Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perempuan Ngga Lagi Malas Service Motor, Ini Rahasianya!

Hayooo siapa nih di antara teman curhat yang suka malas untuk service motor? Saya salah satunya. 

Banyak meme yang bertebaran di media sosial terkait perempuan yang susah banget kalau disuruh untuk service motor. Atau kadang pura-pura lupa, atau bahkan lupa beneran. Sebenarnya, kenapa sih kebanyakan perempuan jarang bisa merawat kendaraannya sendiri? 

perempuan malas service motor

Ini Alasan Mengapa Perempuan Malas Service Motor

Berdasarkan pengalaman pribadi dan wawancara beberapa narasumber perempuan yang punya kendaraan, berikut adalah alasan mengapa kami malas untuk service motor:

1. Merasa tidak nyaman dan aman di tempat service motor.

Manusia adalah makhluk yang cenderung berkumpul dengan hal-hal yang menurutnya "sama" dengan dirinya. Sehingga tak salah jika ada seorang anak yang menangis karena memakai seragam yang salah hari itu.

Begitu juga dengan perempuan. Merasa tak nyaman di tempat service motor yang didominasi oleh kaum pria. Bahkan ada beberapa pula yang merasa tak aman karena ada saja yang melakukan cat calling pada perempuan. Oleh karena itu tempat service motor menjadi tempat yang membuat kebanyakan dari perempuan merasa tidak nyaman meskipun saat ini banyak tempat service motor yang nyaman dan aman.

2. Tidak tahu menahu soal otomotif

Perempuan jadi malas ketika diajak ngobrol soal otomotif. Kaga nyambung! Sehingga ketika pergi ke service motor, kami merasa nanti bisa dibohongi oleh petugas. Kenapa? Karena ngga tahu menahu soal otomotif.

3. Keterbatasan waktu dan soal prioritas

Perempuan tidak sama dengan laki-laki. Jika perempuan sudah berkeluarga, apalagi punya anak, tentu saja waktunya sangat terbatas untuk bisa pergi ke service motor. Apalagi jika membutuhkan waktu yang sangat lama.

Berbeda dengan lelaki yang memang punya ketertarikan secara naluri di bidang otomotif. Ditambah meskipun punya keterbatasan waktu, lelaki masih bisa melakukan service motor di jam-jam istirahat kantor. 

Motor itu berat, andai lelaki harus mendorongnya, mungkin tak jadi masalah hehehe..

Namun saat ini, sebagai perempuan, saya turut merasa lega karena hadirnya Planet Ban di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang penuh kejutan ini. Namun sebelum itu, teman curhat harus tahu delapan hal tentang bagian yang wajib dicek saat service motor. Jadi setidaknya kita tahu dasarnya.

Wahai Perempuan, Perhatikan Bagian Ini Saat Service Motor

service motor rutin

Service motor haruslah dilaksanakan secara rutin. Karena hanya melalui service motorlah kita akan tahu kondisi kendaraan kita, lalu apa yang harus dilakukan jika ada yang tidak beres.

1. Oli Mesin

Oli mesin ini berfungsi sebagai pelumas, pendingin, sekaligus pelindung mesin. Itulah sebabnya, teman curhat harus mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. 

Rata-rata, pabrikan menyarankan penggantian oli mesin di 2500km. Namun, beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailler otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km. Artinya 2x lebih lama dari oli mesin biasa.

Kok bisa begitu? Iya, karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar jika retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dibanding oli mesin biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli mesin.

2. Oli Gardan

Oli gardan merupakan oli yang wajib diganti secara rutin oleh pengguna motor matic. Fungsinya yakni sebagai pelumas gear yang ada di Continuosly Variable Transmission (CVT). 

3. Busi

Busi merupakan bagian dari motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak bisa berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit untuk dinyalakan.

Pernah kan mengalami ini? Oleh karena itulah, periksa apakah busi sudah perlu diganti atau tidak. 

4. Kampas rem

Keselamatan yang menjadi hal nomor satu yang harus diutamakan selama berkendara bergantung pada kampas rem, salah satunya. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun akhirnya jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan.

Inilah alasan pentingnya memperhatikan kondisi kampas rem, harus selalu dicek setiap kali service motor.

5. Aki atau Accu

Tegangan Aki juga harus sesuai dengan standar agar tidak ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. Sehingga mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.

Oleh karena itu setiap kali service, pastikan kondisi akinya juga bagus. Jika kondisi aki nya sudah tidak layak, maka kita harus segera menggantinya dengan yang baru agar motor tetap bisa digunakan dengan nyaman.

6. Ban

Nah ini nih satu komponen yang biasanya terlupakan, yaitu ban. Padahal penting banget untuk checking ban untuk menjaga keselamatan selama berkendara. 

7. Tune up Motor rutin

Service motor tune up ini merupakan service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen. Penting untuk diperhatikan oleh pengguna agar performa motor secara keseluruhan bagus.

Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), pemeriksaan tegangan rantai, rem, hingga klakson.

Namun ada kalanya tune up motor juga diiringi dengan penggantian oli mesin, ganti oli gardan, hingga penggantian sparepart. Namun semua ini tentu saja atas persetujuan teman curhat sebagai pemilik kendaraan ya.

Rekomendasi Bengkel Service Motor Terbaik

Biasanya perempuan tuh malas datang ke service motor yang tidak dikenalnya dengan baik karena "takut ketipu". Padahal, ada nih bengkel service motor yang bisa teman-teman kunjungi karena kualitas service yang mereka berikan oke banget, yakni Planet Ban.

Planet Ban memberikan servis motor rasa baru atau yang biasa disebut dengan service motor terpadu. Tujuannya untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat namun biaya lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikannya itu tidak hanya pada komponen vital, tapi juga pada komponen yang letaknya tersembunyi dan jarang diservice, termasuk jarang dicek atau disetel rutin.

service motor di planet ban
source: suara.com

Benefit Melakukan Service Motor di Planet Ban

Untuk teman-teman yang akan melakukan servis motor di Planet Ban, tidak perlu khawatir! Karena ada begitu banyak benefit yang bisa teman-teman rasakan. Di antaranya:

  • Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memberikan perlindungan pada mesin. Mesin jadi lebih awet. Ganti oli cukup setiap 5000km (yakni antara 4-6 bulan sekali), sehingga teman-teman tidak perlu sering ke bengkel deh. Jadinya biaya servis juga lebih cepat. Tidak hanya oli motor biasa, tapi Planet Ban juga menyediakan oli motor matic terbaik. 
oli motor matic
ini nih oli motor matic yang saya beli dari Planet Ban, dan memang lebih tahan lama!

  • Seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan seperti baru. Berbeda dengan di tempat lain yang biasanya masih banyak kotoran, debu, atau sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor.
  • Servis motor di Planet Ban membuat motor kita seperti punya mesin baru. Hasilnya tarikan jadi lebih enteng.
  • Lebih ramah lingkungan karena emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.
  • Harga terjangkau. Service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Gimana? Tahu kan apa yang harus didapatkan oleh motormu yang entah sudah berapa lama ngga diservis itu?

Yuk servis ke Planet Ban aja untuk perawatan rutin, dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.


Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

13 comments for "Perempuan Ngga Lagi Malas Service Motor, Ini Rahasianya!"

  1. Kalau udah ada Planet Ban sih, gampang soal servis tinggal datang ke bengkel aja

    ReplyDelete
  2. Banyak ya ternyata keuntungan servis motor di Planet Ban.. aku pernah, tp waktu itu ganti ban doang. Oke deh, next servis dipertimbangkan untuk servis ke sana. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  3. Bengkel masa kini cakep dan nyaman kaya di Planet Ban begini mah ya.. betah siih..
    Apalagi kalo ada wifinya.
    Uda makin menyenangkan Service Motor di Planet Ban.

    ReplyDelete
  4. Wah aku baru tahu kalau Planet Ban ini bisa servis motor. Pernah ganti ban di planet ban, menurutku rekomended sih. Selain tempatnya nyaman, bersih, juga banyak pilihan merk ban yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  5. Mwaahaha... nyonya biasanya tahu beres motor sudah diservis oleh tuan. Di dekat sekolah ada Planet Ban, dan memang jarang ada perempuan nungguin servisan.. apa mereka tinggal ke pasar dulu yak, efisiensi waktu hehe.

    ReplyDelete
  6. Wah betul banget Kak, kadang yang membuat perempuan gak nyaman saat harus melakukan aktivitas di tempat mayoritas pria seperti bengkel ya hal-hal seperti catcalling dan lainnya. Itulah kenapa sepertinya bengkel yang profesional seperti Planet Ban bisa jadi pilihan bagus ya. Karena bagaimana pun merawat kendaraan harus selalu dilakukan.

    ReplyDelete
  7. Saya sudah lama biasa service motor sendiri, sekarang bengkel-bengkel service tempatnya lebih nyaman dengan menyediakan wifi gratis, minum gratis bahakan ada play ground buat anak-anak.

    ReplyDelete
  8. Nah iya, akutuh merasa kurang nyaman di tempat service motor karena kebanyakan pria di sana, juga karena gatau dunia permotoran. Maka, service terpadu Planet Ban seperti ini sungguh membantuku

    ReplyDelete
  9. Dulu sebelum punya suami emang alasan nomer 1 bikin nggak nyaman. Secara montirnya rata2 kan cowok, trus kagak ngerti juga kalau ditanya apanya yang mau diservis. Sekarang karena ada suami jadi lebih sedikit paham. Apalagi kalau service di planet ban rasanya lebih nyaman sih

    ReplyDelete
  10. Perempuan nggak bolah lagi malas servis motor ya mbak
    Sebab servisnya di Planet Ban
    Tempatnya nyaman

    ReplyDelete
  11. Saya tuh pengen suatu saat bisa ke service motor juga
    Makanya masih berharap ke depannya punya motor sendiri
    Supaya tetap awet

    ReplyDelete
  12. wah harga di Planet ban terjangkau banget ya, pelayanan servisnya bagus, nyaman, dan jujur. Kasih tahu terlebih dahulu bakal kena sekian sekian, alatnya ini dan itu, totalnya bakal sekian jadi kita bisa prepare

    ReplyDelete
  13. jaman sekarang udah banya yang bawa motor sendiri jadi wajib ngerti nih hal-hal yang disampaikan di atas. Makasih ya Mba tipsnya asli penting pol ini sih

    ReplyDelete