Ada yang pernah pakai jasa arsitek rumah? Jasa ini, memang akan lebih mudah teman-teman temui di kota besar atau secara khusus didapuk oleh orang yang memang mengerti layanan ini. Jadi ya, memang nggak semua orang memakai jasa ini.

Di daerah pedesaan, jasa arsitek seperti ini masih banyak dilakukan oleh tukang bangunan kepercayaan. Betul? Pemilik rumah biasanya akan mendiskusikan banyak hal bersamanya, termasuk desain rumah. Salah satu hal yang menjadi faktor kenapa jasa arsitek belum banyak digunakan adalah persoalan biaya.

Sebelum membicarakan persoalan ini lebih jauh, ada baiknya kita cari tahu apa keuntungan yang kita dapatkan ketika menggunakan jasa arsitek rumah ini.

jasa arsitek rumah

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek Rumah

       Membantu Penghematan Budget

Urusan renovasi atau membangun rumah, sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan menggunakan arsitek, teman-teman bisa membicarakan besarnya budget yang dimiliki. Biasanya, mereka akan membantu mencarikan solusi dengan mengganti bahan dengan kualitas yang sama tapi harga lebih murah atau bahkan menggunakan bahan daur ulang.

Benar sekali. Sebab teman-teman tidak cuma bisa berkonsultasi mengenai desain rumah tapi juga budget yang dimiliki.

       Desain Sesuai Kebutuhan

Seperti yang sudah kita ketahui ya, bahwa menggunakan jasa arsitek berarti bebas menggunakan desain rumah yang kita inginkan. Kebutuhan ruang setiap rumah tentu saja berbeda. Misalkan, rumah yang di dalamnya ada lansia atau anak-anak tentu akan sangat berbeda penggunaan perabot dan ruangnya.

Dengan menggunakan jasa arsitek, tentu saja kita akan memiliki rumah dengan ruang yang sangat fungsional dan tentu saja estetik ya.

       Memberikan Solusi Sesuai Bidang Keilmuan

Arsitek dituntut untuk mengetahui hal-hal seperti ketersediaan bahan, kegunaan, kualitas bahan hingga harga di pasaran. Selain itu, arsitek-arsitek ini juga akan memberi kita solusi dengan keputusan terbaik dengan meminimalkan kesalahan.

Ketika menggunakan jasa arsitek untuk sebuah rumah, tidak hanya ketiga keuntungan tersebut yang kita dapatkan. Mengingat belakangan ini isu mengenai penggunaan energi alternatif mulai banyak digaungkan, maka arsitek juga banyak yang menyarankan penggunaan energi alternatif. Baik untuk pencahayaan ataupun penyejuk ruangan.

Lalu, bagaimana cara menemukan arsitek yang berkompeten? Yuk simak penjelasan berikutnya. 

4 Cara Memilih Jasa Arsitek Rumah

       Pilih dari testimoni klien

Testimoni ini sangat berperan penting dalam menentukan pilihan. Dari sini, kita sedikit banyak akan mengetahui bagaimana cara kerjanya, lama waktu pengerjaan hingga kualitas bangunan yang dihasilkan.

       Periksa Sertifikat Keahlian Arsitek (SKA)

Untuk mendapatkan sertifikat ini, para arsitek harus memenuhi beberapa poin sebagai kriteria khusus. Selalu pastikan, bahwa arsitek yang teman-teman pilih memiliki sertifikat resmi.

       Perhatikan portofolio arsitek

Apakah teman-teman tahu, jika arsitek ini juga punya spesifikasi jenis bangunan? Dengan menggunakan portofolio, kita akan tahu jenis bangunan apa saja yang pernah dikerjakan, bagaimana kualitas dan kuantitasnya.

       Pilih arsitek yang sesuai anggaran dana

Setiap arsitek tentu memiliki tarif yang berbeda. Meskipun secara umum memiliki tarif yang hampir sama, namun arsitek rumah yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan naik daun, biasanya memiliki tarif yang sedikit lebih tinggi.

Membuat rumah memang tidak mudah dan tidak murah, itulah mengapa kita harus mempertimbangkan segalanya dengan baik. Setelah mengetahui keuntuntungan menggunakan jasa arsitek rumah, berikut cara memilihnya, semoga bisa membantu kebimbangan teman-teman. 

Apakah penting menggunakan jasa arsitek rumah? Tentu penting jika teman-teman membutuhkan hunian yang sangat fungsional bagi seluruh anggota keluarga. Semoga artikel ini membantu dan rumah impian segera terwujud ya~

Post a Comment

Previous Post Next Post