Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inspirasi Fasad Rumah Industrial dengan Baja Ringan

Rumah selain sebagai tempat tinggal, juga menjadi saksi bisu bagi penghuninya. Rumah yang aman dan nyaman tentu merupakan idaman bagi siapapun. Sehingga pemilik rumah pun perlu mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan.

Dimulai dari penggunaan material konstruksi, denah isi rumah, penataan perabot yang leluasa, bahkan nilai estetika itu sendiri. Tentu bentuk rumah dan bagaimana tampilan rumah bisa jadi cerminan dari pemilik rumah tersebut.

Kalau bentuk dan bangunan rumah itu berkarakter, tidak menutup kemungkinan keluarga akan betah di rumah, 'kan? Semua itu tergantung pemilihan kualitas yang digunakan untuk menopang rumah. Bahan material konstruksi yang berkualitas pun punya peran penting terhadap suatu rumah.

Salah satu material yang saat ini sering digunakan dan tentu punya kualitas tersendiri adalah baja ringan. Baja ringan biasanya digunakan pada atap, dinding, rangka baja, ataupun interior.

fasad rumah industrial

Model Fasad Rumah, Aman dan Indah dengan Baja Ringan

Fasad rumah atau muka rumah jadi elemen penting pada suatu bangunan rumah. Kalau ada tetangga ataupun orang luar lain yang melihat, pasti yang dilihat pertama kali adalah tampilan luar rumah itu, 'kan?

Baik itu teras, halaman samping, maupun belakang. Memang, terkadang apa yang terlihat di luar tidak melulu menggambarkan apa yang ada di dalam. Akan tetapi, bukan berarti abai terhadap fasad rumah, ya!

Tidak bisa dipungkiri bahwa fasad rumah yang terlihat indah dan asri membuat siapa pun yang melihat pasti akan terkagum. Bagaimanapun, biasanya apa yang terlihat dari luar akan mencerminkan sosok di baliknya, 'kan?

Dimulai dari muka rumah atau fasad rumah, pemilik rumahpun mesti perhatian dalam memilih material. Baja ringan bisa jadi material konstruksi yang tepat dan juga aman. Sehingga bisa menopang fungsi fasad sebagai pelindung rumah.

Selain nilai estetika, fasad juga dapat menentukan suhu rumah, loh! Dengan fungsi tersebut tentu mesti didukung dengan material yang sesuai. Nah, model fasad rumahpun perlu dipertimbangkan sesuai dengan kecocokan dan karakteristik.

Indoor Outdoor

Indoor outdoor bisa jadi model atau konsep desain fasad rumah. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pemandangan rumah indoor outdoor yang tidak jarang ditemui baik di pinggir jalan maupun perkotaan.

Konsep ini misalnya seperti fasad rumah di lantai satu terbuka, sementara di lantai dua tertutup. Atau, beberapa elemen dari fasad rumah itu sendiri dibagi antara indoor maupun outdoor.

Misal area carport dan teras dibuat indoor, sementara area taman ataupun cuci jemur di belakang rumah dibuat outdoor. Sehingga sesuai dengan kenyamanan dan fungsional.

Open Space

Konsep fasad rumah dengan open space memang cukup unik dan berani. Memiliki kesan menonjol dan tampak jelas. Di mana open space sendiri merupakan konsep rumah yang tidak memiliki banyak sekat baik pembatas maupun dinding.

Biasanya open space ini tidak memerlukan banyak elemen dan digunakan pada denah rumah yang cukup sempit. Sehingga, open space yang terkesan lega dan tidak banyak sekat pun menjadi rumah sempit tampak luas dan lega.

All White

Konsep yang satu ini akan membuat rumah tampak lebih terang dan bersih. Nyatanya, pemilihan warna dapat mempengaruhi keleluasaan dari ruangan fasad rumah itu sendiri loh. Misalnya warna serba putih yang membuat rumah terkesan cerah, bersih, dan juga luas.

Konsep all white pun membuat rumah jadi tampak modern dan simple sehingga menjernihkan mata. Tidak hanya dinding, elemen lain seperti pagar ataupun kanopi biasanya dicat warna putih.

fasad rumah industrial dengan baja ringan

Ketahui Kelebihan Baja Ringan untuk Fasad Rumah

Setelah mengetahui model atau konsep dari fasad rumah, sekarang kita harus menentukan material konstruksi yang dapat mendukung fungsional dan estetika dari eksterior fasad rumah. Di sini, aku akan merekomendasikan baja ringan.

Memangnya mengapa harus menggunakan baja ringan? Kalau material yang lain apakah tidak bisa dijadikan pilihan? Wait me, simpan semua pertanyaan di benak kamu karena baja ringan sendiri pun bisa jadi pilihan tepat karena memiliki kelebihan-kelebihan berikut!

Tahan Lama alias Tahan Karat dan Tidak Mudah Keropos

Bahan dasar dari baja ringan sendiri punya nilai unggul karena tidak dapat dimakan rayap dan tahan karat. Sehingga, kita tidak perlu khawatir akan perawatan terkait material tersebut. Sementara material lain seperti kayu dan bambu mudah keropos atau termakan oleh rayap.

Tahan Api

Material konstruksi idaman tentunya mesti tahan api dong, ya? Nah, material baja ringan sendiri memiliki kandungan aluminium zinc (A.Z) yang sifatnya dapat tahan api. Penempatan material ini sebagai atap atau fasad rumah pun jadi pilihan yang tepat.

Ringan dan Kuat

Material ini pun dikenal dengan keringanannya. Namun meskipun ringan, bukan berarti mudah runtuh dan rapuh. Justru, baja yang ringan ini memiliki kekuatan dari beban kejut. Bahkan, baja tersebut memiliki tegangan tarik minimal sebanyak 500 Mps hingga maksimal 550 Mps.

Mudah Dipasang dan Dibentuk

Dikarenakan material ini diolah dari pabrik dan bentuknya yang fleksibel, selain kuat dan ringan, juga memengaruhi material konstruksi sehingga jadi mudah dibentuk dan dipasang. Sehingga kita bisa memasang atau membentuknya sendiri suatu saat. Bahannya pun lebih lentur dibandingkan material konvensional lainnya.

Perawatan Ekonomis

Dengan kualitas seperti anti rayap dan tahan karat membuat material konstruksi jadi lebih tahan lama. Tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mengganti material karena memang baja ringan sendiri lebih awet dan tahan lama. Perawatannya pun lebih mudah, karena debu yang menempel dapat tersapu oleh air hujan. Dan untuk proses pemasangannya, sudah pasti kita serahkan pada yang ahlinya, cari tukang pastinya terpercaya dan bersertifikat.

Keunggulan Atap/Dinding BlueScope Zacs® Cool Pilihan Tepat untuk Fasad Rumah

Kita sudah sama-sama tahu betapa baja ringan memiliki kelebihan yang begitu relevan untuk menciptakan fasad rumah. Nah, untuk menggunakan salah satu material dari baja ringan seperti atap/dinding kamu bisa pakai dari BlueScope Zacs® Cool, mengapa?

Yuk kita bahas!

Namun, sebelum itu kenalan dulu yuk dengan baja ringan BlueScope Zacs® Cool

BlueScope Zacs® yaitu sebuah perusahaan yang menghadirkan inovasi teknologi atap metal inovatif terbaik. Meliputi teknologi cool, natural yang dilengkapi dengan garansi resmi PT NS BlueScope Indonesia untuk perlindungan tahan karat serta warna.

Salah satu produknya yang dapat membuat fasad rumah jadi tampak berkilau dan natural adalah atap/dindingnya. Dengan mengusung konsep natural dan juga terinspirasi dari warna-warna alam sekitar seperti bebatuan dan juga pohon.

Tidak hanya estetika, Baja ringan BlueScope Zacs® Cool juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi keluarga Indonesia. Memperhatikan kualitas pada produk tentu sudah tugas utama. Atap/dinding BlueScope Zacs® Cool sendiri tahan lama dan tahan karat.

Keunggulan lainnya dari BlueScope Zacs® Cool yaitu juga peduli terhadap kualitas produk yang lebih tahan lama ketika terpapar sinar Matahari. Sebab, biasanya produk material akan mengalami pemudaran ketika diterpa sinar matahari terus-menerus. 

BlueScope Zacs® Cool telah mengantisipasi hal tersebut, sehingga membuat rumah jadi sejuk dan indah dengan warna trendy yang variatif. Kenali konsep gaya desain industrial untuk inspirasi trend rumah.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Baja Ringan!

Saking populernya material baja ringan sampai-sampai mudah ditemukan di pasaran. Namun, meskipun begitu, pastikan memilih yang berkualitas ya!

Pilih Lapisan Pelindung Karat mengandung Massa AZ dengan Tebal Minimum 100gr/m2

Baja canal atau baja ringan memiliki kandungan aluminium zinc (AZ) yang mampu bertahan terhadap api dan sinar matahari. Semakin tebal lapisan pelindung karat, maka semakin tebal pula masa tahannya sehingga berfungsi dengan baik yang membuat awet dan tahan hingga puluhan tahun.

Pilih Sesuai dengan Kondisi, Cuaca, dan Lokasi

Selain itu perhatikan pula kondisi cuaca di lokasi sekitar karena akan berpengaruh. Apabila lokasi kamu memiliki cuaca ekstrem, gunakan lapisan baja ringan dengan ketebalan ≥AZ150 untuk menghindari karat. Sementara, kalau cuaca di lokasi kamu cenderung normal, gunakan ketebalan AZ100 untuk perlindungan minimal sepuluh tahun.

Pilih Sesuai Rekomendasi Internasional dan SNI

Setelah memastikan kualitas ketebalan lapisan baja karat, selanjutnya pastikan baja ringan yang dipilih sesuai dengan rekomendasi SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Bagaimana caranya? Dilansir dari bluescopezacs.id produk dengan rekomendasi SNI memiliki Printing Text. Telah melalui uji berat, uji landut, dan uji tekuk.

Atap/dinding baja ringan BlueScope Zacs® Cool memiliki semua pilihan itu sehingga kamu tidak perlu susah payah memilih karena BlueScope Zacs® Cool telah menghadirkan kualitas kenyamanan dan keamanan.

Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

12 comments for "Inspirasi Fasad Rumah Industrial dengan Baja Ringan"

  1. Semakin perkembangan zaman, maka pemilihan fasad rumah semakin beragam ya, Mbak. Tidak monoton batu bata mulu atau kayu mulu. Dan menurut saya baja ringan ini bagus sekali dengan beragam keunggulannya. Pastinya selain ringan, mudah dibentuk, terus tahan karat juga.

    ReplyDelete
  2. arsitektur fasad rumah industrial emang lumayan banyak digemari karena karakternya yang modern dan minimalis. Menggunakan baja ringan sebagai pengganti dinding bata/kayu juga keliatan modern dan estetis tapi harus pandai memilih desain (better pake jasa arsitek atau cari referensi ) dan juga kualitas produknya.

    ReplyDelete
  3. arsitektur fasad rumah industrial emang lumayan banyak digemari karena karakternya yang modern dan minimalis. Menggunakan baja ringan sebagai pengganti dinding bata/kayu juga keliatan modern dan estetis tapi harus pandai memilih desain (better pake jasa arsitek atau cari referensi ) dan juga kualitas produknya.

    ReplyDelete
  4. baja ringan emang udh jadi tren buat bangunan rumah yaaaa, engga di kampung atau pun di kota udah banyak pilih baja ringan, karena praktis, ekonomis dan awet

    ReplyDelete
  5. Baru tau dong kalo ada istilah fasad rumah, hehe.. Dan ini ternyata jadi bagian penting dari rumah yah. Apalagi, punya banyak kelebihan gitu, ditambah pilih produknya dari baja ringan berkualitas, udah pasti bikin rumah tampil cakep deh.

    ReplyDelete
  6. Fasad rumah itu memang penting banget. Bahkan bisa menunjukkan karakteristik pemilik rumah. Untuk buat fasadnya bisa pakai baja ringan yang punya banyak keunggulan.

    ReplyDelete
  7. Dari dulu aku udh mulai melirik baja ringan buat rumah ini. Di satu sisi emg kuat dan kokoh, tahan lama, harga jg terjangkau sih meski agak lbh tggi dr bahan lainnya.

    Tp unik jg ya kalo baja ringan ini dibangun di desa. Jd bangunan paling unik tuh di desa. Haha

    ReplyDelete
  8. Rumah industrial memang unik ya. Cocok kalau pakai baja ringan yang punya keunggulan khas.

    ReplyDelete
  9. waaah pas banget akhir-akhir ini lagi banyak cari referensi tentang rumah. kepikiran pengen rumah open space kayaknya keliatan luas yaa

    ReplyDelete
  10. Baja ringan sekarang sering dipakai ya. Bentuknya juga lebih minimalis nan estetik untuk rumah.

    ReplyDelete
  11. Harga dari baja ringan juga saat ini kompetitif ya..
    Sehingga bisa menjadi salah satu material rumah yang bisa diandalkan tidak hanya dari keunggulan sifat baja ringan itu sendiri, tetapi juga desain dan kemudahan dalam pemasangannya.

    ReplyDelete
  12. Baja Ringan memang banyak sih dipakai untuk konstruksi rumah kekinian saat ini, selain banyak juga manfaatnya tentu bikin rumah terasa nyaman dan betah di rumah.

    ReplyDelete