Apa-apaan sih badan anak cowok ini?

Meski aku berhasil pipis, tubuhku masih gemetaran karena marah. Semakin aku berusaha pipis, semakin aku berusaha mengarahkan 'itu' dengan jariku, semakin 'itu' berubah bentuknya dan membuatku jadi susah kencing!

Karena merasa amat malu, aku menunduk dan menahan tangis kuat-kuat. Tidak, sebenarnya aku tidak bisa menahannya dan akhirnya beberapa tetes air mata pun melimpah. Sambil menangis, aku berganti pakaian, kemudian membuka pintu apartemen. Pokoknya aku harus keluar.

Begitulah suara hati Mitsuha, setelah sadar apa yang telah terjadi pada dirinya beberapa hari belakangan. Tubuhnya tertukar dengan tubuh seseorang. Jiwanya masuk ke dalam tubuh seorang remaja laki-laki yang biasa dipanggil Taki Tachibana oleh orang-orang di sekitarnya.

Ia nyaris kehilangan akalnya. Namun bagaimana? Tak ada yang bisa memahami kondisinya saat ini dan tentu saja tidak akan ada yang bisa memahami kondisi tak masuk akal tersebut.

Setelah berhari-hari pun ia tak mengerti, mengapa ini terjadi pada dirinya?

review your name

Sinopsis Your Name Karya Makoto Shinkai

Taki Tachibana terbangun karena mimpinya yang aneh.

Ada suara bel yang tidak dikenalnya. Semalam, ia menggambar sampai larut dan baru naik ke tempat tidur setelah subuh. Lalu namanya dipanggil-panggil oleh seorang wanita.

"Kun... Taki-kun.."

Suara itu terdengar jujur, seperti hendak menangis. Suara sedih yang bergetar, sangat lirih seperti berasal dari tempat yang sama dengan kerlip bintang yang jauh.

"Kau tidak ingat?"

Suara itu bertanya pada Taki dengan penuh kekhawatiran. Namun, Taki tak juga sadar siapa gerangan wanita itu. 

Mimpi yang tak ada artinya. Begitu pikir Taki-kun. Ketika sadar, Taki sudah tak ingat lagi dengan wajah wanita itu. Samar-samar ingatannya tentang wanita itu juga hilang. Namun anehnya, dadanya tetap berdebar hebat. Terasa aneh dan berat.

Seluruh tubuh Taki basah oleh keringat. Beberapa saat ia menghela napas panjang-panjang. 

"Apa aku masuk angin? Hidung dan tenggorokanku terasa aneh. Jalannya udara yang masuk ke tubuhku terasa lebih sempit dari biasanya. Dadaku terasa aneh dan berat. Apa ya.. secara fisik, berat."

Taki menurunkan perlahan pandangan matanya ke tubuhnya sendiri. Lalu di sana, ada belahan dada.

Ya, disana ada belahan dada.

Taki masih takjub dan mencoba meraba dadanya yang tiba-tiba 'berbuah'.

Mitsuha dalam Your Name

"Onee-chan*, kau ngapain?"

*(Onee - panggilan ke kakak perempuan dalam bahasa jepang)

Spontan, Taki menoleh ke asal suara tersebut. Seorang gadis cilik berdiri di dekat pintu geser yang terbuka. Jadi, Taki dipanggil kakak dengan tubuh wanita ini. Maka gadis cilik itu adalah adiknya?

Anak Perempuan yang Putus Asa

Mitsuha, seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa di pegunungan terpencil. Jauh dari kota, dan masih banyak adat dan tradisi yang dilakukan di sana. Tidak hanya tiap tahun, bahkan setiap pekan ada saja tradisi yang harus dilakukan oleh Mitsuha.

Seperti apa yang dilakukannya pada hari itu, menjadi tokoh utama dalam Festival Hojo Kuil Miyamizu yang diadakan setiap tahun di musim tertentu. Saat itu, Mitsuha dan adiknya, harus mengenakan kostum dengan rapi, memoles bibir dengan lipstik merah. Bahkan sampai mengenakan hiasan rambut yang bergemirincing.

tradisi dalam film your name

Mitsuha juga harus berdiri di kaguraden (sebuah bangunan di kompleks kuil untuk melakukan tarian pemujaan) untuk muncul di depan kerumunan, menarikan tarian yang diajarkan oleh Neneknya. Masing-masing membawa kerincing dengan ekor tali yang berwarna-warni, menggemerincingkannya sambil berputar-putar, membiarkan talinya menari ditiup angin.

tradisi dalam film kimi no nawa

Tarian itu, meskipun membuat Mitsuha sedikit tampak memalukan, namun ia sudah terbiasa karena ia sudah melakukannya sejak kecil. Namun tetap saja ia tampak memalukan. Upacara yang dianggap Mitsuha untuk mempermalukan anak perempuan.

"Arrgh sialan! Ngga mau!"

Begitu jerit batin Mitsuha sambil menari dengan terpaksa. Setelah menari pun, Mitsuha dan adiknya harus mengunyah beras. Di depan mereka masing-masing ada masu (wadah dari kayu untuk meminum sake) yang diletakkan di atas tatakan. Lantas, tentu saja jauh di sana, terlihat kerumunan orang baik laki-laki maupun perempuan, tua dan muda menjadikan Mitsuha dan adiknya tontonan.

Inilah yang harus dilakukannya. Melakukan tradisi kuchikami-zake.

review film your name

Setelah dikunyah, beras yang sudah bercampur dengan air liur itu kalau disimpan akan terfermentasi. Kemudian menjadi alkohol. Ini adalah tradisi membuat sake tertua di Jepang. Sake inilah yang akan dipersembahkan kepada Dewa.

Pada zaman dahulu, kabarnya sake ini banyak dibuat di berbagai daerah. Namun, memangnya ada kuil lain yang masih melakukan hal seperti ini lagi di Jepang? Di abad ke-21 seperti ini?

Sementara teman-temannya berkumpul di depan sana, menonton sambil saling berbisik seolah mengatakan, 'Jijik banget', 'bisa-bisanya dia melakukan itu di depan umum. Mana ada lelaki yang mau menikahinya?' Begitulah.

Usai upacara, Mitsuha banyak berpikir. Tentang perasaannya, harapan, pertanyaan, keputusasaan, semuanya yang bercampur menjadi satu dan membuat dadanya nyaris meledak. Ia menuruni tangga, melompati setiap satu anak tangganya, kemudian berhenti mendadak di bordes tempat torii kuil berada.

Mitsuha menghela napas dalam-dalam, seraya berteriak :

AKU BENCI KOTA INI. AKU BENCI HIDUP INI. JADIKAN AKU COWOK TAMPAN DI KEHIDUPAN BERIKUTNYAAA..!! 

 

mitsuha dalam your name


Dipertemukan Oleh Takdir

Itulah yang terjadi dalam film Your NameMitsuha bermimpi menjadi seorang anak laki-laki. Ia terbangun di sebuah kamar yang asing, berteman dengan orang asing, melihat Tokyo tepat di depan matanya.

Sedangkan di sisi lain, Taki, seorang pemuda SMA yang tinggal di Tokyo juga bermimpi dirinya menjadi seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa yang dikelilingi pegunungan yang asri nan menyejukkan.

Keduanya akhirnya menyadari bahwa mereka bertukar tempat. Siapa sangka takdir yang mempertemukan mereka itu mulai menggerakkan roda-roda nasib?

kimi no nawa

Setelah Mitsuha dan Taki menyadari bahwa keduanya tidak bermimpi. Saat keduanya menyadari bahwa ada cinta dan resah yang tumbuh bersamaan dalam hati keduanya, saat itulah mereka punya ide untuk menulis diary di gawainya masing-masing. Beserta aturan-aturan yang boleh atau tidak boleh dilakukan ketika badan mereka tertukar.

Kesepakatan Taki dan Mitsuha
Kesepakatan Taki dan Mitsuha yang ditulis di gawai masing-masing

Taki dan Mitsuha berusaha memecahkan masalah yang dihadapi. Keduanya terbangun dalam kondisi tertukar. Lalu bangun di hari-hari berikutnya dalam kondisi normal, dan seterusnya. Begitulah pergantian itu terus berulang. Tak diketahui di hari apa saja jiwa itu masuk ke badan yang salah.

Sementara itu mereka tentu harus bersikap waras, setidaknya untuk orang-orang sekitar. Oleh karena itulah keduanya mencatat kegiatan sehari-hari mereka di gawai masing-masing. Agar semua yang dilakukan oleh Mitsuha dan Taki bisa diketahui oleh keduanya meskipun jiwa mereka tak berada di badan yang semestinya.

Sampai kapan ini akan terjadi pada keduanya? Apa yang akan dilakukan oleh Taki dan Mitsuha selanjutnya? Takdir apa yang bisa mereka ubah? Akankah alam semesta mendukung keduanya?

review your name

Your Name
Jepang 君の名は。
Hepburn : Kimi no Na wa.

Sutradara : Makoto Shinkai
Produser :
Noritaka Kawaguchi
Genki Kawamura

Penulis skenario : Makoto Shinkai

Pengisi Suara
Ryunosuke Kamiki sebagai Taki Tachibana
Mone Kamishiraishi sebagai Mitsuha Miyamizu
Masami Nagasawa sebagai Miki Okudera (teman perempuan Taki)
Etsuko Ichihara sebagai Hitoha Miyamizu (nenek Mitsuha dan Yotsuha)

Ryo Narita sebagai Katsuhiko Teshigawara (teman sekelas Mitsuha)
Aoi Yūki sebagai Sayaka Natori (teman akrab dan sekelas dengan Mitsuha)
Nobunaga Shimazaki sebagai Tsukasa Fujii (teman sekelas Taki)
Kaito Ishikawa sebagai Shinta Takagi (teman sekelas Taki)
Kanon Tani sebagai Yotsuha Miyamizu (adik Mitsuha)

Tanggal rilis
3 Juli 2016 (Anime Expo)
26 Agustus 2016 (Jepang)
7 Desember 2016 (Indonesia)

Durasi 107 menit

Pengisi suara (Seiyuu) Mitsuha, Mone Kamishiraishi mendapat penghargaan tahun 2014 dan 2015, 26th Fumiko Yamaji New Actress Award Lady Maiko.

Ia adalah seorang penyanyi sekaligus aktris dan pernah mendapatkan Japan Internet Film Award 19th Japan Film Category New Face Break Award, lalu Best Impact Award Nationwide Philanthropic Award for Best Actress hingga 38th Japan Academy Prize Newcomer of the Year. Ia juga didapuk sebagai 11th Seiyu Awards Best Lead Actress melalui perannya dalam film ini.

pengisi suara Your Name
pict from : fanpop

Adapun pengisi suara Taki Tachibana, yaitu Ryunosuke Kamisiki pernah mendapatkan penghargaan 2015 Seoul International Drama Awards : Asian Stars dan setelah memerankan Taki Tachibana dalam film Your Name, ia mendapatkan The 11th Seiyu Awards : Best Lead Actor.

Arti Sebuah Usaha

Apa yang terjadi jika Mitsuha tidak berusaha mencari siapa sebenarnya tubuh lelaki yang dimasuki oleh jiwanya ini? Bagaiamana pula jika Taki tak berusaha mencari siapa tubuh wanita ini? Melalui usaha keduanya, takdir bisa diubah.

Saya jadi ingat nasihat seorang guru tentang takdir yang tak bisa diubah dan takdir yang bisa diubah dengan usaha dan doa. Begitulah yang terjadi pada Taki dan Mitsuha.

review film your name
Mitsuha (tulisan di tangan Taki) - Mitsuha? Who are you? What are you? (tulisan di tangan Mitsuha)

Taki mencari-cari asal wanita yang ia masuki tubuhnya. Hanya berbekal ingatan yang samar bahkan perlahan menghilang, Taki ingin menemui wanita itu.

Hanya berbekal petunjuk dalam mimpi, Taki berusaha untuk melakukan segala yang dia bisa untuk mencari tahu kebenaran atas apa yang terjadi padanya dan juga wanita yang bernama Mitsuha. Inilah arti sebuah usaha. Perkara apakah tujuannya tercapai atau tidak, setidaknya Taki telah mencoba.

Etos kerja dan keseriusan orang Jepang tergambar jelas pada karakter Taki yang pantang menyerah dan selalu punya solusi atas segala permasalahan yang dirasa tak punya jalan keluar. Taki selalu punya rencana A, B dan C untuk mencapai tujuannya. 

Entah itu akan berhasil atau tidak, setidaknya Taki tak akan pernah menyesal karena tidak pernah mencobanya. Entah Tuhan akan mengubah takdir kita atau tidak namun setidaknya kita telah melakukan sesuatu. Jangan sampai menyesal karena kita tidak pernah melakukan apapun.

Tradisi dan Dongeng yang Terjaga dalam Your Name

Cerita dalam Your Name dikatakan terinspirasi dari dongeng tua di Jepang yang menceritakan tentang dua bersaudara, laki-laki dan perempuan. Karena kepribadiannya, si anak lelaki dibesarkan seperti perempuan sedangkan si anak perempuan dibesarkan seperti lelaki.

Selain dongeng, ada juga puisi tentang mimpi yang terjadi pada Taki dan Mitsuha yang menginspirasi elemen dimana mereka berdua bertukar setelah terbangun dari tidur, layaknya orang yang bermimpi. Tema cerita yang terdengar tak asing di telinga orang-orang Jepang inilah yang berhasil membuat Kimi no Na wa diterima dengan baik oleh penonton di Jepang.

Ditambah lagi adanya tradisi tua seperti kuchikumi-zake dan beberapa tradisi lain yang dilakukan oleh tokoh Mitsuha membuat anime ini semakin kaya. Layaknya kisah nyata yang dinikmati untuk diambil hikmahnya oleh penonton. Seperti legenda yang meninggalkan banyak pelajaran untuk kita.

Produksi Film Your Name

Inspirasi untuk cerita ini datang dari beberapa karya terdahulu, termasuk Inside Mari karya Shūzō Oshimi, Ranma ½, novel zaman Heian berjudul Torikaebaya Monogatari, dan cerita pendek The Safe-Deposit Box karya Greg Egan.

desa di film your name
Gambaran pemandangan yang sangat mengagumkan di film Your Name oleh Makoto Shinkai

Meskipun desa Itomori, salah satu latar di film, adalah fiktif, film ini mengambil inspirasi dari lokasi sungguhan yang menjadi latar belakang untuk beberapa tempat di desa tersebut. Lokasi-lokasi tersebut termasuk kota Hida di Prefektur Gifu serta perpustakaan yang ada kota tersebut.

film your name

Produksi film ini memakan waktu hingga dua tahun lho. Tak heran jika melihat hasilnya yang begitu indah, mengena, dan film yang sangat berkesan dalam hati saya sepanjang menonton berbagai macam film anime.

Musik yang Mengiringi Takdir Taki dan Mitsuha

Saya juga tak menyangka bahwa musik untuk film ini dikerjakan oleh Radwimps. Sutradara Makoto Shinkai meminta Yojiro Noda, vokalis utama band rock asal Jepang Radwimps tersebut, untuk  menggubah musik film ini sehingga "dengan cara tertentu, musik tersebut akan (melengkapi) baik dialog maupun monolog para tokohnya".

Tak heran jika kita mendengarkan backsound dari film ini rasanya emosi dan perasaan kita ikut hanyut ke dalamnya. Radwimps menciptakan lebih dari 20 lagu untuk film ini. Jangankan Makoto Shinkai, saya sebagai penikmat filmnya saja dibuat takjub dengan musik yang mengiringi takdir untuk Taki dan Mitsuhan ini.

Pada awal masa produksi, lagu "Zenzenzense" terpilih menjadi lagu tema. Selain lagu tersebut, total ada empat buah lagu karya Radwimps yang dipakai di dalam film, yaitu :

Zenzenzense (前前前世, arti harfiahnya : "Kehidupan Terdahulu yang Sebelum-sebelumnya")

Sparkle (スパークル, arti harfiahnya : "Berkilau")

Yume Tōrō (夢灯籠, secara harfiah berarti : "Lentera Impian")

Nandemonaiya (なんでもないや, arti harfiahnya : "Tak Kenapa-Kenapa")

Tak heran jika album dari lagu-lagu yang mengiringi film Your Name banyak disukai oleh penikmatnya dan mendapatkan banyak penghargaan.

radwimps dalam Your Name
Radwimps - pict from all about the rock

Beberapa diantaranya, album ini menjadi juara kedua untuk kategori "Best Soundtrack" di Newtype Anime Awards ke-7. Lagu kedelapannya yang berjudul "Zenzenzense" menjadi juara kedua untuk kategori "Best Theme Song" di Newtype Anime Awards tersebut.

Bisa dikatakan Radwimps ini belum terkenal di dunia internasional, namun setelah mengiringi film Your Name, Radwimps menempati posisi number two on the Billboard World Albums chart.

Rating dan Penghargaan untuk Film Your Name

Makoto Shinkai- pict from mainmain.id

Mark Schilling dari The Japan Times memberikan nilai bintang 4 dari 5 untuk film ini dan memuji  animasinya yang menurutnya merupakan "perpaduan antara detail yang apik dan realistis dengan fantasi emosional yang mengena".

Saya pun setuju dengan pendapat Mark tersebut. Animasi yang digambarkan dalam film ini sungguh membuat saya jatuh cinta. Detail, indah dan menakjubkan. 

animasi dalam Your Name
Warna yang ditampilkan dalam animasi Your Name sangat menawan

Saya bukan penggemar anime. Menonton Your Name saat itu karena sedikit dipaksa oleh suami. Katanya cerita dan alurnya bagus.

Memang begitulah adanya. Kalau Mark Schilling memberi rating 4/5, saya ingin memberinya 5/5. Your Name menjadi salah satu film favorit saya sejak menontonnya di tahun 2018. Your Name seperti menceritakan kisah yang sendu, hikayat yang penuh energi namun menyimpan banyak teka-teki hingga akhir.

Meskipun lumayan rumit, namun alurnya yang nyaris sempurna dan penggambaran karakter emosi setiap tokohnya yang sangat detail inilah yang membuat Your Name selalu mendapat tempat di hati para penontonnya.

Berikut beberapa penghargaan yang berhasil diraih oleh film animasi Your Name karya Makoto Shinkai.

Domestic (Partial) - 2016

ASIAGRAPH 2016 Creator’s Award - 2016

29th Tokyo International Film Festival ARIGATO Award - 2016

Nikkei Entertainment! Hitmaker of the Year 2016 Grand Prix - 2016

33rd Yamako Fujiko Movie Awards, Cultural Award - 2016

29th Nikkan Sports Film Awards, Best Director - 2016

41st Hochi Film Awards, Special Award - 2016

71st Mainichi Film Awards, Best Animation Film - 2017

59th Blue Ribbon Awards, Special Award - 2017

40th Japan Academy Film Prize: Screenplay of the Year, Outstanding Achievement in Music, Director of the Year (Nominee), Animation of the Year (Nominee), Most Popular Film - 2017

VFX-Japan Awards 2017, Best Theatrical Animation Film - 2017

Tokyo Anime Awards Festival 2017, Animation of the Year Category, Best Director - 2017

20th Japan Media Arts Festival, Animation Awards Grand Prize - 2017

26th Japan Movie Critics Awards, Best Animation Director - 2017

22nd AMD Awards, Yearly Content Award, Excellence Prize International - 2016

49th Sitges Film Festival, Anima’t section, Award for Best Animated Feature Length Film - 2016

18th Bucheon International Animation Festival, Feature Length Competition Section, Special Distinction Prize, Audience Prize - 2016

7th Scotland Loves Animation, Jury Award, Audience Award - 2016

42nd Los Angeles Film Critics Association Awards, Best Animated Feature - 2017

Brussels International Animation Film Festival 2017

Audience Award for Best Animated Feature 2017

Japan Expo Awards (France), Daruma d’or Anime (highest animation prize), Best Director, Best Screenplay 2017

Cartoons on the Bay (Italy), Best Director, Best Screenplay

screenplay Your Name
salah satu screenplay film animasi Your Name yang menakjubkan

Mengesankan bukan? Bagaimana menurut pendapatmu?

Baca review film menarik lainnya di Bacaterus Digital Media yuk. Salah satu kanal informasi soal film super lengkap yang saya rekomendasikan untuk teman-teman.

Semoga review film Your Name ini bermanfaat dan jadi inspirasi ya :) 

Referensi pendukung tentang produksi, pengisi suara dan musik : wikipedia

17 Comments

  1. menit-menit awal nonton: "Oh, gini doank tukeran badan. 'B'banget."

    menuju ending: "..." (nangis)

    satu minggu kemudian: (rewatch)

    ReplyDelete
  2. Aku baca ini pas kebetulan sedang di luar, jadi pas liat gambar pemandangan dan mobil di atas, aku pikir beneran, bukan animasi hahahaha.

    Menariiik sinobsis nya mba. Dan aku jadi pengen cari filmnya sih. Penasaran akhir ceritanya gimana .

    ReplyDelete
  3. Ceritanya seru dan unik ya. Ada-ada saja badan bisa tertukar. Jepang memang produsen film anime nomor wahid. Penghargaan juga banyak ya Mba

    ReplyDelete
  4. beneran jadi keinget ranma 1/2 yang bisa switch jenis kelamin klo kena air XD tapi kek apa ya rasanya terjebak dalam tubuh dengan jenis kelamin berbeda karena jelas kan beda banget rasanya, klo jadi cewe mungkin harus ngerasain repotnya datang bulan dll

    keren ide mereka untuk berbagi catatan jadi satu sama lain biar bisa tetep melanjutkan hidup dengan kondisi yang unik itu

    ReplyDelete
  5. Wow 5/5 ya...
    Jadi pengen nonton juga...
    Temanya menarik, animasinya pun keren, detait gitu ya...

    ReplyDelete
  6. Kak Jihan seru juga nih film your name. Awalnya diajak suami nonton ternyata asyik filmnya.
    Aku mau juga ah.. nonton berdua sama suami.

    ReplyDelete
  7. walaaah, jadi ini ceritanya tentang pertukaran jiwa gitu yaa. kadang kalau kayak gini, di satu sisi merasa tidak bersyukur tapi di satu sisi jadi merasakan hal yang dirasakan orang lain juga. sawang sinawang memang, jadi penasaran, mereka balik ke tubuh mereka lagi nggak ya? pengen nonton ah

    ReplyDelete
  8. Enggak masuk akal gitu ya kalau dipikir-pikir, masa iya jiwa bisa bertukar tempat, trus keduanya sama-sama sadar untuk melakukan apapun kemudian.. dst.
    Tapi ada kisah nyata seperti ini gak ya? Hehe.
    Makasih reviewnya, Mbak.. lengkap banget :)

    ReplyDelete
  9. Aku berani ngasi rating 10/10 untuk film ini, pas pertama kali nonton saya bisa ngulang2 lagi. Semua nya sukak, cerita, grafis, musik. Ah film jepang yang paling memorable menurutku sih. Btwe reviewnya lengkap banget kak. Love!

    ReplyDelete
  10. wah keren banget film animasi ini, sudah meraih banyak penghargaan ya mbak
    memang ceritanya sangat menarik
    aku jadi pengen nonton

    ReplyDelete
  11. Masyaallah keren banget super lengkap nih ceritanya. Aku penasaran loh jadinya.

    ReplyDelete
  12. Duh jadi penasaran pengen nonton animasinya..kayaknya seru ya... Jepang emang juara juga sih dalam hal animasi...punya ciri khas..dan masih ada kesan tradisi yang emang kuat banget ya disana

    ReplyDelete
  13. suka banget dengan kartun begini mba, jadi pengen nonton langsung sendiri, wah penghargaannya banyak banget ya

    ReplyDelete
  14. Anime Jepang selalu unik ceritanya. Tak habis-habis ide yang memanjakan penontonnya. Anak saya sampai lupa waktu kalau sudah baca anime.
    Review your name ini bagus. Saya baca sinopsisnya secara lengkap dan memang bikin ingin menonton sendiri.

    ReplyDelete
  15. Aku dulu suka banget sama anime tapi sekarang agak terlupakan gitu. Ini ceritanya cukup menarik jadi pengen nonton juga.

    ReplyDelete
  16. wah keren nih animenya, jadi penasaran deh pengen nonton filmnya, bisa ditonton dimana yaa ini kak?

    ReplyDelete
  17. Jadi teringat jaman kuliah dulu hobi banget nonton anime. Baca review your name, jadi tertarik bwt nonton anime lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post