Berbicara tentang Cara membuat toko online tentu kita tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi dan kemajuan internet membuat banyak hal jadi lebih mudah. Misalnya, untuk pesan ojek ataupun makanan, tidak lagi perlu keluar rumah untuk memesan. Cukup dengan menyentuh fitur-fitur pada aplikasi, apa yang dibutuhkan, bisa dengan mudah didapatkan.

Belakangan, hal-hal yang berbau online memang makin menjamur. Selain aplikasi ojek online, banyak juga bermunculan toko-toko online. Baik itu yag berangkat dari toko fisik, maupun yang benar-benar baru membuka toko.

cara membuat toko online

Meski tidak sesdikit orang yang punya minat untuk membuka toko online, tetapi masih ada yang tentu saja kebingungan harus memulai dari mana dan apa saja cara untuk membuka toko online. Sebelum sampai ke tahap cara pembuatannya, ada baiknya kenalan dulu dengan keuntungan atau kelebihan membuka toko online dan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuka toko online.

Kelebihan Membuka Toko Online

1. Meningkatkan omzet penjualan

Kita tentu sudah bisa sama-sama melihat, ya, bahwa untuk toko fisik atau toko offline, pelanggannya masih terbatas. Beda dengan toko online yang pelanggannya bisa dari mana saja. Dari dalam maupun luar negeri. Dengan semakin luasnya pelanggan yang bisa dijaring, maka omzet penjualan pun kemungkinan akan meningkat.

2. Efisiensi Waktu dan Biaya

Salah satu hal yang seringkali jadi kendala untuk membuka toko adalah bangunan toko itu sendiri. Modal usaha dan semangat ada, tetapi tidak punya tempat untuk buka toko. Mau sewa, otomatis, biaya yang diperlukan akan lebih besar. Nah, dengan membuka toko online, masalah ini bisa teratasi. Sehingga bisa menghemat biaya dan mengefesiensikan waktu yang ada karena tokonya bisa dikelola dari rumah, bahkan saat tidak di rumah pun, masih tetap bisa terima pesanan.

3. Terkoneksi dengan Sasaran Konsumen yang Tepat

Untuk toko offline, cara mengiklankannya paling dengan spanduk, banner, ataupun brosur. Namun, untuk toko online, bisa memanfaatkan fitur di media sosial. Misalnya melalui facebook Ads dan/atau Instagram Ads.

Dengan menggunakan fitur atau layanan tersebut, Anda bisa memfokuskan iklan toko online Anda kepada orang-orang yang sekiranya tertarik dengan produk atau barang yang Anda jual.

Setelah tahu apa saja keuntungan membuka toko online, selanjutnya mari kita simak apa saja yang dibutuhkan untuk membuka toko online.

Hal yang Dibutuhkan dalam Membuat Toko Online

1. Niat, Usaha, dan Modal

Namanya buka usaha, semua diawali dari niat. Dari niat, berlanjut ke usaha untuk mewujudkan niat. Niat tanpa usaha kan nggak bisa juga, ya. Usaha itu misalnya, mau buka toko online yang jualan kosmetik, bisa tuh mulai cari tahu produk kosmetik apa yang banyak peminatnya.

Nah, setelah niat dan usaha sudah terpenuhi, selanjutnya mulai mikirin modal. Usaha, sekeceil apa pun itu pasti butuh modal. Bahkan paket data dan gawai yang dipakai untuk cari tahu ini-itu kan bisa juga disebut modal.

2. Produk/Barang yang Akan Dijual

Namanya toko, tentu harus punya produk dan/atau barang yang harus dijual. Agar lebih menarik banyak konsumen, penampilan produk dan/atau barang akan dijual harus diperhatikan. Baik itu saat diiklankan maupun saat dikemas.

Selain itu, mencari tahu apa yang sedang diminati banyak orang pun bisa jadi pertimbangan untuk menentukan apa yang akan dijual.

3. Menentukan Nama Toko

Nama adalah identitas yang sangat penting. Lewat nama, Anda bisa dikenal. Demikian juga dengan toko online. Untuk urusan nama, sebaiknya menggunakan nama yang tidak sulit saat diucapkan dan ditulis agar konsumen bisa lebih mudah mengingatnya.

Sebaiknya memang mencari nama yang unik atau yang menggambarkan usaha Anda.

4. Persiapkan Domain

Setelah menentukan nama toko Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan domainnya. Dalam ruang digital, domain adalah hal yang membantu para pengguna internet untuk menemukan usaha atau toko online Anda, karena itu pastikan memilih domain yang mudah diingat.

5. Tentukan Target Pasar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudahan dalam terkoneksi dengan banyak pelanggan bisa terbantu dengan memanfaatkan layanan ads dari media sosial. Yaitu facebook ads dan instagram ads.

Untuk membuat iklan yang bisa disebarkan melalui dua layanan tersebut, Anda juga perlu tahu apa target pasar yang akan disasar. Hal ini penting agar produk yang Anda iklankan bisa sejalan dengan target yang sudah Anda tentukan.

Misalnya Anda ingin menjual produk perawatan wajah untuk remaja, maka pastikan iklan yang Anda buat bisa menarik perhatian para remaja.

6. Konten yang Menarik dan Menciptakan Traficc Menuju Toko Online Anda

Saat ini sudah cukup banyak toko online yang memiliki media sosial dan website sebagai sarana untuk memasarkan barang dagangan. Adapun media sosial dan website tersebut bukan hanya berisi barang dagangan, tetapi juga berisi konten yang bisa dijadikan sebuah ciri khas sekaligus menarik perhatian para konsumen.

membuat toko online

Dengan konten yang menarik dan tentu saja sesuai dengan isi toko online Anda, maka para konsumen bisa jadi akan lebih sering “datang” ke toko Anda.

Misalnya, jika toko online Anda menjual barang berupa buku, Anda bisa mengisi akun media sosial Anda dengan konten berupa kutipan yang berasal dari buku yang Anda jual.

Untuk website, Anda mungkin bisa mengisinya dengan konten berupa ulasan buku atau tulisan lain yang temanya masih seputar buku.

5 Langkah Cara Membuat Toko Online

Setelah mengetahui keuntungan membuka toko online dan apa saja yang perlu dipersiapkan, selanjutnya mari kita simak langkah-langkah dari cara membuat toko online.

Dalam membuat toko online itu sendiri, bisa dengan dua cara yaitu menggunakan jasa pembuatan toko online atau melakukannya sendiri. Agar lebih mudah dipahami, beriut ini langkah-langkah dalam membuat toko online.

1. Membeli Domain dan Menyewa Hosting

Sama seperti toko konvensional, toko online juga sebenarnya butuh alamat dan lahan. Bedanya, alamat toko online yang disebut domain, lebih mudah dikunjungi para konsumen. Sementara untuk lahan, bentuknya tentu saja tidak seperti lahan untuk toko konvensional.

Dalam memutuskan untuk membeli domain dan menyewa hosting, pastikan untuk melakukan perbandingan harga terlebih dahulu, agar bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

2. Setelah memiliki domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah memasang Content Management System (CMS). CMS sendiri adalah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan membuat berbagai konten pada website.

Dengan memasang CMS, Anda bisa mengembangkan situs toko online Anda tanpa harus belajar lebih dalam mengenai bahasa pemrograman.

Adapun salah satu CMS yang biasanya digunakan oleh toko online adalah WordPress karena dianggap terbilang mudah digunakan.

3. Unduh Plugin Toko Online (WooCommerce)

Langkah selanjutnya adalah mengunduh plugin khusus toko online seperti WooCommerce.

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengisi beberapa data pelengkap seperti alamat toko, jenis barang yang akan Anda jual, dan mata uang yang digunakan.

Baru setelah itu Anda akan diminta memilih metode pembayaran yang ingin diunduh pada website Anda. Untuk pilihan standarnya ada PayPal, tetapi ke depannya pun Anda bisa menambahkan metode pembayaran lain.

4. Mulai Masukkan Produk

Untuk memasukkan atau menambahkan produk, silakan klik menu product, lalu pilih Add New. Selanjutnya, jangan lupa masukkan berbagai macam informasi seputar produk Anda seperti nama, harga, berat (ini untuk menentukan ongkos kirim), kategori, kode, deskripsi, dan tentu saja foto produk. Ingat, pastikan agar foto yang terpasang bukan hanya menarik, tetapi juga sesuai dengan bentuk aslinya agar pembeli tidak kecewa jika barangnya sudah diterima.

5. Gunakan/Tentukan Payment Gateway

Saat ini, kemudahan dalam bertransaksi keuangan adalah satu hal yang sudah disenangi banyak orang. Oleh karena itu, demi fleksibilitas pembayaran, sebaiknya Anda mengunduh plugin payment gateaway yang bisa mengakomodir kebutuhan para konsumen.

Di Indonesia, sudah ada beberapa perusahaan yang fokus menyediakan payment gateway bagi toko online, salah satuya Midtrans.

6. Perkenalkan Toko dan Pasarkan Produk

Jika toko online Anda sudah siap, langkah selanjutnya adalah mulai memperkenalkan toko online Anda. Manfaatkan media sosial untuk jangkauan konsumen yang lebih luas. Gunakan kalimat-kalimat yang tidak terlalu kaku untuk pendekatan yang lebih mudah.

Itulah dia pembahasan seputar cara membuka toko online bagi pemula. Mulai dari keuntungan membuka toko online, apa saja yang perlu dipersiapkan, hingga langkah-langkan untuk membuka toko online.

Semoga, setelah membaca artikel ini, Anda yang ingin membuka toko online jadi lebih terbantu, ya. Semangat!

Post a Comment

Previous Post Next Post