Kemajuan Tiongkok terutama dalam bidang ekonomi sangat pesat, hingga pantas dijuluki sebagai Macan Asia. Fakta tersebut membuat banyak orang berminat belajar bahasa Mandarin, terlebih bagi teman-teman yang menjalin relasi bisnis dan pendidikan dengan Tiongkok. Tinggi juga minat orang untuk belajar mengenal huruf hanzi mandarin lengkap.

Sejauh ini, penutur bahasa Mandarin diperkirakan mencapai lebih dari satu milyar jiwa. Tak hanya penduduk China saja, beberapa negara lain juga menggunakan bahasa Mandarin. Di antaranya adalah Taiwan, Singapura, dan Malaysia. Selain populasi warga China di negara-negara tersebut cukup banyak, juga disebabkan banyak orang asing yang belajar bahasa Mandarin.

belajar huruf hanzi mandarin

Huruf Hanzi Mandarin Lengkap

Bagi kita, orang Indonesia, memang termasuk cukup sulit ketika harus belajar bahasa Mandarin untuk pertama kalinya. Salah satu penyebab utama adalah adanya perbedaan bentuk huruf yang dipakai. Adapun huruf atau karakater Mandarin dikenal sebagai Hanzi, yang berbeda jauh dengan abjad latin yang kebanyakan dipakai bahasa lain termasuk bahasa Indonesia.

Untuk teman-teman ketahui, huruf Mandarin atau Hanzi termasuk huruf tertua di dunia. Huruf tersebut berasal dari catatan yang berupa gambar. Dalam sejarahnya, huruf Hanzi banyak mengalami perubahan bentuk yaitu Jiaguwen, Jinwen, Xiaozhuan, Lishu, dan juga Khaisu. Untuk memulai belajar bahasa Mandarin, tentu harus berkenalan dengan huruf Hanzi Mandarin lengkap.

Teman-teman harus tahu juga ya, bahwa bahasa Mandarin memiliki jumlah karakter yang banyak. Setidaknya ada 100.000 karakter Mandarin yang tercatat dalam kamus bahasa Mandarin. Dan tetap ada potensi terus bertambah seiring perkembangan zaman. Untuk percakapan sehari-hari hanya sekitar 2500 karakter yang dipakai.

Untuk informasi, ada hal unik yang juga harus teman-teman ketahui, bahwa bahasa Mandarin merupakan bahasa bernada. Ada 4 nada bahasa Mandarin dengan bunyi yang masing-masing berbeda. Kelebihan bahasa Mandarin yang menggunakan nada akan membantu meningkatkan kualitas suara ketika bernyanyi.

Huruf Hanzi Mandarin lengkap pada dasarnya menggunakan delapan guratan yang berbeda. setiap kata terdiri dari beberapa guratan hingga menjadi satu kesatuan aksara. Guratan pertama dalam hanzi disebut dian yang merupakan guratan titik sederhana, lalu heng yang berupa guratan horizontal dari kiri ke kanan, kemudian shu dengan guratan vertikal dari atas ke bawah, dan gou yang berupa kait dan biasanya berada di ujung guratan.

Selanjutnya, guratan ti berupa diagonal agak menanjak dari kiri ke kanan, lalu ada pie berupa guratan diagonal jatuh dari kanan ke kiri. Dan guratan yang terakhir berturut-turut duan pie dan na yang merupakan guratan diagonal pendek yang turun dari kanan ke kiri dan guratan horizontal turun dari kiri ke kanan.

Guratan demi guratan penulisan bahasa Mandarin dengan huruf Hanzi umumnya memiliki urutan hingga aksara yang dihasilkan terlihat jelas. Teman-teman harus berhati-hati karena kesalahan dalam pemberian guratan akan membuat Hanzi tidak bisa dibaca. Untuk itu mulailah mencari informasi huruf hanzi mandarin lengkap.

Ebook Bahasa Mandarin Lengkap

Cara belajar bahasa Mandarin, adalah dengan mulai mengenali pinyin, ejaan bunyi atau penulisan romawi untuk cara baca huruf Mandarin. Pinyin dikembangkan mulai dari tahun 1950-an dan akhirnya dibuatlah bentuk resmi untuk penggunaan internasional di tahun 1982. Republik Rakyat Tiongkok menyetujui penggunaan pinyin ini di tahun 1985.

Teman-teman bisa membiasakan mendengarkan bahasa Mandarin melalui film atau dengar lagu. Cara ini efektif membantu menguasai kalimat atau kata-kata yang ada di dalamnya termasuk penggunaan nada dalam bahasa Mandarin. Tak kalah penting juga memperbanyak kosa kata dengan belajar dari ebook bahasa mandarin lengkap.

Nah, sudah siap belajar bahasa Mandarin dengan huruf Hanzi? Kuatkan tekad dan miliki tujuan agar semangat tak mudah patah. Di antaranya dengan mengetahui bahwa kebutuhan akan bahasa Mandarin sebagai bahasa komunikasi di perusahaan-perusahaan cukup besar. Selamat belajar, dan semoga artikel ini bermanfaat.












Post a Comment

Previous Post Next Post