Orang berbuat baik itu ibarat sedang menggali sumur. Suatu saat dia akan mendapat balasannya.
sinergi

Lelaki yang Mencari Kebahagiaan

Alkisah ada seorang yang mencari-cari kebahagiaan dalam hidupnya. Ia sudah menikah dengan wanita yang dicintai, memiliki anak darinya, dan memiliki pekerjaan yang diidamkannya. Namun rasanya tetap saja seperti ada lubang dalam hatinya.

Kadang ia merasa tak tenang ketika tidur. Kadang ia juga gelisah tak tentu arah,

ah, barangkali karena mimpiku punya mobil mewah belum terwujud,

Begitu katanya. Ia pun bekerja keras siang malam agar impiannya memiliki mobil mewah terwujud dengan segera.

Setelah ia memiliki mobil impian, tentu saja ia merasa bahagia. Namun ternyata kebahagiaan yang dirasakannya sementara saja. Ia tetap tak puas dan ingin merasakan kebahagiaan yang lebih besar.

ah, iya barangkali aku harus jadi kolektor mobil mewah,

Begitu pikirnya, ia dapat bahagia dengan mobil mewah yang beraneka rupa dan warna.

Apakah ia merasa bahagia setelah jadi kolektor mobil mewah?

Ternyata kebahagiaan yang dirasakannya juga bersifat sementara. Ia merasa bingung, kebahagiaan apalagi yang bisa bertahan lama di dalam hatinya? Bahkan ketika ia mengubah seluruh perabot rumahnya dengan emas, kebahagiaan itu tetap hanya sebentar saja singgah dalam hidupnya.

Ia pun menemui sahabatnya dan menceritakan keluh kesahnya. Seorang sahabat menjawab,

"Kau mau memberikan beberapa kursi roda untuk anak-anak di panti asuhan disabilitas? Mereka membutuhkannya. Barangkali itu bisa membuatmu bahagia,"

Begitu kata sahabatnya. Tanpa pikir panjang ia pun meuruti nasihat sahabatnya itu. Membawa kursi roda dan beberapa mainan untuk anak-anak kurang beruntung di panti asuhan yang membutuhkannya.

Ketika ia membawa kursi roda dan mainan untuk anak-anak itu, hatinya terasa berbunga-bunga, lapang, dan membuatnya tenang. Melihat raut wajah anak-anak menerima hadiah-hadiah itu dengan berseri-seri. Kebahagiaan terpancar dari wajah anak-anak itu.

Ia pun memutuskan untuk pergi karena ingin menutupi gerimis di wajahnya. Ketika akan pergi ada seorang anak duduk di atas kursi roda yang memegangi kakinya.

Sang lelaki terperangah.

ada apa Nak? Apakah kau membutuhkan sesuatu lagi selain ini semua?

Sang anak menggelengkan kepalanya, ia kemudian mencium tangan lelaki itu seraya memandangnya lekat-lekat. Seolah tak ingin ditinggal pergi oleh lelaki dermawan dan baik hati.

Tidak Pak. Aku hanya ingin memandang wajahmu, mengingatnya sampai mati. Jadi ketika aku bertemu dengan Tuhanku nanti, aku bisa mengenal wajah lelaki yang membuat kami bahagia tak terkira.

Air mata pun menetes di pipi lelaki itu. Baru kali ini ia merasa lubang di dalam hatinya tertutup penuh. Digantikan dengan rasa bahagia yang tak terperi.

"Ah, ternyata inilah kebahagiaan yang saya cari.

Kebahagiaan yang tiada habisnya itu ternyata muncul ketika ia mampu membuat orang lain bahagia. Kebahagiaan tanpa batas dan yang dicarinya selama ini."

Sinergi Membuka Pintu Kebahagiaan Bagi Para Dermawan

Setelah membaca kisah di atas, sepakat ya kalau kebahagiaan hakiki adalah ketika kita mampu membahagiakan orang lain. Melihat mereka yang papa tersenyum karena uluran tangan kita.

Jadi ngga ada salahnya kalau kita menyisihkan sepersekian harta kita untuk mencari kebahagiaan hakiki itu. Siapa sih yang ngga mau memiliki hati yang lapang dan hangat? Inilah kesempatan kita menjemput kebahagiaan sejati itu.

Meskipun pandemi, alhamdulillah keinginan membahagiakan mereka yang membutuhkan tetap dapat terwujud melalui Sinergi Foundation. Terlebih di bulan Ramadan, dimana setiap kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah.

Sebuah Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) yang berlokasi di Jl. Holis No.448-A, Caringin, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung terus berdedikasi di ranah kesehatan ibu dan anak kalangan lemah (dhuafa).

Sejak berdirinya RBC pada tahun 2004, ratusan ribu pelayanan kesehatan telah diberikan pada Ibu dan Anak dhuafa secara gratis. Dimulai dari persalinan, pemberian gizi dan vitamin, senam ibu hamil, ANC serta pelayanan pasca persalinan.

peletakan batu pertama rumah bersalin gratis
Peletakan baru pertama RS Wakaf Ibu dan Anak Gratis untuk Dhuafa

Saat ini, RBC mulai mengembangkan sayapnya dengan mendirikan Klinik Wakaf Ibu dan Anak di daerah Soreang, Kab. Bandung Barat. Klinik ini merupakan Klinik Utama yang insya allah direncanakan memiliki pelayanan yang lebih maksimal dibandingkan RBC yang sebelumnya masih merupakan Klinik Pratama.

Klinik tersebut berdiri di atas tanah seluas 2.500 M2, dan direncanakan dengan luas bangunan 2000 M2. Di atas kertas, setidaknya diperlukan dana mencapai Rp 40 Milyar. Jumlah tersebut mencakup pembebasan lahan, pematangan, pendirian bangunan, pengadaan alat kesehatan, hingga operasional, yang ditargetkan rampung pada tahun 2021 ini. 

Inilah kesempatan yang diberikan oleh Sinergi Foundation untuk berwakaf dengan harta terbaik dan mendukung terwujudnya Klinik Wakaf Ibu dan Anak. Donasi para dermawan akan disalurkan untuk pembangunan klinik, mulai dari pembelian bata, semen, dan material lainnya yang dibutuhkan dalam pembangunan klinik yang diperuntukkan secara GRATIS bagi Ibu dan Anak Dhuafa.

Selain itu, teman-teman juga bisa bayar zakat secara online melalui Sinergi Foundation. Tentu zakat online yang teman-teman amanahkan pada Sinergi Foundation akan disalurkan pada orang-orang yang tepat dan benar-benar membutuhkan.

Cara Menjemput Kebahagiaan Melalui Sinergi Foundation

Tidak hanya zakat fitrah saja, ada juga layanan zakat online untuk zakat maal, profesi, hingga wakaf. Berikut cara mudah berzakat melalui Sinergi Foundation :

  • Buka laman Sinergi Foundation di www.sinergifoundation.org. Melalui laman ini, kita bisa melihat berbagai program Sinergi Foundation. Tidak hanya zakat, tapi juga program wakaf dan sedekah untuk kemanusiaan. Percayalah, ketika kita mampir kesini, insya Allah akan kita dapati hati yang lebih bersyukur karena melihat betapa banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung kita dalam hal duniawi.
  • Jika ingin melihat seberapa besar zakat yang harus kita keluarkan, pilih menu “Kalkulator Zakat”. Yap, Sinergi dilengkapi dengan fitur zakat yang bisa mempermudah kita dalam hal penghitungan zakat lho. Ngga perlu pusing menghitung zakat yang harus dikeluarkan ketika mencapai nasab.
  • Kalau sudah tahu berapa zakat yang harus dikeluarkan, baik itu zakat maal, zakat fitrah maupun zakat profesi, langsung pilih menu “Program”.
  • Pilih Zakat jika ingin berzakat. Pilih Sedekah jika ingin menyalurkan sedekah dengan jangkauan yang lebih luas. Serta pilih wakaf jika ingin menyalurkan harta dalam bentuk wakaf.
  • Atau langsung saja pilih menu “Donasi Zakat” dan teman-teman akan menemui banyak pilihan zakat yang ingin disalurkan. Seperti zakat profesi, zakat peternakan, zakat maal, zakat perniagaan, zakat profesi, hingga zakat perusahaan.
sinergi foundation

  • Klik sesuai kebutuhan. Jika akan mendonasikan harta dengan zakat profesi, maka klik zakat profesi. Lalu akan muncul tampilan seperti ini :
zakat di sinergi foundation

  • Masukkan nominal uang yang akan ditunaikan, lalu klik tunaikan. Sistem akan melanjutkan pada langkah berikutnya, yaitu melanjutkan pembayaran. Kita bisa memilih berbagai metode pembayaran. Pilihannya ada banyak, jadi teman-teman tidak perlu khawatir dengan biaya administrasi.
  • Jangan lupa memasukkan nama donatur untuk konfirmasi pembayaran. Lalu ikuti petunjuk di layar. Sistem akan memberikan nomor unik di dua digit angka terakhir. Lalu kita akan diberi alamat rekening penerima.
  • Setelah berhasil mentransfer dana zakat, kita hanya perlu melakukan konfirmasi saja. Bisa melalui website maupun whatsapp yang sudah tertera di layar.
konfirmasi zakat online

Bagaimana? Mudah kan? Kini membayar zakat hanya butuh tidak lebih dari 10 menit saja, dan bisa dilakukan dari rumah.

Yuk jemput kebahagiaan hakiki kita dengan berbagi.

“Jika anak keturunan Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang senantiasa mendoakannya.” (HR. Muslim no. 1631)

Source : sinergifoundation.org

17 Comments

  1. Iya nih, aku jg kemarin bayar zakat fitrah melalui Sinergi Foundation. Malah nggak ada 10 menit deh, cuma 2 menitan doang, hhh
    Mudah dan praktis, tentunya dg bayar zakat secara online bisa meminimalisir risiko kerumunan

    ReplyDelete
  2. Semoga apa yang dicita-citakan oleh Sinergi Foundation dapat menjadi kenyataan karena masih banyak kesenjangan ekonomi yang perlu diperbaiki.

    ReplyDelete
  3. Cerita pembukanya bikin saya nangis bombay pagi-pagi hiks...
    Alhamdulillah akhirnya si bapak sadar ya, bahwa untuk bahagia gak perlu repot-repot.
    Dengan berbagi sudah menutupi lubang kosong di hatinya.
    Semoga beliau juga berbagi melalui sinergi

    ReplyDelete
  4. Mudah, cepat, dan praktis ini ya Mbak Jihan kalau mau berzakat melalui Sinergi Foundation. Terus baiknya lagi bisa juga untuk zakat maal, serta untuk zakat donasi ya. Bisa nih dari satu apps untuk senantiasa mengingatkan diri pada kebaikan dan berbagi rejeki yang sudah dititipkan pada diri ini.

    ReplyDelete
  5. MasyaaAllah, hebat idenya bikin RBC ini. Semoga dimudahkan dlm operasonal rumah sakit nya.

    ReplyDelete
  6. Skrang udah gak ada alasan lg keluar rumah buat bayar zakat yah,, karena udah bisa lewat online,,

    ReplyDelete
  7. Saat kita membuat orang lain bahagia, ternyata kita lah yang merasa bahagia ya kak..
    Senang sekali dengan adanya sinergi foundation, memudahkan kita semua untuk berbuat baik, saling memberi dan berbagi termasuk membayar zakat. Semua serba mudah, tak sampai 10 menit kewajiban kita sudah ditunaikan.

    ReplyDelete
  8. Betul mudah sekali ya mba untuk berzakat. Kita bisa memercayakan zakat kepada Sinergi agar memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  9. Tidak ada lagi alasan untuk tidak berbagi kalau begini, membayar zakat hanya butuh tidak lebih dari 10 menit saja, dan bisa dilakukan dari rumah, sungguh mudah!.Benar-benar kebahagiaan hakiki akan didapat dengan berbagi.

    ReplyDelete
  10. Semoga Sinergi Foundation senantiasa dapat amanah menyalurkan donasi dari donatur untuk yang membutuhkan ya kak..

    ReplyDelete
  11. Nice story Mbak Ji,, suka deh sama ceritanya,, ternyata membelikan beberapa kursi roda ke anak² panti asuhan yg membutuhkan mendatangkan kebahagiaan ya. Sinergi Foundation, noted.

    ReplyDelete
  12. salut banget sm cerita diatas. di masa pandemi gini aplikasi yg begini yg kita butuhkan, dan smoga tepat sasaran ke org yg emang membutuhkan ya 🙏🏻

    ReplyDelete
  13. Cara Menjemput Kebahagiaan Melalui Sinergi Foundation itu kalimat yang menarik. di era serba canggih saat ini banyak lembaga yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman seperti dengan adanya pembayaran zakat melalui online. Hal ini sangat membantu ditengah pandemi yang menuntut kita untuk mengurangi interaksi dengan orang baru

    ReplyDelete
  14. Ada banyak cara untuk menjemput kebahagiaan ya. Setiap orang punya cara tersendiri sih. Dengan berbagi kepada sesama tentu akan menambah kebahagiaan juga deh. Btw,sekarang mau zakat pun semakin mudah ya,bisa dilakukan secara online saja nih.

    ReplyDelete
  15. saya baru mengenal sinergi foundation ini, pastinya sangat bagus banget untuk orang-orang yang sangat sibuk dengan aktivitasnya yang berniat untuk berzakat tapi tidak ada waktu untuk keluar-kelaur rumah

    ReplyDelete
  16. Sinergi foundation keren programnya semoga makin banyak dermawan yg tergerak hatinya untuk berkontribusi

    ReplyDelete
  17. Berbagi itu membuat hati berbahagia. Jika ingin merasa bahagia mungkin bisa mencoba berbagi hal2 yang kecil dulu ya seperti berzakat semampunya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post