Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harus Tahu! Tips Optimalkan Investasi Reksadana Saham

tips optimalkan investasi reksadana

Setiap orang tentu menginginkan dapat merdeka secara finansial. Untuk mencapai kondisi ini, tentu setiap orang membutuhkan lebih dari sekedar memiliki tabungan saja, Anda tentu dapat memiliki aset berharga lainnya seperti investasi. Cukup banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih, salah satunya Reksadana Saham (RDS).

Reksadana satu ini seringkali menjadi pilihan bagi para investor pemula karena selain menguntungkan, tingkat keamanannya pun dinilai lebih aman dibandingkan berinvestasi saham secara mandiri.

Bahkan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat dalam laman Data Statistik Publik Per Mei 2023 jumlah investor reksadana meningkat sebesar 7,71% dari tahun 2022. Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal tentu Anda membutuhkan strategi khusus untuk dapat mengoptimalkannya yang akan dibahas pada artikel ini. 

Tips Optimalkan Investasi Reksadana Saham

Untuk dapat mengoptimalkan investasi satu ini, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini terlebih dahulu:

Memulainya dengan Nominal Kecil Terlebih Dahulu

Tanamkan dalam diri Anda bahwa tidak ada investasi yang tidak berisiko. Setiap jenis investasi tentu memiliki risikonya masing-masing. Yang membedakannya adalah tingkat risikonya itu sendiri.

Itu mengapa, jika Anda baru hendak memulai investasi termasuk Reksadana, ada baiknya Anda memulainya dengan nominal kecil terlebih dahulu. Memulai investasi dengan nominal yang kecil terlebih dahulu, memberikan cukup banyak kelebihan bagi Anda.

Dikarenakan jumlah uang yang diinvestasikan terbilang sedikit, maka tanggungan risiko yang dapat terjadi kapan saja akan rendah. Salah satu risiko yang dapat terjadi adalah terjadinya penurunan harga atau kehilangan nilai investasi.

Meningkatkan Pengetahuan tentang Reksadana

Sekalipun Reksadana termasuk ke dalam instrumen investasi yang mudah dikelola, jangan sampai hal ini menjadikan Anda malas untuk mempelajari mengenai investasi ini. Sebelum Anda memulai investasi, pastikan Anda membekali diri sendiri dengan pengetahuan akan investasi itu sendiri.

Anda dapat mencari tahu mengenai pengertian, jenis-jenisnya, kelebihan dan kekurangan, strategi terbaik, risiko, faktor-faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya nilai, hingga teknis dalam menjalankan investasi tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis Reksadana memiliki karakteristik yang berbeda dan tentu saja membutuhkan perlakuan yang berbeda, layaknya seorang ibu yang harus memahami betul bagaimana cara memperlakukan anak-anaknya yang tentu memiliki karakter yang berbeda-beda.

Adakalanya pada saat satu jenis Reksadana mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun di jenis Reksadana lain justru mengalami penurunan.

Namun kondisi ini dapat diminimalisir dengan cara konsisten dalam meningkatkan pengetahuan mengenai Reksadana. Semakin banyak pengetahuan, Anda akan semakin mengerti di mana celah dalam berinvestasi.

Meningkatkan Pengalaman dalam Berinvestasi

Pepatah mengatakan “Bisa Karena Biasa”, pepatah ini juga dapat diaplikasikan dalam proses investasi yang tengah Anda lakukan. Semakin berpengalaman seseorang, kemungkinan untuk dapat berhasil dalam investasi pun semakin besar.

Mengapa demikian? Ini karena melalui pengalaman dan juga berbagai pengetahuan yang dimiliki, Anda akan lebih jeli dalam melihat potensi dari berbagai jenis instrumen investasi.

Pastikan Anda selalu update akan kondisi pasar investasi sehingga Anda dapat menyusun strategi investasi terbaik untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Pada saat Anda hendak memulai instrumen investasi yang baru, pastikan Anda melakukan analisis mendalam terlebih dahulu.

meminimalisir biaya investasi

Meminimalisir Biaya Investasi

Sebetulnya, proses jual beli Reksadana itu tak jauh beda dengan proses jual beli barang pada umumnya. Layaknya barang dagang lain, setiap produk Reksadana tentu memiliki harganya masing-masing termasuk RDS.

Pada saat Anda hendak membeli sebuah produk Reksadana, pastikan untuk memperhatikan fee atau biaya yang akan dikenakan. Entah itu fee beli, fee jual, atau mungkin biaya switching. Besarannya tentu akan bervariasi tergantung pada produksinya.

Di sini Anda perlu lebih cermat dalam memilih. Cobalah untuk memilih produk dengan biaya yang rendah atau mungkin tidak ada sama sekali. Dengan begitu Anda dapat meminimalisir biaya yang perlu dikeluarkan.

Memilih Produk yang Tepat

Maksud dari produk yang tepat di sini adalah produk investasi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Investasi yang menguntungkan tidak melulu soal investasi yang bisa memberikan return tahunan yang tinggi.

Ada kalanya sebuah produk investasi mengalami kenaikan nilai di tahun-tahun tertentu. Anda dituntut untuk lebih bijak dalam memilih jenis produk investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan misalnya untuk investasi jangka pendek atau jangka panjang dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Investasi Reksadana bersama DBS Treasures & Dapatkan Return Maksimal

Kehati-hatian dalam memilih sebuah produk investasi sangatlah diperlukan dalam menjalankan investasi. Jika Anda memilih untuk berinvestasi Reksadana, pastikan Anda memilih mitra yang tepat dan terpercaya seperti halnya perbankan prioritas DBS Treasures.

Dengan menjadikan DBS Treasures sebagai mitra, maka Anda akan semakin mudah untuk bisa mendapatkan keuntungan Reksadana Saham yang maksimal.

Kelebihan yang bisa Anda didapatkan dari menjadi mitra investasi bersama DBS Treasures adalah dana investasi Anda akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi profesional, dapat menambah wawasan dalam berinvestasi, memudahkan Anda melakukan diversifikasi investasi, dan menawarkan akses transaksi lebih mudah di Aplikasi digibank by DBS.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana Saham bersama DBS Treasures, pastikan Anda mengunjungi laman ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai syarat dan proses pendaftaran!

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Harus Tahu! Tips Optimalkan Investasi Reksadana Saham"