu jaksa yang tidak takut pada apa pun. Meski ditentang oleh rekan dan petinggi kejaksaan, keinginannya untuk mengungkap kasus penggelapan dana oleh sebuah perusahaan ternama, tidak tergoyahkan. 

Saat menangani kasus itulah, ia berkenalan dengan Lee Juyeong (Lee Chung Ah), pengacara dari firma hukum Baek yang kelak menjadi salah satu orang berharga dalam kehidupan Cheon Jihun.

Ketika menangani kasus tersebut, Jihun menerima banyak sekali tekanan. Makian dan amarah dari atasan datang silih berganti. Namun, Jihun sama sekali tidak mundur. Hingga kemudian, dalam proses pengusutan kasus pengelapan dana tersebut ia menemukan fakta bahwa ayahnya yang juga seorang jaksa senior, turut terlibat. Dengan terungkapnya fakta tersebut, tekanan untuk menghentikan penyelidikan makin kuat berdatangan. Namun, lagi-lagi Jihun menolak mundur.

Persis ketika ia sudah selangkah lebih dekat dengan bukti keterlibatan orang-orang penting lainnya dalam kasus tersebut, ayahnya Jihun sebagai pemegang bukti, meninggal secara tragis. Alih-alih mengalah, kejadian itu justru membuat Jihun makin berambisi.

Dalam menghadapi masa sulit, ketika semua orang menjauh, hanya Lee Juyeong yang selalu ada untuk Jihun. Meski sering ditanggapi dingin oleh Jihun, Juyeong tetap punya perasaan yang tulus untuk Jihun. Mereka sudah sempat merencanakan akan menikah, tetapi penulis cerita takdir berkata lain. Mereka “berpisah” karena satu insiden mengenaskan. Insiden yang ada hubungannya dengan kasus penggelapan dana yang sedang diusut oleh Cheon Jihun.

Kehilangan dua orang yang amat ia sayangi, pada akhirnya membuat Jihun mundur dari kasus yang ia tangani. Siapa sangka di balik firma hukum ala kadarnya yang ia pimpin, tersimpan cerita masa lalu yang manis sekaligus bikin mewek. Cukup mengejutkan juga bahwa di balik tingkahnya yang konyol, Jihun punya masa lalu yang sedemikian menyakitkan. Mengubah karakter, sepertinya adalah cara Jihun menghibur diri sendiri.

Penayangan episode tujuh dan delapan yang sangat kuat unsur darknya, menjadi sisi lain dari drakor One Dollar Lawyer. Kalau kalian lagi butuh asupan drakor ongoing, One Dollar Lawyer patut dimasukkan ke dalam list. Alur ceritanya menarik dengan beragam kisah yang ada di dalamnya. Dari yang bikin ngakak, menyentuh, bikin baper, dan bikin mewek, semua ada.

One Dollar Lawyer tayang di Disney + Hotstar. Kabarnya mulai pekan depan drakor ini hanya akan tayang pada hari Sabtu (sebelumnya Jumat dan Sabtu), cuss ditonton!

Author: UtamyyNingsih

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "One Dollar Lawyer, Drakor Hukum yang Kocak Sekaligus Bikin Mewek"