Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan dan Merawat Kompor Gas

Kompor gas menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang paling banyak dicari. Mengingat fungsinya yang cukup krusial, maka bisa dipastikan jika barang ini akan banyak digunakan. 

Terlebih jika kita adalah pemilik usaha makanan, memiliki banyak anggota keluarga dan tentu saja jika hobi teman-teman adalah memasak.

Tidak dipungkiri, jika banyak sekali kejadian selama memasak, entah itu cipratan atau tumpahan minyak bahkan air, potongan makanan yang masuk ke lubang burner atau mungkin noda-noda yang menempel cukup lama dan berkerak. Jika dibiarkan, tentu ini akan merusak kompor gas.

Yap, karena kualitas kompor juga dipengaruhi dari kebersihannya kompor juga, ya. Itulah mengapa, penting untuk membersihkannya secara berkala. Selain membuatnya tetap nyaman digunakan, tentu saja estetika tidak bisa diabaikan, kan? Hihihi

Membersihkan dan Merawat Kompor Gas 

Berikut ini, ada beberapa tips membersihkan kompor yang bisa teman-teman coba di rumah. Tidak membutuhkan peralatan khusus, teman-teman bisa menggunakan bahan dan barang yang ada di rumah, kok. 

Cara berikut ini tidak akan memakan waktu lama, meskipun kita membersihkan kompor gas 2 tungku sekalipun.

Cara Membersihkan Kompor Gas :

       Lepas bagian ring kompor gas, rendam dan cuci bersih

Untuk perendaman, teman-teman bisa menggunakan air panas dan biarkan selama beberapa jam untuk hasil maksimal. Tidak masalah menggunakan sabun cuci piring. Jika memungkinkan, lepas juga bagian kenop dan bersihkan bagian dalamnya.

       Untuk permukaan kompor, gunakan pembersih khusus pembersih kompor.

Semprot dengan merata, lalu gosok perlahan dengan kain. Bahkan ada beberapa bahan alami yang bisa dicoba, seperti soda kue, cuka apel, tepung terigu dan jeruk nipis.

       Untuk tungku kompor, gunakan krim khusus, ya.

Jangan gunakan air untuk membersihkannya. Untuk cara penggunaannya, teman-teman bisa mengikuti instruksi yang ada di kemasan. Jika burner bisa dilepas, maka jangan ragu untuk melepas dan membersihkannya juga. Membersihkan burner bisa menggunakan sikat gigi kering.

       Untuk selang dan regulator, teman-teman bisa menggunakan kain lembab untuk mengelap permukaannya.

       Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kompor, ya, teman-teman. Baliklah kompor dengan perlahan dan bersihkan dengan seksama. Pastikan spon sudah diremas dengan kuat, usahakan tidak ada tetesan air yang tertinggal di tungku, ya. 

Jika teman-teman menggunakan kompor gas 2 tungku, pastikan juga untuk selalu mengecek keduanya secara berkala ya. Karena biasanya, ada salah satu tungku yang kurang maksimal karena terlalu kotor atau karena jarang dipakai. Jika sudah begini, alih-alih urusan dapur cepat selesai, justru membutuhkan waktu lebih untuk di dapur, kan?

Kompor Gas Pilihan Rumah Tangga

Seperti yang tadi kita bahas, bahwa memiliki burner yang bisa dibongkar pasang adalah salah satu kemudahan ketika membersihkan kompor. Salah satu kompor yang memiliki desain burner cup yang mudah dibongkar pasang adalah Hock.

Selain itu, Hock juga menggunakan bahan aluminium untuk kerangkanya sehingga mudah dibersihkan. Bahan yang digunakan untuk body kompor adalah stainless steel ataupun cold roll steel, yang juga dilapisi dengan powder coating. Lapisan inilah yang membuat kompor terlihat lebih mengkilap, anti noda dan tidak mudah keropos.

Sebagai pemain lama dalam dunia kompor, tentu saja kualitas Hock ini tidak perlu diragukan lagi, kan? Hocks sendiri memiliki banyak varian kompor gas, mulai dari desain elegan 1 tungku, kompor gas 2 tungku hingga untuk usaha kuliner rumahan. Sudah punya jenis apa di rumah?

Meski tidak dilihat banyak orang, kita tetap harus menjaga kebersihannya. Karena kompor gas yang rajin dibersihkan dan dirawat, tentu akan memiliki kualitas yang lebih maksimal, baik dari ketahanan kompor hingga nyala apinya. Betul? Nah, sudah bersihkan kompor di rumah belum?

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Cara Membersihkan dan Merawat Kompor Gas"