Reksadana Pendapatan tetap adalah salah satu jenis investasi reksadana yang dialokasikan pada instrumen yang penghasilannya tetap seperti Obligasi dan Saham. Ini adalah salah satu investasi yang terbilang aman pendapatannya dan minim risiko, terutama bila dibandingkan dengan jenis reksadana lainnya.

Segala bentuk investasi tentu ada risikonya, tapi kita bisa berusaha memilih yang terbaik dan paling aman sesuai dengan kecenderungannya. Reksadana yang menginvestasikan dananya pada pendapatan yang tetap adalah pilihan yang aman dan stabil dengan nilai yang bisa diprediksi.

return reksadana

Potensi Reksadana Pendapatan Tetap Yang Meningkat Sampai Tahun Depan

Kalau Anda berminat untuk beli Reksadana, lihat juga kinerjanya yang ditunjukkan pada Equity Fund Index dan Pasar Reksadana dan Saham. Nilai Obligasi dan Saham bisa dilihat dari keadaan pasar serta kecenderungannya yang positif maupun negatif. 

Nilai dari reksadana sangat tergantung dengan kondisi perekonomian dan hal-hal terkait lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa hal yang mendukung sentimental positif ini adalah :

  • Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperlonggar.

Hal ini menandakan kegiatan perekonomian dan sektor lainnya mulai kembali dalam kondisi yang stabil. Kebanyakan kegiatan ekonomi ditahan dan stagnan dalam periode PPKM dan kembali bangkit setelah peraturan pembatasan aktivitasnya perlahan-lahan diangkat.

  • Nilai positif Indeks Harga Gabungan dan Obligasi

Hal ini memicu optimisme di kalangan investor dan membuat (reksadana) indeks saham turut positif. Investasi dalam bentuk Obligasi seperti pada Reksadana Campuran dan Pendapatan Tetap akan terdorong, karena berbagai kebijakan pemerintah yang positif.

  • Sentimen Kesehatan
Proses vaksinasi dan diterapkannya protokol kesehatan di berbagai area publik akan mendukung kegiatan perekonomian dan dunia investasi. Berbagai kebijakan yang berkaitan dengan kondisi kesehatan yang positif, secara langsung berdampak dengan kondisi ekonomi dan kemampuan investor untuk kembali untuk berinvestasi.
  • Harga Surat Utang Negara (SUN) meningkat
Penurunan suku bunga Amerika Serikat berarti meningkatnya suku bunga Rupiah. Hal ini dapat mendukung popularitas investasi dalam bentuk surat utang negara. Khususnya untuk SUN yang akan bisa dicairkan pada bulan Mei dan Surat Utang negara berikutnya yang akan diterbitkan.

  • Investor Kembali Ke Pasar Obligasi

Investor Asing tertarik berinvestasi di Indonesia didukung dengan real yield yang tinggi dan fundamental Indonesia yang kian menguat. Investor domestik turut menahan yield SUN untuk tidak naik terlalu tinggi sehingga bisa stabil. 

Kedua hal ini menjadi pendukung nilai investasi dengan Reksadana jadi positif dan mendapatkan peminatnya kembali.

Berbagai penjabaran diatas mengukuhkan kalau Reksadana Pendapatan Tetap diproyeksikan akan berkembang positif tahun ini sampai tahun depan dengan potensi kenaikan mencapai 3-3,5 persen.

Mulai dari dukungan pemerintah sampai berbagai aktivitas perekonomian yang berangsur kembali normal. Diprediksikan jenis Reksadana ini akan turut meningkat positif.

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures

Lakukan investasi reksadana hanya dengan perbankan prioritas DBS Treasures. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mempercayakan pengelolaan investasi pada perusahaan yang tepat. Keuntungan yang didapatkan dengan DBS Treasures termasuk:

  • Pengelolaan investasi oleh professional

Semua investasi reksadana dikelola manajer investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures, sehingga dapat mengoptimalkan kinerja produk dan keuntungannya.

  • Wawasan Investasi
Dukungan ahli finansial yang andal dan proaktif menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terkini yang telah dipersonalisasi untuk Anda.

  • Mengurangi Risiko

Diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi adalah penanganan risiko yang tepat.

Jenis reksadana yang bisa dipilih seperti Reksadana Pasar Uang, Reksadana Saham, Reksadana Campuran dan Reksadana Pendapatan Tetap. Beli reksadana dengan sebagian besar portofolio diinvestasikan dalam bentuk pendapatan tetap seperti surat berharga dan obligasi.

Jenis Reksadana seperti ini akan memberikan hasil yang tetap dalam waktu yang sudah ditentukan dan nominal yang bisa diperhitungkan.

Reksadana pendapatan tetap yang tersedia di DBS Treasures priority banking sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dapatkan berbagai keuntungan dengan beli Reksadana jenis ini yang menawarkan berbagai benefit karena :

  • Meningkatkan Diversifikasi : Dana dikelola dengan menyebarkan kepemilikan ke banyak instrumen dan untuk mengurangi risiko.
  • Likuiditas harian : Dapat dijual kepemilikannya berdasarkan harga aktiva bersih pada hari yang sama.
  • Manajer investasi professional : Dikelola oleh mitra manajer investasi terkemuka dengan kinerja yang sudah terbukti.
  • Investasi fleksibel : Membuka kesempatan berpartisipasi dalam investasi yang hanya tersedia untuk investor dengan dana besar.
  • Pengawasan pemerintah : Diatur pemerintah dan tercatat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Kinerja transparan dan mudah dibandingkan : Tiap reksadana wajib melaporkan informasi sama pada investor, sehingga memudahkan investor melakukan perbandingan.

Optimalkan investasi Reksadana Pendapatan Tetap dengan DBS Treasures. Caranya mudah, layanannya lengkap serta mampu memberikan berbagai manfaat bagi pemegangnya, dengan insight yang lengkap sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat. 

Penanganan tenaga ahli dan pengawasan Pemerintah menjadi point terbaik untuk memastikan investasi dilakukan dengan profesional dan aman.

Dengan peluang Reksadana jenis ini yang diprediksikan kian meningkat sampai tahun depan, ini adalah jenis reksadana yang patut diperhitungkan untuk dimiliki. 

Oleh karena itu beli reksadana saat tingkat positif perekonomian Indonesia yang kian positif juga menambah kepercayaan investor dan berbagai faktor pendukung lainnya untuk berinvestasi dengan Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures.


Sumber : 

https://investasi.kontan.co.id/news/reksadana-pendapatan-tetap-diramal-bakal-jadi-reksadana-dengan-kinerja-terkinclong

https://investasi.kontan.co.id/news/suku-bunga-diramal-naik-pada-2022-return-reksadana-pasar-uang-bisa-meningkat

https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2021-08-04/imbal-hasil-reksadana-pendapatan-tetap-diprediksi-bisa-7-persen-tahun-ini

https://www.bareksa.com/berita/reksa-dana/2021-04-07/reksadana-pendapatan-tetap-berpotensi-terus-tumbuh-ini-alasannya

https://money.kompas.com/read/2021/10/02/195914926/hingga-kuartal-iii-2021-reksa-dana-pendapatan-tetap-beri-return-tertinggi?page=all

Post a Comment

Previous Post Next Post