Apa, sih, manfaat sekolah internasional? Pertanyaan ini, mungkin banyak berseliweran di komunitas  ibu-ibu. Wajar. Pertanyaan ini timbul sebab keingintahuan orang tentang manfaat sebuah sekolah,  khususnya sekolah internasional.

Kalau diperhatikan secara fisik, sekolah internasional memang memiliki perbedaan dengan sekolah-sekolah “konvensional”. Namun, apakah hanya secara fisik saja perbedaannya?

Nyatanya tidak, loh! Ada aspek-aspek yang memang menjadikan sekolah internasional ini berbeda.

Apa saja perbedaan dan manfaat sekolah internasional ini? Yuk simak ulasannya berikut ini!

manfaat sekolah internasional

Manfaat Sekolah Internasional

  • Belajar Multi Bahasa
Untuk yang satu ini, adalah salah satu manfaat yang terlihat menonjol, ya. Tidak bisa dipungkiri. Hal  ini dikarenakan banyaknya pilihan bahasa yang bisa diambil oleh siswa, sebagai mata pelajaran  tambahannya. 

Selain itu, anak-anak juga bisa belajar bahasa asal negara temannya. Beberapa bahasa yang biasanya  ada di sekolah antara lain : Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman dan lainnya.

  • Suasana Belajar Interaktif
Manfaat sekolah internasional selanjutnya adalah lingkungan belajar yang interaktif. Jika diperhatikan, jumlah sisa dalam satu kelas tidak lebih dari 20 orang biasanya. 

Ini juga karena pihak sekolah berusaha membangun suasana belajar yang interaktif, antara guru dengan murid. Jadi, anak-anak tidak hanya  menelan mentah-mentah materi pelajarannya, ya. Sangat terbuka untuk diskusi. Dan, bukankah kelas  seperti ini jauh lebih kondusif?

  • Mengenal Banyak Budaya
Tidak hanya di Indonesia saja, sekolah internasional biasanya memang memiliki murid dari berbagai wilayah dan negara. Dengan keadaan ini, anak-anak juga mengenal ragam budaya dari temannya. Jangan salah, di sekolah juga sering diadakan pameran budaya, loh!

Parents pun bisa bergabung dan mengenal budaya lainnya. Bahkan, anak-anak juga bisa lebih mudah bergaul dan  beradaptasi dengan budaya baru, jika nantinya harus kuliah di luar negeri.

  • Fasilitas Penunjang Kegiatan Belajar

Manfaat sekolah internasional yang menonjol adalah fasilitas sekolah. Sekolah internasional terbilang memiliki fasilitas penunjang kegiatan lebih lengkap daripada sekolah biasa. Hal ini juga karena sekolah sangat mendukung anak dalam mengekspresikan dirinya melalui kegiatan-kegiatan.

  • Peluang Kuliah di Luar Negeri Tinggi
Kenapa memiliki peluang tinggi? Karena biasanya sekolah internasional sudah memiliki program  khusus untuk murid-murid yang ingin berkuliah di luar negeri. 

Tidak hanya itu, beberapa sekolah bahkan sudah memiliki kerjasama dengan perguruan-perguruan  tinggi ternama, loh! Selain itu, kurikulum yang dimilikinya juga sudah diakui secara global, sehingga
memudahkan anak untuk beradaptasi.

Bagaimana Kurikulum Sekolah Internasional?

Menyambung soal bahasan sebelumnya, tentang kurikulum sekolah internasional. Nah, untuk yang belum tahu, nih. Sebenarnya, ada beberapa kurikulum yang bisa diterapkan di sekolah-sekolah internasional. 

Jadi, tidak semua sekolah memiliki kurikulum yang sama ya.

Salah satu Kurikulum Sekolah Internasional yang terkenal dengan keberhasilannya yakni kurikulum Level A dan IGCSE.

Seperti yang telah kita ketahui, IGCSE adalah kualifikasi internasional yang paling populer di dunia untuk anak usia 14 sampai 16 tahun. IGCSE adalah gerbang pendidikan tinggi atau studi profesional di negara asal atau di luar negeri. 

IGCSE ini dapat membantu kita dalam beberapa hal ketika menyekolahkan anak di sekolah internasional. Yakni :

  • Kita bisa mendapatkan tempat di perguruan tinggi atau universitas di negara asal kita atau di luar negeri.
  • Mendapatkan peluang karir yang lebih baik
  • Lulus tes bahasa untuk berimigrasi atau belajar di negara lain
  • Mengembangkan keterampilan yang membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih baik dan sukses.
Setidaknya itulah gambaran besar kurikulum yang akan diterima nantinya.

Ada yang sadar nggak, sih, apa keuntungannya ketika kita tahu jenis kurikulum sekolah internasional ini? Yap, manfaat sekolah internasional selanjutnya ada penyesuaian kurikulum sesuai dengan  kebutuhan anak dan orang tua.

Dengan berbagai kurikulum, tentu semakin besar kesempatan anak untuk berkembang. Hal ini karena setiap kurikulum memiliki keunggulan dan kekhasannya sendiri. Akan sangat banyak manfaat sekolah internasional jika kita mendalaminya dengan seksama. 

Karena ternyata, selain bentuk fisik sekolah, mereka juga menawarkan kurikulum yang berbeda. Tentu saja ini sangat memfasilitasi orang tua dan siswa. Benar, bisa jadi satu kurikulum cocok untuk anak tertentu, tapi tidak cocok untuk anak yang lain. Ini adalah hal yang sangat wajar, mengingat setiap anak memiliki potensi hingga kepribadian yang berbeda.

Ingin tahu manfaat sekolah internasional yang lainnya? Tidak ada salahnya untuk coba mampir ke laman sekolah internasional rekomendasi saya di menloparkschool.com yuk!

Post a Comment

Previous Post Next Post