Sebelum berbicara tentang cara meningkatkan traffic blog, saya pengin curhat dulu nih, bagaimana saya dulu bisa mendapatkan traffic puluhan ribu pageview per bulannya dalam waktu satu tahun terakhir.


Dulu, saya blogger yang tidak terlalu memperhatikan pentingnya pageview, tidak tahu juga apa itu Google Analytics, Console, dan semacamnya. Oleh karena itu blog ya mandeg di tempat. Begitu-begitu saja alias tidak ada kemajuan, meskipun rutin menulis.


Beruntung sekali kemudian saya masuk ke komunitas-komunitas blogger yang mengajarkan banyak hal, termasuk tentang pentingnya pageview bagi blog kita.

cara meningkatkan traffic blog


Apa sih Pentingnya Pageview?

Sebelumnya, teman curhat harus tahu dulu apa itu pageview. Jadi Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Kalau di Google Analytic teman-teman bisa melihatnya di bagian Audiens, lalu klik Behavior/Summary atau biasanya muncul 'Ringkasan' dalam Bahasa Indonesia.


Semakin tinggi jumlah pageview semakin bagus pula kualitas blog dan konten yang ada di dalamnya.


Apa bedanya dengan User/Visitor? Nah, kalau user atau visitor ini adalah jumlah orang yang berkunjung ke blog kita. Mari kita bahas satu per satu perbedaannya ya.

Menurut laman dari Niagahoster dan beberapa sumber lain bisa kita tarik perbedaan dari istilah UV (Unique Visitor), PV (Pageview), dan Bounce Rate.


Unique Visitor bisa diartikan sebagai pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP Address, browser serta cookies yang tersimpan di setiap browser.


Pageview bisa diartikan sebagai tayangan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung menekan klik satu tautan tertentu. Sederhananya halaman yang dibuka oleh pengunjung.


Bounce Rate bisa diartikan sebagai persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa jejak atau tanpa melakukan tindakan apapun (seperti klik link misalnya).


Nah, lalu apa sih pentingnya Pageview itu?

1. Pageview bisa meningkatkan conversation rate

Kalau menurut Niagahoster, conversation rate adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung website itu sendiri.


Misalnya saja kita mengelola sebuah toko online nih, dan di halaman produk "bodycare" terjadi pembelian sebanyak 20 kali. Sedangkan jumlah total pengunjung halaman produk tersebut adalah 1000 pengunjung. Kita bisa menghitungnya dengan membagi 20 terhadap 1000 lalu kalikan 100. Hasilnya adalah 2 persen. Nah, artinya conversation rate untuk halaman tersebut adalah 2 persen.


Bagaimana meningkatkan dan mengoptimalkan conversation rate, kita bahas lebih detail nanti ya. Sekarang kita fokus dulu nih ke Pageview.


2. Pageview Tinggi adalah Harapan Semua Pengguna Adsense

Siapa sih yang ngga pengin punya pengunjung yang banyak? Saya pernah mengikuti sebuah webinar tentang optimalisasi konten SEO bersama Niagahoster, dan salah satu narasumbernya saat itu adalah seorang blogger yang juga pengguna Niagahoster.


Ketika beliau memperlihatkan angka pada Google Analyticnya saya ngiler dong! Bayangkan beliau bisa mendulang pageview ratusan ribu per bulannya. Jika dijumlahkan dalam setahun bisa jutaan. Ada juga saat itu seseorang yang menjual blognya dengan harga fantastis. Seharga rumah mewah bernilai satu milliar! Bayangkan.


Tentu saja jumlah pageviewnya sudah tidak diragukan lagi. Penghasilannya dari Adsense pun bisa mencapai belasan hingga puluhan juta per bulannya. Luar biasa. Dari sinilah saya sadar bahwa pageview ini adalah layaknya jantung bagi blog. Yang memberi kehidupan blog itu sendiri. Bohong kalau seorang blogger tidak menginginkan tulisannya dibaca banyak orang.

pentingnya pageview

Kalau ada yang begitu ya mendingan nulis di buku diary aja kan? Hehe.. ngga perlu susah-susah mencari cara meningkatkan traffic blog segala.


Meskipun kita tidak boleh melulu memikirkan cuan, namun kalau bisa dilakukan sekaligus dengan memberi manfaat pada lebih banyak lagi pembaca, kenapa tidak? Perkara mendapatkan cuan dari Adsense dengan nilai belasan hingga puluhan juta itu adalah buah dari ketekunan kita sendiri. Deal, kalau saya sih tidak menolak jika blog saya dipergunakan untuk mencari uang, selama itu bisa dan halal kan.


3. Pageview Tinggi Memperbesar Peluang untuk Mendapatkan Kerjasama

Seperti yang telah kita ketahui kebanyakan agency atau advertiser menanyakan pageview kita terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerjasama. Inilah yang menjadi salah satu motivasi saya juga untuk menaikkan pageview.


Jika memiliki pageview yang baik dan sesuai harapan mereka, ini pun juga bisa meningkatkan ratecard kita. Jadi pageview tinggi penting atau tidak? Ya penting sekali sih menurut saya :)


Cara Meningkatkan Traffic Blog

Bagaimana cara menaikkan pageview?


Kalau kita punya Analytic nih, coba cek deh darimana sumber pageview terbanyak kita. Apakah dari social media, organic search atau direct url?


Nah, menurut saya nih sumber traffic yang baik adalah dari organic search. Karena itulah sumber 'traffic' pasif kita. Meskipun kita diamkan sekalipun, angkanya tetap berjalan setiap bulannya. Nyenengin kan? 


Lalu gimana caranya mendapatkan pageview blog dari organic search?


cara meningkatkan traffic blog

1. Riset Keyword

Jangan bosan-bosan ya kalau saya menuliskan soal riset keyword, bikin artikel sesuai SEO dan lain sebagainya. Karena inilah yang memang menjadi sumber traffic kita dari tahun ke tahun.


Riset keyword ini sebenarnya juga masalah feeling. Kalau teman curhat ingin membuat artikel tentang buku misalnya. Coba deh cari buku dengan judul 'Segala-galanya Ambyar' misalnya, teman curhat bisa melakukan riset keyword terlebih dahulu.


Bisa gunakan google keyword planner, keywordtool.io, keywordfinder.io, hingga NeilPatel atau Google Suggest. Saya biasanya menggunakan yang terakhir. Riset keyword ini sangat membantu untuk meningkatkan traffic blog kita. Jadi sebelum menulis di blog, jangan lupakan ini ya.


2. Menulis Artikel SEO yang Human Friendly

Untuk mendapatkan pageview belasan ribu hingga puluhan ribu perbulan, saya harus bekerja keras menuliskan artikel sesuai dengan prinsip SEO dan tentunya juga bisa dipahami manusia. Meskipun artikelnya SEO friendly jangan sampai bahasanya jadi sulit untuk dimengerti.


Setelah research keyword, kita tentukan dulu point-point yang akan disampaikan (saya biasanya buat plotting heading). Lalu menulis saja. Boleh dengan memikirkan keyword, boleh juga tidak. Beberapa penulis ingin menulis lepas, ya boleh saja. Asal artikel jadi dulu.


Setelah artikel jadi, boleh deh diedit dengan memperhatikan : 

  • Pilihan keyword (apakah sudah masuk ke dalam artikel, minimal 1% dari jumlah kata keseluruhan)
  • Apakah judul sudah mengandung keyword
  • Permalink/url harus menggunakan keyword
  • Jumlah kata minimal (500 atau 800 kata, terserah sih. Kalau saya minimal 1000 kata deh ya)
  • Heading-subheading harus ada yang mengandung keyword
  • Apakah sudah mengandung LSI (apa itu LSI dan bagaimana artikel yang SEO friendly itu sudah pernah saya bahas di sini)
  • Apakah sudah ada internal dan eksternal link
  • Apakah gambar sudah diberi alt image dan mengandung kata kunci wajib dan turunan?

  • Apakah meta description sudah mengandung keyword dan sesuai dengan parameter SEO? (80-120 karakter).


3. Link Building

Link building adalah sebuah teknik tertentu untuk memberikan link/tautan menuju artikel/website kita. Kalau yang ini ada tekniknya sendiri ya. Yang jelas semakin banyak link yang menuju ke artikel kita, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan page muda Google sehingga otomatis juga akan menaikkan traffic blog kita.


Namun dalam beberapa kasus ada juga artikel saya yang bertahan di page 1 tanpa adanya link building. Kalau blog sudah kuat, biasanya sih tidak perlu link building lagi untuk artikelnya :) Namun untuk blog, tetap harus ada link building ya.


4. Membuat artikel trending/viral atau artikel Evergreen

Kita bisa melihat dari goodle trend. Atau kalau kita sudah punya blogging plan dalam satu bulan. Kita bisa tentukan nih kira-kira apa yang akan paling banyak dicari di bulan-bulan itu.


Seperti misalnya : contoh naskah khutbah Ied, amalan di bulan Ramadhan, amalan di bulan Syaban, dan lain sebagainya. Yakin deh, artikel itu akan menjadi salah satu artikel evergreen atau akan selamanya dicari oleh pengguna Google. 


Kalau yang viral-viral, ya memang harus update sih, tiada jalan lain selain itu :) Jangan lupa riset keywordnya ya!


5. Blogwalking

Blogwalking adalah salah satu cara menaikkan pageview atau cara meningkatkan traffic blog yang cukup mudah juga namun membutuhkan tenaga yang lebih. Karena kita harus saling berkunjung ke blog orang lain.


Namun tidak ada salahnya melakukan blogwalking jika memang dibutuhkan dan kalau-kalau artikel kita belum terindex google, atau belum bisa menuju puncak page muda, hehehe.. 


6. Desain blog yang menarik dengan Navigasi yang Mudah

Desain blog juga menjadi salah satu hal yang menarik pengunjung lho. Kalau desainnya tidak nyaman untuk dijelajahi pembaca (misalnya tidak mobile friendly), biasanya pageview pun jarang bisa naik dengan cepat.


Karena user ecperience adalah salah satu hal yang menjadi perhatian Google. Tidak bisa instan memang, tapi desain blog adalah investasi untuk 'rumah kita'. Kalau harus membayar untuk desain yang menarik dengan navigasi yang mudah, saya akan lakukan itu. Asal pembaca (dan saya) merasa nyaman ketika membaca artikel :)


7. Belajar Membaca Google Console dan Google Analytic

Google Console atau Search Console digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari. Di sana kita akan melihat total tayangan dan juga jumlah klik yang diperoleh. Nah, dari situlah kita bisa melihat Query apa saja yang paling banyak mendulang klik dan tayanan?


Setelah tahu Query-nya, kita buat artikel yang relate dengan artikel yang mengandung Query dengan tayangan/klik paling banyak.


Kalau dari Google Analytic, kita bisa mengembangkan artikel yang paling banyak mendulang traffic dengan membuat related article.


8. Rajin Update Artikel

Salah satu pengalaman saya untuk menaikkan pageview adalah dengan rajin update artikel. Selain agar google tahu kebiasaan blog kita (karena indexing Google juga akan berlaku sesuai dengan kebiasaan blog kita), juga agar setiap keyword yang dicari oleh pengunjung Google akan selalu ada jawabannya melalui artikel-artikel yang kita buat.


Semakin banyak keyword yang bisa menempati posisi page muda Google, semakin banyak pula traffic yang bisa kita dapatkan.


Silakan dipraktikkan dan rasakan bagaimana perubahan pageview yang terjadi dalam tiga bulan. Jika tidak kunjung naik, cek kesehatan blog juga ya.


Bagaimana jika kita melakukan cara memperbanyak pengunjung blog dengan software? Saya tidak merekomendasikan itu sih. Karena sama saja tak ada manfaatnya untuk blog kita kalau pengunjungnya robot kan? Belum lagi itu juga akan memengaruhi kesehatan blog kita. Jadi jangan memakai traffic maker yang tidak sesuai dengan aturan Google ya. 


Website tanpa traffic memang menyakitkan, tapi jangan juga bikin auto viewer blog yang tidak ada manfaatnya untuk blog kita. Blogger cerdas tentu lebih suka jika pengunjungnya adalah manusia :) Begitulah cara meningkatkan traffic website dengan gratis. Mudah. Asal mau dan konsisten.

menaikkan pageview


Semoga artikel ini bermanfaat. Kalau teman curhat punya tips lain soal cara menaikkan pageview selain cara-cara di atas, boleh banget berbagi di kolom komentar ya! Terimakasih.



2 Comments

  1. Waaw, thank you nih kak kontennya, saya jadi belajar banyak banget. Kebetulan masih baru banget di dunia blogging, dan baru mengerti juga semua yang kaka jelaskan! mantaap!

    ReplyDelete
  2. Waaah, Kak Han, kontennya mantep banget. aku jadi belajar banyak nih kebetulan masih baru juga di dunia blogging. thank you kak!

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post