Flash back ke zaman sekolah dulu, teman-teman mungkin masih ingat pelajaran Fisika yang membahas tentang katrol.

Seperti yang kita tahu, katrol adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang prinsip kerjanya menarik dan mengangkat suatu benda dengan menggunakan tali dan roda atau poros sehingga benda tersebut bisa terasa lebih mudah dan/atau lebih ringan saat diangkat untuk dipindahkan.

Dengan prinsip kerja demikian, katrol banyak dimanfaatkan untuk memudahkan warga mengambil air dari sumur.

Sementara itu, dalam lingkup yang lebih luas, prinsip kerja katrol juga banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang industri. Namun, alat yang dipakai tentu saja tidak sesederhana dengan alat yang biasa kita lihat di sumur warga.

Alat serupa katrol yang banyak dipakai oleh berbagai lini industri tersebut, disebut dengan chain block.

Pengertian Chain Block dan Perannya Dalam Dunia Industri

Seperti yang sudah saya singgung di atas, chain block merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah dalam mengangkat dan memindahkan beban berat.

chain block

Cara kerjanya pun terbilang sederhana; beban yang akan diangkat/dipindahkan dikaitkan pada pengait kemudian rantainya ditarik, baik itu ditarik manual atau dengan bantuan mesin.

Dengan prinsip kerjanya yang sedemikian memudahkan, tidak heran jika kemudian chain block punya peran sangat besar dalam berbagai jenis industri.

Misalnya :

  • bengkel mobil
  • konstruksi
  • minyak bumi dan gas
  • pabrik
  • transportasi dan distribusi

Dengan menggunakan chain block, proses memindahkan material atau berbagai macam keperluan produksi dengan besaran berat yang tidak memungkinkan untuk diangkat manual, bisa lebih efisien.

Chain Block Punya Beragam Jenis Ukuran

Ukuran yang dimaksud di sini adalah daya angkat dan kapasitas chain block.

Untuk jenisnya, ada beragam. Mulai dari ukuran 0,5 Ton, 1 Ton, 1,5 Ton, 2 Ton, 3 Ton, 5 Ton, 10 Ton, 15 Ton, 20 Ton, 30 Ton, sampai 50 Ton. Masing-masing ukuran tentu saja punya pemanfaatan yang beda-beda. Semakin besar berat beban yang akan diangkat, semakin besar pula ukuran daya angkat chain block yang diperlukan.

Untuk chain block 10 Ton misalnya, jenis ini biasa dimanfaatkan untuk mengangkat tiang besi, platform, dan benda super berat lainnya.

Masalah yang Bisa Terjadi pada Chain Block dan Tips Membeli Chain Block

Sebagaimana benda-benda lainnya, chain block pun berpotensi mengalami masalah. Adapun masalah yang kemungkinan bisa ditemui terjadi pada chain block adalah :

  • Gerakan rantai kasar dan keluar jalur
  • Rem tidak bekerja dengan baik
  • Chain Block berkarat dan aus
  • Ada peregangan pada rantai
  • Berbunyi keras saat terjadi proses penarikan

Oleh karena itu, penting bagi para pelaku industri yang akan menggunakan chain block untuk memilih chain block yang bukan hanya sesuai kebutuhan, tetapi juga berkualitas.

Berikut ini beberapa tips yang penting untuk diperhatikan saat akan membeli chain block :

  • Pastikan memilih distributor yang memiliki garansi service
  • Pilih distributor yang menyediakan komponen atau part asli
  • Pastikan chain block yang akan dibeli memiliki sertifikat inspeksi
  • Pastikan chain block yang akan dibeli adalah produk asli dengan komponen terbaik
  • Jangan hanya tergiur harga murah. Perhatikan kualitas.
  • Beli sesuai kebutuhan aktivitas industri yang dijalankan.

Di luar sana, banyak merek chain block yang beredar di pasaran. Salah satunya chain block merek Toyo yang bisa didapatkan di Mega Jaya Lifting Equipment Specialist.

Sebagai produk yang berkaitan dengan industri lifting, chain block Toyo punya beberapa keunggulan seperti: memiliki kemampuan angkat beban sesuai kapasitas, menggunakan rantai baja grade G80 (sebagai jaminan anti putus), dilengkapi pelatuk ganda, dukungan spare part yang lengkap dan asli.

Di Mega Jaya Lifting Equipment Specialist sudah tersedia chain block Tayo beragam ukuran denga harga terjangkau. Untuk harga chain block 10 Ton termurah pun, Mega Jaya Lifting Equipment Specialist solusinya.

Sebagai distributor, Mega Jaya Lifting Equipment Specialist juga berkomitmen dalam memberi jaminan kualitas dan keaslian produk.

Untuk informasi produk lebih detail, silakan kunjungi web megajaya.co.id, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat!


Referensi: 

megajaya.co.id

toyohoist.co.id

Post a Comment

Previous Post Next Post