Apakah teman curhat sedang merencanakan persalinan dan memikirkan biaya persalinan normal? Baik itu biaya persalinan normal di klinik, rumah sakit maupun bidan.

Biasanya, hal ini mulai sering terpikirkan saat memasuki trimester ketiga kehamilan. Meski begitu, tidak salah juga jika kita mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal kehamilan, kan? Salah satunya adalah mengenai biaya persalinan.

Baik melahirkan di rumah bidan praktek, klinik bersalin atau rumah sakit, ketiganya memiliki harga yang berbeda. Mungkin banyak yang bertanya, mengapa harga persalinan di rumah sakit lebih mahal? Hal ini sangat dipengaruhi oleh fasilitas yang diberikan, obat-obatan hingga pelayanan dari dokter spesialis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak perbandingan harga persalinan di bawah ini.

perbandingan harga persalinan normal

Biaya Persalinan Normal di Rumah Sakit

Seperti yang sudah kita ketahui, biaya melahirkan di rumah sakit memang lebih mahal. Baik itu melahirkan pervaginaan ataupun operasi caesar. Kali ini, kita akan sampaikan beberapa harga persalinan normal di beberapa rumah sakit besar di Pulau Jawa. Baca pelan-pelan ya, siapa tahu ada rumah sakit tujuan teman-teman.

       RSIA Bunda Jakarta, harga mulai Rp 19juta rupiah

       RS Bina Sehat Mandiri, harga mulai Rp 5juta rupiah

       RS Brawijaya Antasari, harga mulai Rp 13juta rupiah

       RSIA Humana Prima Bandung, harga mulai Rp 6juta rupiah

       Mitra Keluarga Bekasi Timur, harga mulai Rp 9jt rupiah

       RSIA Gunung Sawo Semarang, harga mulai Rp 7jt rupiah

       Mitra Keluarga Surabaya, harga mulai Rp 6jt rupiah

       RSKIA Ummi Khasanah Jogja, harga mulai Rp 2jt rupiah 

Daftar harga di atas hanya sebagian saja. Jika teman-teman lihat, harga yang dipatok setiap rumah sakit sangat bervariasi. Secara umum, biaya melahirkan normal di rumah sakit mulai dari Rp 1jt rupiah. Harga ini juga bergantung pada benefit apa saja yang akan ibu dan bayi terima. Jadi, silakan didiskusikan dengan pasangan masing-masing ya

Biaya Persalinan Normal di Klinik atau Bidan

Melahirkan di klinik atau praktek bidan mandiri memang lebih murah, salah satunya karena melahirkan di tempat seperti ini biasanya untuk kelahiran yang minim resiko. Jadi, fasilitasnya pun sedikit lebih sederhana dibanding rumah sakit. Jangan khawatir, jika ternyata ada kendala selama persalinan, ibu-ibu akan segera dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan pertolongan.

Secara umum, biaya persalinan normal di klinik berkisar antara Rp 200ribu sampai dengan Rp 1juta rupiah. Cukup ekonomis, kan?

Namun untuk lebih lengkap tentang Harga Persalinan Cek Disini!

Bingung Menentukan Tempat Melahirkan Karena Biaya?

Teman curhat jangan khawatir, kita bisa kok menggunakan BPJS untuk membantu biaya persalinan. Jika memang kita akan melahirkan di faskes yang berbeda dengan BPJS, mintalah surat rujukan dari dokter utama faskes kita. Atau ubahlah faskes kita sesuai dengan tujuan persalinan kita, namun proses penggantian faskes ini membutuhkan waktu satu bulan.

Apakah bisa melahirkan di Puskesmas? Berapa biaya melahirkan normal di Puskesmas? Tentu saja kita melahirkan di Puskesmas, namun hanya terbatas di Puskesmas tertentu saja. Biasanya, Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap juga menerima persalinan. Biayanya sendiri tidak terlalu jauh dari klinik atau bidan. Cukup terjangkau.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai harga persalinan normal, tidak ada salahnya teman-teman langsung bertanya pada petugas di fasilitas kesehatan. Mintalah informasi secara lengkap terkait biaya ini. Jangan sampai, justru kita stress memikirkan biaya persalinan alih-alih menyiapkan fisik dan psikis.

Jika memang memutuskan melahirkan pervaginaan, pastikan libatkan pasangan untuk mendiskusikan besaran harga persalinan normal, terlebih saat pandemi ini. Karena beberapa tempat mengalami kenaikan harga.

Semangat ya bu, sebentar lagi akan bertemu si kecil, kan? Jangan terlalu stress :)

Untuk info tentang kehamilan serta persalinan teman-teman bisa intipin tentang Kehamilan Sehat di sini yaa :) Semoga bermanfaat!

 

Post a Comment

Previous Post Next Post