Pernah mendengar istilah Search Engine Optimization atau SEO? Atau malah saat ini sudah menjadi pelaku? Terlepas dari hal tersebut, memang benar bahwa saat ini SEO memang memegang peran cukup penting, terutama bagi para pemilik website pemula. Menggunakan jasa SEO Website adalah solusi paling mudah dilakukan dalam menghadapi hal tersebut.

Pada intinya, SEO merupakan sebuah proses membuat sebuah halaman web muncul di peringkat atas hasil mesin pencarian pada kata kunci tertentu. Semua proses ini dilakukan secara organik, artinya tidak ada proses pembayaran apapun layaknya Google Ads, Facebook Ads, maupun Instagram Ads. Lalu, bagaimana jika sebuah website tidak terlalu memperhatikan SEO? Berikut ini jawabannya.

website tanpa seo

Akibat Website Tidak Menggunakan SEO

1. Sepi pengunjung

Dampak yang akan sangat terasa ketika sebuah web tidak menerapkan SEO adalah traffic pasti akan sepi. Tentu saja ini bukanlah hal baik kara di dunia digital traffic merupakan aset sangat berharga. Sebaik apapun sebuah web maupun produk, tanpa traffic penjualan pasti akan terhambat. Hal ini karena SEO berdampak besar dalam memenangkan persaingan website.

Banyak pemilik web mengabaikan hal ini karena tidak terlalu menganggap bahwa optimasi cukup penting. Mereka hanya sekadar membuat postingan terkait layanan atau produknya. Hampir bisa dipastikan jika ini dilakukan tidak akan mendapatkan traffic memuaskan. Hal ini karena ketika seseorang mencari sebuah kata kunci terkait website tersebut, ia akan dikalahkan oleh website yang sudah dioptimasi.

2. Bisnis menjadi kurang dikenal

Pada prinsipnya, Search Engine Optimization akan melakukan optimasi sedemikian rupa sehingga sebuah web akan muncul di halaman atas mesin pencarian. Artinya, ini erat kaitannya jika digunakan pada sebuah bisnis. Tanpa adanya optimasi tersebut, hampir bisa dipastikan bisnis akan sulit dikenal, terlebih jika bisnis tersebut tergolong pendatang baru.

Sebagai contoh, teman curhat memiliki bisnis jasa pembuatan CV. Maka sasaran teman curhat seharusnya adalah orang yang melakukan pencarian terkait hal tersebut seperti “cara membuat CV”, “membuat CV menarik”, dan lain-lain. 

Ketika menggunakan optimasi, orang saat mengetikkan keyword tersebut akan melihat website kita di halaman depan mesin pencarian sehingga banyak orang mengenal bisnis yang kita jalankan.

3. Biaya iklan membengkak

Search Engine Optimization merupakan cara terbaik mendapatkan traffic secara gratis. Bahkan, jika benar-benar ditekuni, hasil dari optimasi ini bisa melebihi hasil traffic berbayar seperti Google Ads.

Tentu saja biaya melakukan iklan seperti itu cukup besar. Dalam satu bulan saja, jika ingin mendapatkan hasil maksimal harus mengeluarkan budget jutaan rupiah.

4. Daya saing lemah

Ketika teman curhat tidak melakukan optimasi, ingatlah bahwa di luar sana ada cukup banyak pemilik website serupa yang mulai melakukannya. Artinya, teman-teman akan menjadi lemah di persaingan, baik persaingan bisnis maupun persaingan web itu sendiri.

Secara umum, bisnis memiliki web akan menang dari bisnis tanpa website. Lalu, bisnis web teroptimasi akan menang melawan bisnis web tanpa optimasi.

5. Kepercayaan konsumen rendah

Bisnis tidak sekadar berjual-beli saja. Ada peran kepercayaan konsumen yang cukup besar. Melakukan optimasi pada web akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen. Ketika melihat website tertata rapi, mereka akan menganggap bisnis kita sudah profesional sehingga mudah mendapatkan kepercayaan. Dengan demikian, angka penjualan pun bisa meningkat.

Jadi, sebenarnya SEO sangat penting bagi sebuah website. Ketika teman curhat memutuskan membuat website, hal ini sebaiknya tidak diabaikan. Jika masih bingung mempelajari SEO, teman curhat bisa menggunakan jasa SEO website seperti Stucel. Dengan begitu, hasil akan tetap bisa dirasakan tanpa harus menghabiskan banyak waktu mempelajarinya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya :)

Post a Comment

Previous Post Next Post