Rekomendasi Film Indonesia dari KapancurhatBisa dibilang, dunia film Indonesia kita semakin berkembang, hal ini terlihat dari banyaknya ragam genre yang bisa kita nikmati. Meskipun begitu, ketika kita menonton film kita tetap harus memperhatikan value apa yang didapat. Terlebih jika kita berencana menontonnya bersama anggota keluarga yang lain.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film terbaik Indonesia versi kapancurhat, yang pernah berada pada puncak di masanya. Tidak sedikit juga yang masih diputar sampai saat ini. Film-film di bawah ini, sangat erat dengan hubungan kekeluargaan yang relate dengan kehidupan kita.

7 Rekomendasi Film Indonesia Keluarga

1. Keluarga Cemara

rekomendasi film indonesia
pict from : Solider.id

Siapa yang tak kenal dengan film ini? Sinema elektronik ini, pertama tayang pada tahun 2000-an dengan budaya Sunda yang sangat kental. Hadir lagi dengan suasana baru, film ini masih sangat menguras emosi. 

Dalam film ini kita akan melihat, bagaimana setiap anggota keluarga punya peran masing-masing. Jangan lupa sediakan tisu ya.

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

rekomendasi film keluarga
pict from : Tirto.id

NKCTHI, sebuah film yang diadopsi dari buku dengan judul yang sama. Berawal dari kutipan-kutipan menyentuh, akhirnya dibuatlah film yang secara utuh mengangkat pesan-pesan dari buku tersebut.

Kita akan diajak melihat bagaimana sisi lain dari ayah. Memberikan tontonan yang sangat emosional, film ini juga memberikan pelajaran besar bagi kita. Bahwa setiap keluarga punya caranya sendiri untuk tetap bertahan. Tidak selalu mudah, tapi layak untuk diperjuangkan.

3. Cek Toko Sebelah

rekomendasi film indonesia romantis
pict from : wikipedia

Melihat film ini, kita seperti melihat kenyataan di dekat kita. Kehidupan keluarga tionghoa yang sangat kental dengan perniagaan turun temurunnya. Namun siapa sangka, jika ternyata tak sedikit dari anak-anak yang ingin berkarir secara mandiri?

Film ini mengangkat masalah-masalah yang ringan dan sangat dengan kehidupan kita. Perselisihan, ketidakpercayaan bahkan ambisi ikut mewarnai film ini. Teman curhat bisa baca dulu nih review Cek Toko Sebelah di sini.

4. Ali & Ratu-ratu Queens

Ini salah satu film baru di Indonesia. Hadir dengan konflik keluarga, film ini sukses membuat kita seolah-olah sedang menyusuri New York secara visual dengan segala problematikanya.

rekomendasi film terbaik indonesia
pict from CNN Indonesia

Film ini menampilkan kisah hangat Ali dan para tante di perantauan, yang kebingungan mencari ibunya. Diperankan oleh artis kenamaan, membuat film ini memiliki porsi yang sangat pas dalam setiap adegannya.

Baca juga Review Ali dan Ratu-Ratu Queens di sini yuk!

5. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan salah satu film terbaik yang dimiliki Indonesia. Diangkat dari novel karya Andrea Hirata, film ini mengisahkan kehidupan sosial lain di belahan Indonesia.

Laskar Pelangi adalah salah satu rekomendasi film remaja indonesia terbaik menurut kapancurhat. Ya, sejauh ini Laskar Pelangi belum ada penggantinya :)

rekomendasi film remaja indonesia terbaik
pict from : Wikipedia

Kita akan melihat bagaimana perjuangan anak-anak di daerah luar Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan. Ajak anak-anak melihat film ini, karena mereka juga akan melihat bagaimana setiap anak layak memiliki mimpi dan memperjuangkannya.

6. Sabtu Bersama Bapak

Sabtu bersama Bapak, adalah salah satu film yang dikemas dengan menarik. Diangkat dari Novel yang berjudul sama : Sabtu Bersama Bapak.

 Seperti judulnya, kebersamaan ini ternyata hanya dilakukan seminggu sekali melalui rekaman video yang disimpan ibu. Sosok bapak dalam film ini, sudah meninggal.

rekomendasi film keluarga indonesia
Pict from : Wikipedia

Rekaman itu disaksikan bersama setiap pekan. Hingga akhirnya, anak-anak tumbuh sesuai dengan pesan bapak namun banyak melewatkan hal-hal penting dalam hidupnya. Keharuan, penyesalan dan pengorbanan dari pemainnya, akan sangat mudah kita rasakan.

7. Surat Kecil Untuk Tuhan

Rilis pada tahun 2011, film ini tak pernah gagal membuat penontonnya menangis. Diangkat dari kisah nyata, menceritakan perjuangan seorang gadis belia melawan kanker bersama orang-orang terkasihnya.

rekomendasi film Indonesia
pict from : Wikipedia

Surat Kecil untuk Tuhan adalah film drama biografi Indonesia yang dirilis pada 7 Juli 2011 dengan disutradarai oleh Harris Nizam yang dibintangi oleh Dinda Hauw dan Alex Komang. Dari film ini kita akan semakin sadar, betapa singkatnya waktu yang kita miliki bersama keluarga.

Nah, dari ketujuh film di atas, memang tidak semuanya mendapatkan penghargaan film terbaik. Tapi, dari sisi pesan hingga penampilan, semuanya masuk dalam kategori film Indonesia terbaik pada masanya.

Dari semua rekomendasi film Indonenesia di atas, manakah yang menjadi pilihan teman-teman? Bingung? Nggak apa-apa, weekend atau libur panjang tonton semuanya aja deh hihihi. Jangan lupa untuk selalu mengedukasi anak-anak setelah menonton film ya parents.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post