Kalau berbicara soal kalsium terbaik, pasti banyak orang yang setuju bahwa susu kambing dan susu sapi adalah sumber kalsium terbaik dari golongan susu. Disusul kemudian ikan sarden, ikan salmon, hingga sayuran seperti brokoli dan bayam.

Benarkah demikian? Yuk intip benarkah curhatan saya tentang sumber kalsium terbaik memang benar adanya?

sumber kalsium terbaik

Gejala Kekurangan Kalsium di Usia 30 Tahun?

Sumber kalsium terbaik dimanfaatkan agar kesehatan tulang dan gigi kita terjaga. Melalui asupan kalsium yang cukup, maka risiko kita untuk terkena osteoporosis akan lebih rendah. Siapa nih di usia tiga puluhan sudah merasa tulangnya begitu lemah hanya karena naik turun tangga dari lantai satu ke lantai lima?

Karena blog ini adalah ajang curhat, maka saya ingin menceritakan pengalaman saya ketika saya pernah merasakan sakit di bagian persendian di kaki dan juga beberapa otot di sekitar paha setelah naik turun tangga saat itu.

  • Otot sakit, kram, dan kejang. Ternyata gejala ini adalah tanda pertama kekurangan kalsium. Orang yang kekurangan kalsium biasanya merasakan rasa sakit pada paha dan lengan, terutama ketiak, saat sedang berjalan. Kekurangan kalsium juga bisa menimbulkan kesemutan dan rasa mati pada lengan, tangan, kaki, dan di sekitar mulut.

  • Rasa lelah yang luar biasa. Ternyata kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah susah tidur, sehingga bisa jadi kita kurang beristirahat. Dampaknya, kita jadi letih, lesu, mudah marah, kurang energi, dan merasa sangat lelah. Rasa lelah yang berlebihan akibat kekurangan kalsium dapat menyebabkan sakit kepala ringan, tidak fokus, mudah lupa, dan sering kebingungan.

  • Nyeri PMS, kesehatan kuku dan kulit terganggu adalah gejala lainnya karena kekurangan kalsium. Namun untuk kedua hal ini saya tidak mengalaminya.
Namun tetap saja saya khawatir dengan kurangnya asupan kalsium yang masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa sumber kalsium terbaik yang bisa teman curhat konsumsi sebelum mengalami gejala kekurangan kalsium seperti yang telah disebutkan di atas.

Sumber Kalsium Terbaik untuk Tubuh

1. Susu

Tidak diragukan lagi, susu adalah asupan kalsium terbaik untuk tubuh. Mulai dari susu kambing maupun susu sapi. Susu terbukti dapat memberikan kebutuhan tubuh akan kalsium.

Pantas saja saya merasa kekurangan kalsium karena tidak pernah suka minum susu. Entah itu susu murni maupun susu UHT yang sudah dipasteurisasi. Untungnya anak saya sangat suka susu. Dari sekian banyak review susu, hampir semuanya pernah dicoba olehnya.

2. Sayuran

Bayam, lobak, sawi hijau, okra, brokoli, dan bok choy merupakan sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium. Namun, beberapa makanan berkalsium tinggi tersebut mengandung oksalat. Oksalat dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Jadi kerjanya berlawanan dengan kandungan yang dimilikinya.

Oleh karena itu, agar asupan kalsium tetap terpenuhi, Anda juga perlu mengonsumsi makanan berkalsium tinggi lainnya, selain sayuran.

3. Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan sarden, tongkol, teri, dan salmon juga kaya akan kalsium. Selain itu, jenis ikan tersebut juga mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, otak, dan kulit.

Mengonsumsi makanan berkalsium tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, risiko kita untuk terkena osteoporosis akan lebih rendah.

Setelah mengetahui apa saja makanan yang kaya akan kalsium, yuk segera terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kebutuhan kalsium kita dapat terpenuhi.

Sumber kalsium terbaik tersebut mudah didapatkan kok. Harganya pun juga murah. Oleh karena itu selalu usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk kesehatan tubuh ya teman curhat.

Jangan sampai seperti saya terlambat mengetahui akan lebih berat lagi perbaikannya.

Semoga curhatan receh soal sumber kalsium terbaik ini bisa bermanfaat ya :)

Post a Comment

Previous Post Next Post