Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar dari IDN Creative tentang Digital Campaign di Era New Normal

Era new normal (pasca pandemi) terasa banget beberapa tahun terakhir. Perubahannya menjadi pembelajaran bagi saya dan mungkin juga bagi teman-teman. Mulai dari kebiasaan hidup baru yang harus menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat, juga tentang bagaimana orang-orang yang punya bisnis, harus segera bergerak dan punya inovasi.

Salah satu inovasi yang digadang oleh IDN Media, sebagai salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, sekaligus media kesayangan saya, kita bisa belajar bagaimana mereka menerapkan Digital Campaign yang bisa dibilang sukses belakangan ini.

Bagaimana sih strategi yang bisa kita contoh dari IDN Media tersebut? Yuk simak sampai habis yuk, siapa tahu Digital Campaign di Era Pandemi ini tidak hanya membantu bisnis yang sedang teman-teman jalankan, tapi juga aspek kehidupan lain yang berkaitan.

digital campaign

Strategi IDN Media Jalankan Digital Campaign di Era New Normal

IDN Creative kali ini mengupas tuntas dan memberikan edukasi baru bagi kita tentang bagaimana perubahan pola konsumsi masyarakat dan taktik jitu untuk sukses membuat digital campaign yang berhasil dan memuaskan baik dari sisi brand maupun konsumen.

1. Fleksibilitas dalam bekerja its a must

IDN Creative merupakan salah satu unit bisnis IDN Media, bentuknya seperti agensi digital multi platform yang memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan para brand dan advertiser. Tentu blogger sudah banyak yang memahami cara kerja digital agensi ya?

Nah, IDN Creative dalam hal ini menjabarkan bahwa memiliki fleksibilitas dalam bekerja di era saat ini adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Tentu saja dengan tetap memperhatikan SOP yang ada dan selalu berpikir positif.

Ketika kita membuat sebuah konten, kita juga perlu mendalami relevansi konten yang dihasilkan. Harus up to date, tone, gaya bahasa yang disampaikan juga disesuaikan dengan audience atau target pasar. 

2. Koordinasi dengan cepat

Memang ya, sekarang tuh apa-apa serba cepat. Kita akan kehilangan momentum meskipun terlewat beberapa menit saja. Era digital memang menuntut kita untuk serba cepat, gerak cepat, oleh karena itu selalu dibutuhkan koordinasi dengan cepat agar kita tidak melewatkan momentum yang ada.

Faktanya, sebagaimana disebutkan oleh IDN Creative, setelah vakum dua tahun selama pandemi kemarin, berbagai event offline mulai ramai lagi. Sehingga berbagai brand pun berlomba-lomba untuk membuat event atau menjadi sponsor event offline tersebut.

Nah, hal ini tentu saja juga akan berdampak pada media placement, salah satunya event coverage article. Karena IDN Creative juga mengurus kebutuhan konten tulisan untuk para klien, Copy Editor IDN Creative Cynthia Dewi Kirana juga merasakan bagaimana ia lebih banyak mengatur event online yang nantinya akan diliput dan dibuatkan konten berupa artikel. Lalu pada era new normal seperti ini ia bersama tim Copywriting lebih sering menghadiri event offline lagi.

Hal ini membuat tim akhirnya harus berpacu dengan waktu. Karena jika artikel terlalu lama mengendap karena proses feedback dan approval, lewat deh momentumnya. Itulah mengapa koordinasi dengan cepat dan tepat adalah hal yang harus bisa dilakukan saat ini.

3. Campaign yang Unik Bisa Menarik Minat Masyarakat

digital campaign

Keunikan yang kita hadirkan dalam setiap campaign tentu saja akan menjadi nilai tambah. Tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga di mata masyarakat yang menjadi target pasar kita.

Selama pandemi kemarin, daya beli masyarakat memang sempat mengalami penurunan sangat drastis. Bahkan tak sedikit UMKM hingga perusahaan besar yang gulung tikar atau mengalami PHK besar-besaran karena hal tersebut. 

Oleh karena itu marketers harus berani menyesuaikan eksekusi campaing yang tengah dijalankan untuk menarik hati masyarakat. Kalau kita melihat tren, penggunaan gawai selama pandemi hingga saat ini meningkat bukan? 

Sehingga tak heran Copy Editor IDN Creative Anastasia Desire mengungkapkan bahwa IDN Creative sebagai marketers pun harus menyesuaikan hal ini.

Setelah 'mendekam' di rumah saja selama kurang lebih 2 tahun, masyarakat pasti membutuhkan refreshment. Dari sisi konten, topik yang mengandung entertainment dan jokes adalah dua poin penting dalam membuat digital campaign. Semakin unik campaign yang dibuat, maka semakin banyak masyarakat yang penasaran.

Tidak hanya membeli produk yang kita pasarkan, bahkan secara cuma-cuma mereka akan membagikan konten yang kita buat melalui akun pribadi mereka. 

4. Selalu memposisikan diri sebagai konsumen

Nah ini, jangan sampai ketika mengesekusi sebuah campaign kita tidak mengenali perubahan behaviour dari target pasar. Pernah tahu kan kejadian blundernya sebuah campaign yang berujung pada kemarahan konsumen karena ia menggunakan isu agama untuk iklan?

Kalau kita tidak mengenali dan memposisikan diri sebagai konsumen, bisa saja dan sangat mungkin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, sebelum melakukan campaign, yuk posisikan diri sebagai konsumen. Apa kebutuhan mereka, apa solusi yang mereka inginkan? 

Namun meskipun perkembangan digital campaign melesat sedemikian cepat, bukan berarti kita mengabaikan offline marketing ya. Karena seiring dengan kembalinya aktivitas orang-orang di luar rumah, peran offline marketing pun juga masih sangat penting untuk brand awareness.

Oleh karena itu di sinilah pentingnya kolaborasi, atau yang biasa disebut dengan hybrid situation. Kolaborasi antara offline dan online akan menjadikan kita lebih baik lagi ke depannya.


Han
Han Lebih suka dipanggil Han ketimbang Lohan. Menikmati sebagai penuntut ilmu sejati. Blogger cupu yang punya mimpi seperti bos kapanlagi

Post a Comment for "Belajar dari IDN Creative tentang Digital Campaign di Era New Normal"