Sebagai orang tua baru ada banyak hal yang mesti dipahami agar bayi tumbuh sehat dan ceria. Selain masalah nutrisi melalui ASI atau makanan pendamping saat usianya mencukupi, jangan lupa bahwa kesehatan kulit buah hati juga perlu menjadi perhatian karena sebelum berusia 2 tahun kulit si Kecil begitu rentan terkena berbagai jenis iritasi termasuk ruam popok. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan kulitnya adalah dengan mengaplikasikan salep atau krim kulit yang mengandung dekspanthenol atau sering juga disebut sebagai vitamin B5.

fungsi vitamin b5

Menariknya, ternyata vitamin ini bukan hanya baik untuk kulit bayi namun juga ibu menyusui yang sering mengalami lecet puting. Jadi, apa itu vitamin B5 dan apa saja manfaatnya buat kulit bayi dan juga ibu? Yuk, temukan rangkuman informasinya di bawah ini.

Mengenal Vitamin B5

Vitamin B5 adalah salah satu anggota vitamin B kompleks yang larut air namun tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin yang juga dikenal sebagai asam pantothenic ini memiliki kelebihan secara spesifik untuk memelihara kesehatan kulit dari dalam maupun luar. Vitamin B5 membantu metabolisme karbohidrat, protein dan juga lemak yang dibutuhkan untuk proses regenerasi sel kulit.

Komponen ini juga membantu produksi sel darah merah dan hormone steroid yang ikut membawa nutrisi ke dalam sel kulit sehingga kulit jadi lebih sehat dan segar. Jika diberikan langsung pada kulit, vitamin B5 dapat melembabkan (moisturize) dan juga meredakan peradangan karena memiliki efek antiinflamasi sehingga sering digunakan dalam salep iritasi kulit.

Fungsi Vitamin B5

1. Meredakan kemerahan karena iritasi kulit

Iritasi kulit seperti ruam popok merupakan kondisi yang sangat sering dijumpai pada bayi.

Penyebabnya beragam, mulai dari kontak terlalu lama dengan popok yang kotor hingga memiliki alergi tertentu dengan makanan atau bahan kimia tertentu. Ketika iritasi atau ruam terjadi, memberikan salep dengan vitamin B5 dapat menjadi penolong karena komponen tersebut memiliki sifat anti inflamasi sehingga peradangan, kemerahan dan iritasi kulit dapat diringankan.

2. Pelembab kulit alami

Bukan rahasia lagi jika kulit bayi sangat mudah kehilangan kelembabannya karena berbagai sebab, salah satunya adalah gesekan dengan permukaan popok. Saat kelembabannya menurun, iritasi lebih rentan terjadi. 

Vitamin B5 atau dekspanthenol memiliki efek humektan yaitu secara spesifik dapat menarik air ke dalam sel kulit dan menguncinya sehingga kelembabannya terjaga. Itulah sebabnya, dengan penggunaan krim atau salep yang mengandung vitamin B5 kulit terasa lembut dan lembab karena terhidrasi dengan baik.

3. Memperkuat skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang kuat dan ulet, yang berfungsi untuk melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari gesekan ataupun iritasi. Saat lapisan kulit terluar ini dalam kondisi kuat maka iritasi akibat gesekan dengan permukaan material lain seperti popok dapat dihindari. 

Vitamin B5 membantu memperkuat skin barrier ini sehingga setelah ruam popok atau puting lecet pada ibu menyusui sembuh, kulit akan lebih kuat dan tahan terhadap paparan lingkungan sekitarnya.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Baik ruam popok maupun lecet puting, apalagi setelah melahirkan, sama-sama menyakitkan karena menyebabkan rasa perih yang mengganggu kenyamanan. Vitamin B5 memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen alami pada kulit sehingga proses regenerasi berjalan lebih cepat. 

Regenerasi yang baik ini membuat luka lecet cepat menutup dan sembuh. Jika digabungkan dengan fungsinya sebagai penguat skin barrier, maka kulit bayi maupun puting nantinya akan lebih kuat dan tidak mudah iritasi kembali.

Agar dapat merasakan fungsi vitamin B5 dalam salep iritasi kulit, aplikasikan salep tersebut tipis-tipis pada permukaan kulit yang diinginkan secara rutin. Jangan lupa untuk membersihkan area tersebut terlebih dahulu agar kandungannya dapat meresap sempurna.

Referensi :

Carissa Stephen, Diaper Rash Treatment Tips, Healthline, 29 November 2021. Diakses pada tanggal 21 April 2022 dari https://www.healthline.com/health/home-remedies-diaper-rash#keep-it-clean-and-dry

Rose Wilson, Vitamin B5, Medicalnewstoday, 24 April 2017. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219601

Dendy Engelman, Panthenol for Skin, Byrdie, 17 Oktober 2021. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.byrdie.com/panthenol-for-skin-the-complete-guide-4770218,

Post a Comment

Previous Post Next Post