Sinopsis Newly Rich kali ini saya tulis karena memang ingin mengenang bagaimana perasaan saya setelah menonton film ini melalui Netflix. Film yang saya pun ngga kebayang ingin menontonnya. Tapi begitu sampai di permulaan saja, saya langsung ngga mau filmnya terjeda.


Pesona Raline Shah langsung membuat saya senyum-senyum sendiri. Selain cantik, pemeran sosok Tika di film ini aktingnya bikin saya makin ngefans dengan sosok perempuan yang pertama kali saya kenal lewat film Ayat-Ayat Cinta.


sinopsis newly rich
pict from Netflix



Sinopsis Newly Rich - Orang Kaya Baru Karya Ody C. Harahap


Orang Kaya Baru atau Newly Rich adalah film tentang orang kaya nyamar miskin. Namun penyamarannya tersebut sebegitu sempurnanya sampai istri dan anak-anaknya baru tahu setelah sang Bapak yang berpura-pura miskin meninggalkan mereka untuk selamanya.


Raline yang berperan sebagai Tika di sini memiliki dua saudara laki-laki. Saudara laki-laki tertua diperankan oleh Derby Romero sebagai Duta. Lalu yang paling bungsu adalah Fatih Unru yang berperan sebagai Dodi. Ada Lukman Sardi yang berperan sebagai Bapak, dan Cut Mini Theo berperan sebagai Ibu.


Mereka semua hidup serba pas-pasan selama dua puluh satu tahun lamanya (sejak Bapak dan Ibu menikah) lalu punya tiga anak hingga saat ini. Digambarkan dengan sepatu Dodi yang sudah rusak dan solnya lepas, lalu Tika membuat maket untuk mata kuliahnya di jurusan Arsitektur dengan kardus bekas, serta Duta yang tidak mampu membiayai teater mereka dan mencari kesana kemari investor yang mau membiayai pertunjukannya.


film newly rich indonesia
pict from : Netflix



Mereka bertiga selalu diperlakukan tak adil di sekolah dan universitas. Dodi pernah dituduh mencuri sepatu milik anak lain. Tika juga pernah dituduh mencuri gawai milik teman sekelasnya. Begitu juga dengan Duta, pernah diperlakukan tidak menyenangkan oleh teman dan pegawai restoran hanya karena ia memakai kaos jeans belel. 


Selama ini Ibu, Duta, Tika, dan Dodi berpikir bahwa mereka memang ditakdirkan untuk hidup serba kekurangan. Bahkan Dodi pun terancam untuk putus sekolah karena tidak mampu membayar biaya sekolahnya yang mahal. Namun, sosok Bapak tidak menyerah dan bertekad untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka. Hingga sang kepala keluarga pun wafat mendadak setelah mereka makan malam sebagai kegiatan rutin mereka sekeluarga.


Siapa sangka ternyata Bapak meninggalkan harta puluhan milliar untuk mereka. Seketika itulah Ibu, Tika, Duta dan Dodi segera memperbaiki hidup mereka. Membeli rumah mewah, barang branded, sepatu yang tak bisa dibeli oleh teman Dodi yang sombong, sampai menyewa gedung teater dengan biaya yang tidak murah.


Namun, ternyata harta membuat mereka sedikit berubah. Yang awalnya care dengan sahabat, berjalan bersama meraih impian dengan tenaga masing-masing, kini seolah mereka berjalan sendiri-sendiri. Ibu disibukkan dengan siaran TV yang meliput kegiatan amalnya. Duta disibukkan dengan urusan teater yang sebentar lagi tampil dengan biaya miliaran. Lalu Tika, sibuk dengan channel Youtubenya bersama 'sahabat' barunya.


Dalam film ini, Tika mulai melupakan esensi sahabat, kasih sayang dan keluarga. Tika yang bertemu dengan Banyu saat sedang susah-susahnya, kini juga mulai berubah. Dulu Tika tak segan makan ketoprak di pinggir jalan dengan Banyu. Namun kini, Tika lebih memilih berpesta dengan teman-teman barunya yang 'kaya raya'. Ia mulai melupakan sahabat lamanya, dan juga kesederhanaannya bersama Banyu.


Saat berada di puncak-puncaknya, ternyata rumah mewah mereka harus disita karena hutang yang ditagih oleh seseorang yang datang tiba-tiba dan mengaku sebagai saudara ayahnya. Akankah kehidupan mewah mereka berhenti di sini saja? Bagaimana ibu, Duta, Tika dan Dodi menghadapi kenyataan bahwa mereka harus kembali miskin lagi? Bagaimana ending film orang kaya baru ini?


Tonton saja selengkapnya film Newly Rich di Netflix ya. Saya yakin Newly Rich menjadi salah satu film yang bisa teman-teman nikmati di tengah-tengah pandemi seperti ini :)


Rasa Syukur Setelah Nonton Newly Rich

Jika teman-teman sudah meluangkan waktu untuk membaca sinopsis Newly Rich sampai sini, apa yang temancurhat rasakan sekarang? Rasa iri?

Andai aku bisa dapat warisan miliaran juga? Hehe..


Pesan dari film Orang Kaya Baru yang bisa saya tangkap adalah ia mengajarkan beberapa hal pada saya :


  • Sebagaimana apa kata Bapak : "Keluarga dan sahabat adalah hal yang paling berharga bagi kita." Benar saja, mau sekaya apapun kita, jika tidak punya keluarga dan sahabat yang mengasihi, untuk apa semua harta itu bukan? Dalam film ini, saya menyadari bahwa keluarga dan sahabat adalah nikmat anugrah dari Allah yang paling berharga dalam hidup kita setelah nikmat sehat dan iman.
  • Uang yang banyak seringkali membuat kita lalai. Lalai dengan keluarga, sahabat, bahkan hal-hal kecil seperti berempati pada teman. Namun jangan alergi untuk menjadi kaya ya. Ini menurut saya. Karena kekayaan pun jika dimanfaatkan dengan benar, maka ia akan membawa banyak manfaat bagi orang lain. Oleh karena itu selagi kita punya, manfaatkan sebaik-baiknya.
  • Pemberian termahal orangtua untuk anaknya adalah pendidikan terbaik. Karena pendidikan adalah gerbang menuju kesuksesan. Meskipun sukses tentu tidak bisa ditakar hanya dengan uang saja. Selain itu, pendidikan adalah amal jariyah orangtua pada anaknya.
  • Sayangi dan perlakukan orang terdekat kita sebelum ia tiada.


Saya bersyukur masih bisa melihat akting Derby Romero setelah sekian lama tak melihatnya di layar lebar. Perannya sebagai Duta juga mengundang tawa. Ditambah peran Fatih Unru sebagai Dodi sebagai bungsu yang sangat disayangi orangtua dan kakak-kakaknya.


Semoga sinopsis Newly Rich yang tayang di Netflix ini bisa menjadi referensi temancurhat yaa. Cocok banget deh ditonton saat PPKM. Sehat-sehat semuanya, terus semangat yuk! Siapa tahu ada jalan jadi orang kaya baru, wkwk.



Bagaimana menurut temancurhat soal amanat film Orang Kaya Baru ini? Yang udah nonton boleh banget lho bagikan pengalamannya di kolom komentar :) Terimakasih ya!

1 Comments

  1. Sukaaa film ini, aku udh nonton. Awalnya ya Krn Raline Shah nya :D. Ternyata dia cocok juga kalo akting jadi orang biasa, secara selama ini melihat Raline glamour selalu :D.

    Bagus sih, setidaknya ada pelajaran yg bisa diambil dr filmnya. Akting para pemain jg bagus

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post