Adakah yang sedang merencanakan resign dan sedang mencari contoh surat pengunduran diri kerja? Rasanya banyak yang mengalami ini. 

Tentu saja hal ini dikarenakan banyak faktor. Beberapa diantaranya bisa saja karena rasa jenuh, tuntutan pekerjaan yang tidak sesuai dengan gaji atau bahkan layanan sosial yang tidak memadai.

Membuat surat pengunduran diri kerja tentu saja harus dipertimbangkan dengan baik, sebab selain bersifat personal ini juga menunjukkan keprofesionalan kita di lingkungan kerja. Meskipun hendak mengundurkan diri, ada baiknya kita tetap bersikap sopan kepada atasan. Salah satunya dengan meninggalkan kesan yang baik, kan?

contoh surat pengunduran diri kerja

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang bisa teman-teman jadikan referensi.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh 1

Semarang, 21 September 2021

Yth. Pimpinan
PT. Sukses Bersama
di Semarang
Alamat : Jl. Taman Hijau No. 34 Semarang
Jabatan : Staff Marketing


Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Bunga Mawar

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak terhitung mulai tanggal tanggal 1 Oktober 2021.

Sebelumnya, saya sangat berterima kasih, karena telah diberi kesempatan dan kepercayaan untuk berkembang dan bekerja di perusahaan Bapak. Memiliki lingkungan kerja yang menyenangkan dan rekan kerja yang bisa bekerja sama juga hal yang saya rasakan selama bekerja di perusahaan ini.

Namun, saya juga menyampaikan maaf yang sedalam-dalamnya, karena tidak lagi dapat menjadi bagian dari perusahaan Bapak ke depannya. Mohon dimaafkan segala kesalahan saya baik yang disengaja ataupun tidak. Semoga perusahaan yang Bapak pimpin saat ini, semakin berkembang.

Demikian kiranya surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesadaran yang penuh, dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Bunga Mawar


Untuk contoh lain dari surat pengunduran diri kerja, teman-teman bisa membacanya juga di laman ini.

Hal Penting Dalam Surat Pengunduran Diri

       Diskusikan terlebih dahulu rencana teman-teman untuk resign dari perusahan dengan pimpinan

       Sampaikan alasan kenapa memilih resign

       Perhatikan kontrak kerja.

Jika teman-teman bekerja di bawah kontrak kerja, maka perhatikan kapan perjanjian tersebut berakhir dan apakah ada denda jika diakhiri sebelum waktu tersebut.

       Taati Aturan Perusahaan

Beberapa perusahaan biasanya memiliki aturan tertentu sebelum karyawannya mengundurkan diri. Salah satu contohnya adalah menyelesaikan pekerjaan atau project yang tengah berlangsung. 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk menyerahkan surat pengunduran diri ini? Tentu setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda, namun pada umumnya mereka meminta dalam kurun waktu sebulan. Hal ini juga untuk memberi waktu teman-teman menyelesaikan pekerjaan yang tengah dikerjakan dan transisi untuk pengganti.

Bagaimana jika mengundurkan diri saat itu juga? Secara etika, hal ini kurang tepat ya. Tentu hal seperti ini sangat tidak dianjurkan, kecuali jika ada yang sangat mendesak seperti kekerasan seksual.

Harus diingat juga, jika teman-teman membutuhkan surat paklaring maka silakan ajukan surat pengunduran diri dengan cara yang baik. Surat paklaring adalah surat yang berisi keterangan bahwa teman-teman sedang bekerja atau pernah pekerja di perusahaan tersebut. Surat paklaring biasa disebut juga dengan surat keterangan kerja atau pengalaman kerja.

Baik, itu adalah contoh surat pengunduran diri kerja dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum teman-teman menuliskannya. Apapun alasan teman-teman untuk resign, semoga itu adalah pilihan yang terbaik. Semoga kesuksesan menjadi milik kita bersama :)

Post a Comment

Previous Post Next Post